Dampak Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi Covid-19

The Impact Of The 2013 Curriculum Learning On The Pandemic Covid-19

  • fitri indrawati Universitas Lambung Mangkurat
Keywords: Dampak pembelajaran, Kurikulum 2013, Covid-19

Abstract

Dampak pada pendidikan saat pendemi mengakibatkan pemerintah menutup sementara semua sekolah, di seluruh negara termasuk indonesia. Walaupun sekolah-sekolah tutup, hal tersebut membawa dampak perubahan sosial ekonomi yang besar. UN ESCO telah merekomendasikan program pembelajaran jarak jauh menggunakan zoom atau platform pendidikan online lainnya, sehingga guru dan sekolah dapat menjangkau siswa dan gangguan pendidikan dapat dikurangi selama penutupan sekolah yang disebabkan karena COVID –19. Untuk itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi informasi mengenai dampak dari pandemi COVID-19 terhadap proses pembelajaran dan pelaksanaan kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan metode descriptive content analysis study dan studi literatur yang merupakan sebuah analisis yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menganalisis masalah pokok berdasarkan kumpulan informasi yang diperoleh. Informasi bisa bersumber dari berbagai artikel ilmiah yang berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran daring selama pandemi COVID-19. Artikel ilmiah yang dimaksud adalah artikel yang didapat dari jurnal nasional serta jurnal internasional bereputasi terindeks Scopus. Untuk informasi dan data yang telah diperoleh selanjutnya dikumpulkan, dia nalisis, dan disimpulkan sehingga mendapatkan rekomendasi sebagai studi literatur dalam penelitian ini. Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang telah dibuat dengan perencanaan yang matang dan masih relevan menghadapi tantangan zaman dan sesuai dengan kebutuhan perkembangan peserta didik. Dikarenakan sekarang masih dalam masa pendemi COVID-19 maka dalam pendidikan kurikulum 2013 diterapkan sesederhana mungkin agar pendidikan di Indonesia masih bisa terlaksana dalam penerapan pembelajarannya. Sistem pembelajaran daring dengan memanfaatkan platform digital mengubah wajah pendidikan di Indonesia ke arah yang lebih baik, lebih efektif, dan lebih menyenangkan dalam dampak postifnya, tetapi ada dampak negatif juga, tidak meratanya siswa dan orang tua siswa yang pandai mengoperasikan media online, tidak semua orang tua siswa mampu membeli kouta internet, sinyal internet di rumah siswa tidak terjangkau, sebagai besar orang tua siswa yang kondisinya ekonominya pas- pasan, juga tidak memiliki ponsel pintar atau smartphone sebagai sarana belajar secara online.

 

Walaupun demikian perlu dilakukan penyesuaian kembali dengan beragam kemampuan masing- masing pada guru, siswa, dan orang tua siswa dalam memberikan fasilitas pembelajaran daring, sehingga kendala yang dialami dapat diminimalisir.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

fitri indrawati, Universitas Lambung Mangkurat

References

Abbas, E. W., & Erlyani, N. (2020). Menulis di Kala Badai Covid-19.
Abbas, E. W., & Erlyani, N. (2015). Pendekatan Saintifik Dalam ImplementasiKurikulun 2013.
Bacow, L. (2020). COVID-19 – Moving classes online, other updates. [Community Message].Harvard University.https://www.harvard.edu/covid-19- moving- classes- onlineother-updates
Daryanto. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik Kurikulum2013. Yogyakarta:Gava Media.
Desri Arwen. (2020). Student Learning Motivation Influences The Development Of The Corona Virus Pandemic (COVID 19). International Journal of Advanced Scienceand Technology.
Drell, P. (2020, March 6). COVID-19 update from Provost Persis Drell.[Community Update].Stanford University.
Fadlillah, M. (2014). Implementasi Kurikulum 2013 dalam pembelajaran SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fernandes, R. (2019). Relevansi Kurikulum 2013 dengan kebutuhan Peserta didik diEra Revolusi 4.0. SOCIUS, 6(2), 70-80.
Goldschmidt, K. (2020). The COVID-19 Pandemic: Technology Use to Support the Wellbeing of Children. Journalof Pediatric Nursing.
Keyes, G. (2010). Teaching the scientific method in the social sciences. The JournalofEffective Teaching, 10(2), 18–28. Retrieved from http://www.uncw.edu/jet/articles/Vol10_2/Volume1002.
Kunandar. (2013). Penilaian autentik:penilaian hasil belajar peserta didik berdasarkan Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.
Kurniawan, G. F. (2020). Problematika Pembelajaran Sejarah dengan SistemDaring. Diakronika, 20(2), 76-87.
Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan KemandirianSiswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 Di Sd. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1).
Lee, A. (2020). Wuhan Novel Coronavirus (COVID-19): Why Global Control is Challenging?. Public Health, 179, A1-A2.
Muyas, M. (2020). Dampak Positif Dan Negatif Metode Belajar Daring Bagi OrangTua. Jurnal TAUJIH, 13(01).
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putr i, R. S. (2020).Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses PembelajaranO nline di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 1- 12.
Riadin Agung, Muhammad Jailani dan Ummi Qudsiyah. 2020. Optimalisasi Kompetensi Dan Kinerja Guru Ekonomi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid-19 Berbasis ICT. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). 4:6(1250-1261).
Rohmadani, A. I. (2020). Dampak Covid 19 Terhadap Cara Berpikir dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus di Yogyakarta. Edification Journal: Pendidikan Agama Islam, 3(1), 125-134.
Setyorini, I. (2020). Pandemi COVID-19 dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurikulum 13,Journal of Industrial Engineering& Management Research, 95-102.
Published
2021-12-17
How to Cite
indrawati, fitri. (2021). Dampak Pembelajaran Kurikulum 2013 Pada Masa Pandemi Covid-19. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 32-37. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.2934