Penerapan Model Somatis Auditori Visual Intelektual (Savi) Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Application Of The Auditory Visual Intellectual Somatic Model (Savi) On The Solid Figure Materials On Student Mathematics Learning Outcomes

Authors

  • Amelia Dwi Astuti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2526

Keywords:

Model Pembelajaran SAVI, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana hasil belajar matematika dari penerapan model pembelajaran Somatis Auditori Visual Intelektual (SAVI) dan model pembelajaran langsung pada materi bangun ruang kubus dan balok siswa di kelas VIII SMP.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII semester genap SMPN 1 Astambul dan sampel penelitian adalah siswa kelas VIIID sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya tes, angket, dokumentasi, observasi dan wawancara. Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran data yang diperoleh serta analisis inferensial dengan uji-t.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran SAVI dan siswa kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Amelia Dwi Astuti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

DePorter, B., dan Hernacki, M. 2011. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Diterjemahkan oleh Alawiyah Abdurrahman. Bandung: Kaifa.
Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Meier, D. 2003. The Accelerated Learning Handbook: Panduan Kreatif dan Efektif Merancang Program Pendidikan dan Pelatihan. Diterjemahkan oleh Rahmani Astuti. Bandung: Kaifa.
Nasution S. 2006. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Permadi, Ade Salahudin. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik : Jurnal Pendidikan. 13:2(23-28).
Putra, Chandra Anugrah. 2015. The Effect Of Problem Based Learning Learning On Mathematics Student Learning Outcomes Discussion On The Cost Of Sequence And Series. Jurnal : INTERNATIONAL SEMINAR ON QUALITY AND AFFORDABLE EDUCATION 2015. 4:58(582).
Rahmat, A. 2010. Pengantar Pendidikan. Bandung: MQS Publishing.
Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Setyawan,Dedy dan Chandra Anugrah Putra. 2020. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2(96-100).
Sidjabat, B.S. 2008. Teori Pembelajaran Aktif dalam PAK (online, http//titarus.not), diakses 10 Juni 2021
Syaodih, N. S. 2009. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Downloads

Published

2021-06-03

How to Cite

Dwi Astuti, A. (2021). Penerapan Model Somatis Auditori Visual Intelektual (Savi) Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa: Application Of The Auditory Visual Intellectual Somatic Model (Savi) On The Solid Figure Materials On Student Mathematics Learning Outcomes. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 80–85. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2526