Kecerdasan Naturalis Dan Intention To Act Terhadap Responsible Environmental Behavior Siswa Sekolah Dasar

Natural Intelligence And Intention To Act On Responsible Environmental Behavior Of Elementary School Students

  • Herwina Herwina Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Azmi Al Bahij Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Sutinah Sutinah Universitas Muhammadiyah Jakarta
Keywords: Kecerdasan Naturalis, Intensi untuk bertindak, Perilaku Tanggung Jawab

Abstract

Degradasi lingkungan yang terjadi harus segera diselesaikan oleh semua pihak, terutama siswa sekolah dasar yang menjadi agen pelestarian lingkungan dimasa depan. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk memahami seberapa besar pengaruh kecerdasan naturalis dan intensi untuk bertindak terhadap perilaku tanggung jawab lingkungan siswa sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Jurang Mangu Timur 02 Tahun Ajaran 2020/2021.

Metode yang digunakan adalalah metode survey dengan analisis jalur. Sampel yang digunakan berjumlah 146 siswa kelas IV, V, dan VI. Hasil pengujian hipotesis diperoleh koefisien jalur X1 terhadap X2 sebesar 0,795, koefisien jalur X2 terhadap Y sebesar 0,673, dan koefisien jalur X1 dan X2 terhadap Y sebesar 0,853. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kecerdasan naturalis dan semakin tinggi intensi untuk bertindak seorang siswa, maka akan semakin tinggi pula perilaku lingkungan yang bertanggung jawab.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Herwina Herwina, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Azmi Al Bahij, Universitas Muhammadiyah Jakarta
Sutinah Sutinah, Universitas Muhammadiyah Jakarta

References

Badan Pusat Statistik. (2018). Laporan Indeks Perilaku Ketidakpedulian Lingkungan Hidup Indonesia 2018. BPS-RI/BPS-Statistics Indonesia, 44.
Fibula Purnama, I Made Putrawan, & Diana Vivanti Sigit. (2020). Pengaruh Pengetahuan Mengenai Isu-Isu Lingkungan (Knowledge About Environmental Issues) dan Intensi Untuk Bertindak (Intention to Act) terhadap Perilaku Bertanggung Jawab Lingkungan (Responsible Environmental Behavior) Siswa. IJEEM - Indonesian Journal of Environmental Education and Management, 5(1), 20–33. https://doi.org/10.21009/ijeem.051.02
Imbiri, R. R. (2018). Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta. Psikologi.Unj.Ac.Id, 1–10. http://psikologi.unj.ac.id/
Ismail, A. (2018). Pengembangan Instrumen Kecerdasan Naturalis Anak Usia Dini Di Kabupaten Luwu Timur Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 9(1), 16–29.
Pratiwi, R. D., Rusdi, R., & Komala, R. (2019). The effects of personality and intention to act toward responsible environmental behavior. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(1), 169–176. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i1.7120
Wirdianti, N., Komala, R., & Miarsyah, M. (2019). Naturalist intelligence and personality: An understanding students’ responsible enviromental behavior. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(2), 229–236. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i2.7193
Published
2021-12-28
How to Cite
Herwina, H., Al Bahij, A., & Sutinah, S. (2021). Kecerdasan Naturalis Dan Intention To Act Terhadap Responsible Environmental Behavior Siswa Sekolah Dasar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 60-65. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i1.3017