Implementasi Model Pembelajaran Kumon Berbantuan Media Manipulatif Guna Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika Kelas V Di Sdn 2 Panarung

Implementation Of The Kumon Learning Model Assisted By Manipulative Media To Increase Mathematics Learning Outcomes In Class V At SDN 2 Panarung

  • Dedy Setyawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Rizky Arianto Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Hasil Belajar, Matematika, Model Pembelajaran Kumon, Media Manipulatif

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan aktivitas belajar dan meningkatan hasil belajar peserta didik setelah penerapan Model Pembelajaran Kumon berbantuan Media Manipulatif pada mata pelajaran Matematika kelas V di Sekolah Dasar Negeri 2 Panarung  Kuala Kapuas. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V Sekolah Dasar Negeri 2 Panarung Kuala Kapuas yang terdiri dari 9 orang, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Penelitian ini menggunakan analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Pada siklus I terjadi sedikit peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata peserta didik menjadi 71,1 dengan persentase ketuntasan klasikal 77,78% dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 96,1 dengan persentase ketuntasan secara klasikal 100%, sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis tindakan teruji kebenarannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dedy Setyawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Rizky Arianto, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Aqib, Zainal et al. 2017. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) SMP/MTs. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Cahyadi, A. 2019. Pengembangan Media dan Sumber Belajar: Teori dan Prosedur. Kota Serang Baru (KSB) : Penerbit Laksita Indonesia bekerja sama dengan PIU UIN Antasari Banjarmasin
Diplan & Setiawan, Andi. 2018. Penelitian Tindakan Kelas: Teori Serta Panduan Bagi Guru Kelas dan Guru Bimbingan Konseling. Yogyakarta : Deepublish
Febri Endra B. S. 2017. Pedoman Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Sidoarjo : Zifatama Jawara
Hastuti, I. D. & Susarto. 2018. Bahan Manipulatif dalam Pembelajaran Matematika SD. Mataram : LPP Mandala
Indrianti, Mirna, Irma I. Dan Niki A. R. 2017. Buku pegangan Guru : Buku matematika. Klaten : PT Intan Pariwara
Netriwati & Lena, M. S. 2017. Media Pembelajaran Matematika. Bandar Lampung : Permata Net
Nugraha, M. F., dkk. 2020. Pengantar Pendidikan dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jawa Barat : Edu Publisher
Nurani, Yuliani., Hartati, S., & Sihadi. 2020. Memacu Kreatifitas Melalui Bermain: Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta Timur : PT Bumi Aksara
Putri, H. E. & Muqodas, Idat. 2019. Pendekatan Concrete-Pictorial-Abstract (CPA), Kecemasan Matematis, Self-Efficacy Matematis, Instrumen dan Rancangam Pembelajarannya. Jawa Barat : UPI Sumedang Press
Sari, Kurnia. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Menjemur Kaos Berbasis Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II-A Di SDN-5 Panarung Palangkaraya tahun pelajaran 2016/2017. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Palangkaraya : Palangkaraya
Shoimin, Aris. 2016. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Suryani, N. dkk. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jakarta : Prenadamedia Group
Tumijan P. 2017. Hafal Mahir Teori dan Rumus Matematika SD/MI kelas 4,5,6. Jakarta : PT Grasindo
Yayuk, Erna. 2019. Pembelajaran Matematika SD. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.
Published
2021-12-28
How to Cite
Setyawan, D., & Arianto, R. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kumon Berbantuan Media Manipulatif Guna Meningkatkan Hasil Pembelajaran Matematika Kelas V Di Sdn 2 Panarung. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 51-59. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.2976

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>