MODEL LKPD BERORIENTASI STEM : LAYAK UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWA SD

STEM-ORIENTED LKPD MODEL: WORTH TO GROW CREATIVITY OF SD STUDENTS

Authors

  • Alfauziah Rahmadani Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Markhamah Markhamah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Sutama Sutama Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3591

Keywords:

LKPD, STEM, Siswa Kreatif

Abstract

Perkembangan Ilmu Pengetahuan saat ini perlu ditingkatkan mengingat siswa sekolah dasar cenderung bosan dan tidak menyukai matematika. Penelitian ini bertujuan untuk 1.) Mengekesplorasi pembelajaran matematika yang dilakukan guru SDN 4 Lanjas, 2.) Menguraikan proses penggunaan LKPD matematika, 3.) Membuat desain model pembelajaran STEM untuk menumbuhkan kreatifitas abad 21 di SDN Lanjas, 4.) Mengevaluasi kelayakan model STEM SDN 4 Lanjas, 5.) Mengevaluasi peningkatan pertumbuhan kreativitas peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Hasil yang telah dipaparkan dalam penelitian ini dapat dikatakan bahwa SDN 4 Lanjas merupakan SD yang memiliki pembelajaran yang hanya berpatokan pada LKS sehingga LKPD yang mereka berikan tidak luas dan belum mencerminkan orientasi STEM. Berdasarkan penelitian ini merancang LKPD STEM yang memberikan pertumbuhan kreativitas siswa kelas 4 pada mata pelajaran matematika bangun datar. LKPD ini memuat beberapa poin dalam membangun kreatifitas siswa dari pengenalan bangun datar hingga diskripsi pada setiap bangun datar. Desani Model pembelajaran STEM pada SDN 4 Lanjas ini memuat pendahuluan, tujuan, langkah kerja dan evaluasi dimana dalam setiap poin terdapat pengembangan praktik yang membuat siswa lebih kreatif. Berdasarkan hasil uji yang telah dilakukan yaitu uji pakar, uji lapangan, dan analisis tes dapat dikatakan bahwa LKPD yang dibuat valid dan tidak perlu adanya revisi. Berdasarkan hasil penelitian yang mengarah pada pertumbuhan kreatifitas siswa maka terdapat peningkatan kreativitas dan pemahaman siswa mengenai bangun datar yang ditunjukkan pada hasil tes siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alfauziah Rahmadani, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Markhamah Markhamah, Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sutama Sutama, Universitas Muhammadiyah Surakarta

