Evaluasi Hasil Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Menganyam Rotan

EVALUATION OF TRAINING IMPLEMENTATION RESULTS RATTAN WEAVING SKILLS

Authors

  • Saiffullah Darlan Universitas Palangka Raya
  • Yesni Nopy Universitas Palangka Raya
  • Riri Metriani Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3687

Keywords:

Hasil Hutan, Anyaman Tradisional, Output Pelatihan

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi hasil  pelaksanaan pelatihan keterampilan menganyam rotan bagi  ibu-ibu  PKK  di desa Takaras Kecamatan Manuhing Kabupaten Gunung Mas.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, informan penelitian terdiri dari ibu-ibu PKK Desa Takaras, totur  dan masyarakat sekitar, dengan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilaksanakan secara simultan terdiri dari  pengumpulan data, kondensasi data,  display data, verifikasi dan kesimpulan.  Untuk mengecek keabsahan data yang didapat dilakukan  dengan ketekunan pengamatan, triangulasi, dan member check.

Hasil Penelitian bahwa pelaksanaan pelatihan keterampilan menganyam rotan bagi Ibu-ibu PKK desa Takaras sudah  dilaksanakan  dengan  baik dan  sesuai perencanaan. Keberhasilan dalam pelaksanaan pelatihan ini  karena didukung oleh fasilitator yang berpengalaman dan partisipasi ibu-ibu PKK yang tekun mengikuti pelatihan, serta memiliki komitmen untuk maju.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Saiffullah Darlan, Universitas Palangka Raya

Yesni Nopy, Universitas Palangka Raya

Riri Metriani, Universitas Palangka Raya

References

Anomim. (2019). Kecamatan Manuhing Dalam Angka. Kuala Kurun: BPS Kabupaten Gunung Mas.
Boediono. (2020). Ekonomi Indonesia. Bandung: PT. Mizan Pustaka.
Creswell, W. John. (2017). Research Design. Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. (Terjemahan Achmad Fawaid dan Rianayati Kusmini Pancasari). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Latief, A., Syardiansah, S., dan Yakob, M. (2020). Pelatihan Kewirausahaan Berbasis E-Marketing Pada Kelompok Usaha Perempuan Anyaman Tikar Di Gampong Matang Gleum Kecamatan Peureulak Kabupaten Aceh Timur. Pelita Masyarakat, 2(1),17-26.
Lincoln, Yvonna S, dan Egon G. Guba. (1985). Naturalistic Inquiry. California: Sage Publication Ltd.
Miles, B. Matthte dan Huberman., A. Michaell., Saldana, Johnny. (2014). Quaitative Data Analysis. A. Methods Sourcebook, Edition 3. London: SAGE Publication,Inc.
Strauss, Anselm dam Corbin, Juliet. (2017). Dasar-dasar Penelitian Kualitatif. Tatalangkah dan Teknik-teknik Teoritisasi Data. Cetakan V. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tanugraha, H., dan Maer, B. D. A. (2021). Laporan Leap Program Community Engagement Pemanfaatan Sampah Plastik Pembungkus Makanan Dan Minuman Menjadi Kerajinan Tas Memberdayakan Pkk Rw 04 Sumber Salak Jember Jawa Timur. Jurnal DKV Adiwarna, 1(18), 9.
Weber, Max (2009). Sosiologi. (Terjemahan Noorkholish). Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Darlan, S., Nopy, Y., & Metriani, R. (2022). Evaluasi Hasil Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Menganyam Rotan: EVALUATION OF TRAINING IMPLEMENTATION RESULTS RATTAN WEAVING SKILLS. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 92–96. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3687