Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Peserta Didik MTS Hidayatul Insan Palangka Raya

Group Counseling with Sosiodrama Techniques to Improve the Ability of Social Interactions in Participants in MTs Hidayatul Insan Palangka Raya

Authors

  • Diplan Diplan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Yuni Budiyaningsih Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/suluh.v4i2.617

Keywords:

Konseling Kelompok, sosiodrama, interaksi sosial

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui kemampuan interaksi sosial yang rendah dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Sosiodrama pada peserta didik kelas VII MTs Hidayatul Insan Palangka Raya. Populasi dalam penelitian ini adalah 66 peserta didik. Jumlah sampel Penelitian terdiri dari 7 peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, metode penelitian adalah metode pre eksperimen One-group pre-test dan post-test design.. Teknik pengumpulan data menggunakan skala interaksi sosial. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (paired sample T test) yang tergolong dalam statistik parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan interaksi sosial peserta didik yang rendah dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan Konseling Kelompok dengan teknik sosiodrama. terbukti dari hasil analisis data kemampuan interaksi sosial menggunakan uji t, dapat diketahui bahwa t hitung adalah -10,180 dengan nilai probabilitas atau sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, karena nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa konseling kelompok dengan teknik Sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial peserta didik kelas VII di MTs Hidayatul Insan Palangka Raya. Tujuan penelitian ini mengetahui kemampuan interaksi sosial yang rendah dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Sosiodrama pada peserta didik kelas VII MTs Hidayatul Insan Palangka Raya. Populasi dalam penelitian ini adalah 66 peserta didik. Jumlah sampel Penelitian terdiri dari 7 peserta didik. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, metode penelitian adalah metode pre eksperimen One-group pre-test dan post-test design.. Teknik pengumpulan data menggunakan skala interaksi sosial. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t (paired sample T test) yang tergolong dalam statistik parametrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan interaksi sosial peserta didik yang rendah dapat ditingkatkan dengan menggunakan layanan Konseling Kelompok dengan teknik sosiodrama. terbukti dari hasil analisis data kemampuan interaksi sosial menggunakan uji t, dapat diketahui bahwa t hitung adalah -10,180 dengan nilai probabilitas atau sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, karena nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa konseling kelompok dengan teknik Sosiodrama dapat meningkatkan kemampuan interaksi sosial peserta didik kelas VII di MTs Hidayatul Insan Palangka Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Diplan Diplan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Yuni Budiyaningsih, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Amti, Prayitno.2004. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Aqib Zainal.2012. Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Bandung: Yrama Widya
Erford, Bradley T.2016.40 Teknik yang harus Diketahui setiap Konselor.Yogyakarta:PustakaPelajar.
Nurishan, Juntika dan Agustin, Mubiar .2011. Dinamika Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Refika Aditama.
Rahkmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rusmana, Nandang.2009. Bimbingan dan Konseling Kelompok di Sekolah (Metode, Teknik dan Aplikasi). Bandung: Rizqi Press.
Eddy, Wibowo Mungin.2005. Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.
Sarwono & Meinarno. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba humanika.
Sukardi. K. Dewa. 2008. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan
Konseling di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
W. S. Winkel dan M.M. Sri Hastuti. 2004. Bimbingan Dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif,dan R&D. Bandung: Alfabeta
Syamsu Yusuf. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling Di Sekolah. Jakarta: PT Grafindo Persada.
Walgito, B. 2010. Psikologi Sosial Suatu Pengantar. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Downloads

Published

2019-02-27

How to Cite

Diplan, D., & Budiyaningsih, Y. (2019). Konseling Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Pada Peserta Didik MTS Hidayatul Insan Palangka Raya: Group Counseling with Sosiodrama Techniques to Improve the Ability of Social Interactions in Participants in MTs Hidayatul Insan Palangka Raya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2), 1–3. https://doi.org/10.33084/suluh.v4i2.617