Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Online Melalui Program Supervisi Klinis

Improving Teacher Performance In Online Learning Through Clinical Supervision Program

Authors

  • Gunarhad Gunarhad SMPN 3 PALANGKARAYA

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3690

Keywords:

Kinerja Guru, Pembelajaran Online, Program Supervisi Klinis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran online melalui Program supervisi klinis. Subyek penelitian ini adalah guru SMP Negeri 3 Palangka Raya pada semester 2 tahun pelajaran 2021/2022. Subyek dalam penelitian ini berjumlah 30 orang guru. Hasil penelitian ini adalah pada pra siklus peneliti baru mengamati seberapa besar Kinerja guru dalam pembelajaran online dan ternyata hasilnya sangat rendah yakni mendapat skor rata-rata hanya mencapai 6,4 artinya kinerja guru dalam pembelajaran online kurang baik. Lalu di lanjutkan siklus I peneliti (kepala sekolah) sudah mengadakan Program supervisi klinis untuk memperbaiki kinerja guru dalam pembelajaran online di SMP Negeri 3 Palangka Raya. Kepala sekolah mengevaluasi hal-hal yang telah terjadi selama observasi dan seluruh siklus proses observasi dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran online. Di lihat dari Hasil observasi ada peningkatan skor rata-rata dari pra siklus ke siklus I, dimana hasil skor rata-rata observasi pra siklus hanya mencapai skor 5 sementara pada siklus I mencapai 11,4 yang artinya kinerja guru dalam pembelajaran online baik. Selanjutnya pada siklus II Hasil observasi mencapai skor 15,8 artinya Kinerja guru dalam pembelajaran online sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Gunarhad Gunarhad, SMPN 3 PALANGKARAYA

References

Arikunto Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Al-amri, Icras Hamid.2006. Pengembangan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta : Departemen Nasional.
Hamzah. 2011. Profesi Kependidikan : Problema, Solusi, dan Formasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Numi Aksara.
Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyasa.2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nurfuadi, Moh.Roqib. 2009. Kepribadian Guru. Yogyakarta : Grafindo Litera Media.
Sudibyo, Bambang. 2008.Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja RoSDakarya.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.
Suharjono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Lembaga Cakrawala Indonesia (LCI).
Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung : Refika Aditama.
Surakhmad, Winarno. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT REMAJA ROSDA KARYA.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Fokus Media.
Misyanto, M., Riadin, A., & Usop, D. S. (2019). Pelatihan Teknik Permainan Konsentrasi pada Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 130-134. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v4i2.912
Rahmawati, D. L., Misyanto, M., & Riadin, A. (2017). Pelatihan Guru Profesional bagi Guru SD/MI di Palangka Raya. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 71-78. https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v2i2.55

Downloads

Published

2022-06-29

How to Cite

Gunarhad, G. (2022). Meningkatkan Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Online Melalui Program Supervisi Klinis: Improving Teacher Performance In Online Learning Through Clinical Supervision Program. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 108–116. https://doi.org/10.33084/tunas.v7i2.3690