Penerapan Model Project Based Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teks Negosiasi Peserta Didik Kelas X Smkn 4 Palangka Raya

The Application Of Project Based Learning Model As An Effort To Improve Learning Outcomes Of Grade X Students Of Smkn 4 Palangka Raya

Authors

  • Alifiah Nurachmana Universitias Palangka Raya
  • Paul Diman Universitas Palangka Raya
  • Erdha Tri Apriana Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2521

Keywords:

Penerapan, Project Basic Learning, Teks Negosiasi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan model project based learning pada pokok bahasan teks negosiasi, (2) pengaruh penerapan model project based learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar teks negosiasi peserta didik, (3) besar pengaruh penerapan model project based learning sebagai upaya meningkatkan hasil belajar menulis teks negosiasi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen dengan metode one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMKN 4 Palangka Raya. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X Multimedia 2 SMKN 4 Palangka Raya yang didapatkan dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik serta dengan tes tentang menulis teks negosiasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan model project based learning pada pokok bahasan teks negosiasi telah dilakukan sesuai dengan tahap-tahap yang dimulai dari menyusun perencanaan proyek teks negosiasi, menyusun jadwal, monitoring proyek, menyelesaikan proyek teks negosiasi, pengumpulan proyek dan presentasi, serta evaluasi pengalaman, (2) penerapan model project based learning tersebut memiliki pengaruh yang diketahui dengan cara membandingkan kondisi awal dan kondisi akhir peserta didik, dan (3) hasil uji-t menunjukkan bahwa nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan thitung sebesar 5,853 > ttabel sebesar 1,694, dapat diketahui pula mean pada prates 63,39 dan postes 76,36. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut, penerapan model project based learning  memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap peserta didik pada pembelajaran teks negosiasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alifiah Nurachmana, Universitias Palangka Raya

Paul Diman, Universitas Palangka Raya

Erdha Tri Apriana, Universitas Palangka Raya

References

Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Azwar, Saifuddin. 2019. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Djiwandono, M. Soenardi. 2011. Tes Bahasa: Pegangan bagi Pengajar Bahasa. Jakarta: PT Indeks.
Hardani, dkk. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group.
Kosasih, Engkos. 2014. Jenins-jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/ MA/ SMK. Bandung: Yrama Widya. 2014. Strategi Belajar dan Pembelajaran: Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.
Permadi Ade S, Arna Purtina dan Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16-21).
Priyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Putra Chandra Anugrah dan M Andi Setiawan. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Circuit Learning Berbantuan Media Power Point Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar. 3:1(1-6).
Putra Chandra Anugrah, M Andi Setiawan, M. Jailani dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Santoso. 2014. Statistik Parametrik. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Siyoto, Sandu dan M. Ali Sodik. 2015. Dasar Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Wagirun, dan Bambang Irawan. “Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Menulis Teks Eksplanasi di Kelas XI SMA” dalam Indonesian Language Education and Literature Volume 5 Nomor 1, 2019. e-ISSN: 2502-2261.
Yustinah. 2016. Produktif Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Downloads

Published

2021-06-03

How to Cite

Nurachmana, A., Diman, P., & Tri Apriana, E. (2021). Penerapan Model Project Based Learning Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Teks Negosiasi Peserta Didik Kelas X Smkn 4 Palangka Raya: The Application Of Project Based Learning Model As An Effort To Improve Learning Outcomes Of Grade X Students Of Smkn 4 Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 28–35. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2521