Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Peserta Didik Kelas III SDN-6 Selat Hilir Kuala Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015

  • Nurul Ramadhaniy Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Nurul Hikmah Kartini Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Hasil Belajar, Think Pair Share (TPS), Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) (2) mengetahui peningkatan hasil belajar matematika pada peserta didik kelas III SDN 6 Selat Hilir setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Metode yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Dengan jumlah subyek penelitian 16 orang peserta didik. Teknik analisis data didasarkan pada hasil siklus dari tiap proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) aktivitas peserta didik dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) lebih aktif dan mengalami peningkatan di setiap siklus. Pada siklus I skor rata – rata yang diperoleh peserta didik 2,6 dengan kriteria cukup baik, siklus II skor rata - rata yang diperoleh peserta didik 3,8 dengan kriteria baik, (2) ada peningkatan hasil belajar Matematika melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) yang menunjukan dari hasil belajar pada siklus I diperoleh rata-rata 64,68 dan ketuntasan secara klasikalnya yaitu 62,5% dan siklus II diperoleh rata-rata 79,68 dan ketuntasan secara klasikal yaitu 93,75%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nurul Ramadhaniy, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Nurul Hikmah Kartini, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Ningsih, A.Y. (2011). Penggunaan Media Kelereng Dalam Model Pembelajaran Kooperatif (Think Pair Share) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Siswa. Universitas Sebelas Maret Surakarta
Susanto, A. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Published
2016-12-01
How to Cite
Ramadhaniy, N., & Kartini, N. H. (2016). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Pada Peserta Didik Kelas III SDN-6 Selat Hilir Kuala Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 16-20. https://doi.org/10.33084/tunas.v2i1.557

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>