Analisis Nilai Moral Tokoh Utama Dalam Novel Kekasih Impian Karya Wardah Maulina

Analysis Of The Main Character's Moral Value In The Novel Of The Dream Lover By Wardah Maulina

Authors

  • Ade Putri Wulandari Universitas Palangka Raya
  • Albertus Purwaka Universitas Palangka Raya
  • Yuliati Eka Asi Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2522

Keywords:

Moral, Novel Kekasih Impian, Tokoh Utama

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan (1) wujud nilai moral hubungan manusia dengan diri sendiri pada tokoh utama, (2) wujud nilai moral hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial pada tokoh utama, (3) wujud nilai moral hubungan manusia dengan lingkungan alam pada tokoh utama, (4) wujud nilai moral hubungan manusia dengan Tuhan pada tokoh utama.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada permasalahan yang berkaitan dengan analisis nilai moral. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa teknik baca dan catat. Data dianalisis dengan teknik analisis isi yaitu dengan menguraikan dan menganalisis serta memberikan pemahaman atas teks-teks yang dideskripsikan dalam novel Kekasih Impian karya Wardah Maulina. Hasil penelitian dan pembahasan dalam novel Kekasih Impian karya Wardah Maulina mengandung nilai moral yaitu (1)  hubungan manusia dengan diri sendiri yang meliputi rasa cemas, berani, keterombang-ambingan, rasa takut, rasa senang, rasa rindu, rasa bahagia, bekerja keras, kewajiban terhadap diri sendiri, rasa bersalah, rasa cemburu, dan pantang menyerah, (2) hubungan manusia dengan manusia lain dalam lingkup sosial meliputi menghormati, kagum, cinta kasih sejati, bangga, percaya, dan saling mengenal, (3) hubungan manusia dengan lingkungan alam yang meliputi menjaga dan melestarikan alam, (4) hubungan manusia dengan Tuhan meliputi bertakwa kepada Tuhan, berdoa atau memohon kepada Tuhan, mengakui kebesaran Tuhan, pasrah kepada Tuhan, berprasangka baik kepada Tuhan, perasaan berdosa kepada Tuhan, dan bersyukur kepada Tuhan.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ade Putri Wulandari, Universitas Palangka Raya

Albertus Purwaka, Universitas Palangka Raya

Yuliati Eka Asi, Universitas Palangka Raya

References

Alimin, Al Ashadi dan Saptiana Sulastri. 2018. Nilai Keberanian dalam Novel Negeri di Ujung Tanduk Karya Tere Liye. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 3 (1), 1-5.
Asriana, Widya dan Yudiana Ratnasari. 2012. Kecemburuan pada Laki-laki dan Perempuan dalam Menghadapi Perselingkuhan Pasangan Melalui Media Internet. Psikologi Pitutur. 1 (1), 81-94.
Aziz, Rahmat, dkk. 2017. Kontribusi Bersyukur dan Memaafkan dalam Mengembangkan Kesehatan Mental di Tempat Kerja. 2 (1), 33-43.
Batoebara, Maria Ulfa. 2018. Membangun Trust (Kepercayaan) Pasangan dengan Melalui Komunikasi Interpersonal. Warta. (57). 1-17.
Dewantara, Agustinus W. 2017. Filsafat Moral Pergumulan Etis Keseharian Hidup Manusia. Yogyakarta: Kanisius.
Digdoyo, Eko. 2018. Kajian Isu Toleransi Beragama, Budaya, dan Tanggung Jawab Sosial Media. Pancasila dan Kewarganegaraan. 3 (1), 42-59.
Endraswara, Suwardi. 2008. Metodologi Penelitian Sastra. Yogyakarta: MedPress.
Esten, Mursal. 1990. Kesusastraan Pengantar Teori & Sejarah. Bandung: Angkasa.
Maulina, WaMaulina, Wardah. 2019. Kekasih Impian. Jakarta: PT Falcon.
Nahdiah dan M Andi Setiawan. 2018. Efektivitas Layanan Informasi Teknik Modeling Berbantuan Media Film Untuk Meningkatkan Pemahaman Mengembangkan Kemampuan Entrepreneur Peserta Didik. Suluh : Jurnal Bimbingan Dan Konseling. 3:2(41-49).
Nurgiyantoro, Burhan. 2015. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada Unversity Press.
Putra Chandra Anugrah, M Andi Setiawan, M. Jailani dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Ratna, Nyoman Kutha. 2008. Teori, Metode,
dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rokhmansyah, Alfian. 2014. Studi dan Pengkajian Sastra: Perkenalan Awal terhadap Ilmu Sastra. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sumardjo, Jacob dan Saini K.M. 1994. Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Suroto. 1989. Teori dan Bimbingan SastraIndonesia. Jakarta: Erlangga.
Suseno, Franz Magnis. 1987. Etika Dasar Masalah-Masalah Pokok Filsafat Moral. Yogyakarta: Kanisius.
Waluyo, Herman J. 2017. Pengkajian dan Apresiasi Prosa Fiksi. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
Wellek, Rene dan Austin Warren. 1995. Teori Kesusastraan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Wicaksono, Andri. 2017. Pengkajian Prosa Fiksi. Yogyakarta: Garudhawaca.

Downloads

Published

2021-06-03

How to Cite

Putri Wulandari, A., Purwaka, A., & Eka Asi, Y. (2021). Analisis Nilai Moral Tokoh Utama Dalam Novel Kekasih Impian Karya Wardah Maulina: Analysis Of The Main Character’s Moral Value In The Novel Of The Dream Lover By Wardah Maulina. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 36–48. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2522