MATEMATIKA DALAM AKSIOLOGI

Mathematics In Axiology

  • Marliani Marliani Pascasarjana IAIN Palangka Raya
Keywords: Aksiologi, Pelajaran, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya beberapa orang yang kurang mengabdi pada matematika, hal ini dapat diamati oleh setiap guru matematika bahwa dalam suatu kelas siswa yang diperkirakan berjumlah sekitar tiga puluh orang, yang paling dominan dan yang paling dominan adalah siswanya. siswa yang serius seperti matematika berkisar dari sekitar tujuh siswa. Selanjutnya jika matematika dikaitkan dengan kajian aksiologi (implementasi) dalam filsafat ilmu, maka manfaat mempelajari matematika dalam kehidupan sehari-hari sangat bermanfaat bagi siswa, terutama dalam praktik jual beli di warung, di pasar dan berbagai kegiatan ekonomi lainnya. kegiatan di masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep aksiologi dalam filsafat ilmu dan konteksnya dalam mempelajari matematika serta untuk mengetahui titik keterkaitan manfaat matematika dengan kehidupan sehari-hari di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dan juga eksperimen. Yaitu metode kepustakaan yang dilakukan untuk mengumpulkan data-data yang berkaitan dengan penelitian sebelumnya, sedangkan dilakukan dengan mengambil sampel praktik pembelajaran di sekolah dimana peneliti menjadi guru matematika di MTsN 2 Palangka Raya.

Hasil penelitian ini adalah konsep aksiologi dalam filsafat ilmu yaitu implementasi dari ilmu yang telah dipelajari dari pelajaran matematika ternyata memiliki nilai manfaat yang sangat besar bagi setiap orang, adapun kegunaan matematika bagi kehidupan sehari-hari, ternyata matematika memiliki banyak manfaat. dan nilai positif dalam menunjang kehidupan manusia di bidang ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad Tafsir, filsafat ilmu, Bandung:Rosdakarya, 2017.
Amsal Baktiar, Filsafat Ilmu, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2004
Burhanudin Salam, Logika Materiil Filsafat Ilmu Pengetahuan, Jakarta: Rineka Cipta, 2005
Drijakarta SJ, Percikan Filsafat, Jakarta: PT. Pembangunan, 2009
Haris Kurniawan dan Eva Susanti, Pembelajaran Matematika dengan STEM, (science, Technology, Engineering, Mhathematic), Jakarta: Deepublish, 2021
Irmayanti M. Budianto, Filsafat dan Metodologi Ilmu Pengetahuan; Refleksi Kritis Atas Kerja Ilmiah, Depok: Fakultas Sastra UI, 2016.
Jalaluddin dan Abdullah Idi, Filsafat Pendidikan, Jakarta: Gaya Media Pratama, 2016
Jujun S Suriasumantri, filsafat ilmu, Jakarta : Pustaka Sinar Harapan, 2016.
Jujun S. Sumatriasumatri , Filsafat Ilmu Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Sinar Harapan, 2016.
Louis O. Kattsoff, Element of Philosophy diterjemahkan oleh Soejono Soemargono dengan judul Pengantar Filsafat, Yogyakarta: Tiara Wacana, 2008.
Muslimah, Nilai Religious Culture di Lembaga Pendidikan, Pen. Aswaja Press. Sleman : Yogyakarta, Cetakan I: Januari 2016.
Rahmat Mulyana, Mengartikulasikan Pendidikan Nilai, Bandung: Alfabeta, 2004.
Riseiri Frondiz, What Is Value?, Yogyakarta: Pustaka Pelajaran, 2019.
Salam Burhanuddin, Logika Materil, Filsapat Ilmu Pengetahuan, Jakarta: Reneka Cipta, 2017 , cet. Ke-9
Setiawan M Andi dan Izha Suci Maghfirah. 2021. Efektivitas Aplikasi Zoom Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi. 6:1(33-37).
Setyawan Dedy dan Chandra Anugrah Putra. 2020. PENGARUH LOGIC-MATHEMATIC INTELLIGENCE DAN COGNITIVE LOAD THEORY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA. Jurnal Holistika. 4:2(96-100).
Soetriono & Rita Hanafie, Filsafat Ilmu dan Metodologi Penelitian, Yogyakarta: Andi, 2016.
Surajiyo, Filsafat Ilmu dan Perkembangannya di Indonesaia, Jakarta : Bumi Aksara, 2019,Cet. 20.
Published
2021-12-17
How to Cite
Marliani, M. (2021). MATEMATIKA DALAM AKSIOLOGI. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 26-31. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.2862