References

Agustang, A., Mutiara, I. A., & Asrifan, A. (2021). Masalah Pendidikan Di Indonesia. OSF Preprints, 0–19.
Amalia, A. D., & Lestyanto, L. M. (2021). LKS Berbasis Saintifik Berbantuan Live Worksheets untuk Memahamkan Konsep Matematis pada Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 2911–2933.
Anam, R. S. (2017). Instrumen Penelitian yang Valid dan Reliabel. Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(1), 1–8.
Anugrah Putra, C. (2017). Aktivasi Potensi Kecerdasan Logik-Matematik. Media Akademi.
Carlisle, D. L., & Weaver, G. C. (2018). STEM education centers: catalyzing the improvement of undergraduate STEM education. International Journal of STEM Education, 5(1), 55.
Dwi Astuti, A. (2021). Penerapan Model Somatis Auditori Visual Intelektual (Savi) Pada Materi Bangun Ruang Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(2), 80-85. https://doi.org/10.33084/tunas.v6i2.2526
El Nagdi, M., Leammukda, F., & Roehrig, G. (2018). Developing identities of STEM teachers at emerging STEM schools. International Journal of STEM Education, 5(1), 23.
Fitria. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). In Journal of Chemical Information and Modeling.
Kesemen, O., Tiryaki, B. K., Tezel, Ö., Özkul, E., & Naz, E. (2021). Random sampling with fuzzy replacement. Expert Systems with Applications, 185(April).
Ma’sumah, A., & Mitarlis, M. (2021). Pengembangan LKPD Berorientasi STEM dengan Model PjBL Materi Larutan Elektrolit Nonelektrolit dengan Memanfaatkan Bahan Sekitar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Kimia, 3(1), 22.
Mariana, E., Wardany, K., & Novita, N. (2021). Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Daring Bagi Siswa SD di Tempuran Trimurjo. Madaniya, 2(2), 168–176.
Maulida. (2020). TEKNIK PENGUMPULAN DATA DALAM METODOLOGI PENELITIAN. Darussalam, 21, 71–78.
Muhammad Daud, K. (2019). Cabaran guru prasekolah dalam menerapkan Pendidikan Stem. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematik Malaysia, 9(2), 25–34.
Neumann, R., & Barequet, D. (2019). The gap between the need for novel retinal drug delivery methods, technologies in R&D phase, and approved ocular drug delivery technologies. Drug Discovery Today, 24(8), 1433–1435.
Pimthong, P., & Williams, J. (2020). Preservice teachers’ understanding of STEM education. Kasetsart Journal of Social Sciences, 41(2), 289–295.
Puspitasari, Q. D. dan A. W. (2021). Peran Guru Dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa Kelas IV di SD Negeri Plebengan Bambanglipuro. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia, 1(1), 1–7.
Puspitasari, W. F., Martaningsih, S. T., & Sukardi, S. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Pembelajaran Daring Pada Siswa Kelas 1 SD Negeri Turi 3 Melalui Media Powerpoint. Prosiding Pendidikan Profesi Guru, Fakultas Keguruan DAan Ilmu Pendidikan, Universitas Ahmad Dahlan, 1344–1352.
Retno Issroviatiningrum, S. S. (2018). Pengaruh practice based simulation model terhadap skill performance mahasiswa keperawatan. NURSCOPE Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan Pengaruh, 5(2), 1–7.
Rigianti, H. A. (2020). KENDALA PEMBELAJARAN DARING GURU SEKOLAH DASAR DI BANJARNEGARA. Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An, 7(2), 14.
Rohamna, S. H. (2020). Hubungan Antara Spiritual Intelligence dengan Self Regulated Learning pada Mahasiswa Pendidikan Kimia UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Repository.Uinjkt.Ac.Id, 2(1), 13–22.
Santika, I. G. N. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategis Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development, 9(2), 369–377.
Santoso, R. M., & Setyaningsih, N. (2020). Literasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Bentuk Aljabar berdasarkan Kemampuan Matematika. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika Dan Pembelajarannya (KNPMP) V 2020, 2(3), 124–567.
Sari, C. W. P., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Komparasi Efektivitas Model Pembelajaran Jigsaw dan Two Stay Two Stray (TSTS) Ditinjau dari Hasil Belajar Pembelajaran Tematik Siswa SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(4), 101.
Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177.
Setiawaty, S., Imanda, R., Fitriani, H., & Ratih, P. S. (2020). Pengembangan LKS sains berbasis STEM untuk siswa Sekolah Dasar. Seminar Nasional Peningkatan Mutu Pendidikan, 15.
Sohilait, E. (2021). Pembelajaran Matematika Realistik. OSF Preprints, 1(10), 22–45.
To Khuyen, N. T., Van Bien, N., Lin, P. L., Lin, J., & Chang, C. Y. (2020). Measuring teachers’ perceptions to sustain STEM education development. Sustainability (Switzerland), 12(4).

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Rahmadani, A., Markhamah, M., & Sutama, S. (2022). MODEL LKPD BERORIENTASI STEM : LAYAK UNTUK MENUMBUHKAN KREATIVITAS SISWA SD: STEM-ORIENTED LKPD MODEL: WORTH TO GROW CREATIVITY OF SD STUDENTS. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 75–83. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3591