Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Berbantuan Media Kartu Pecahan pada Peserta Didik Kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Niddia Jayanti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Dedy Setyawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.904

Keywords:

Hasil Belajar, Matematika, Model Problem Based Learning (PBL), Berbantuan Media Kartu Pecahan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas peserta didik dalam belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan berbantuan media kartu pecahan pada kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Peningkatan hasil belajar matematika dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan berbantuan media kartu pecahan pada kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Tahun Pelajaran 2017/2018.

Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal yang berjumlah 21 orang peserta didik, yaitu laki-laki 13 orang peserta didik dan perempuan 8 orang peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Ada peningkatan aktivitas belajar Matematika dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Berbantuan Media Kartu Pecahan pada peserta didik kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya menjadikan peserta didik menjadi baik. Pada siklus I skor yang diperoleh 2,80 dengan kategori cukup, meningkat pada siklus II menjadi 3,74 dengan kategori baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar Matematika peserta didik kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Palangka Raya dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) dan Berbantuan Media Kartu Pecahan, hal ini dapat dilihat dari tes awal diperoleh nilai rata-rata 44,76 dengan ketuntasan klasikal 38,09%, siklus I diperoleh nilai rata-rata 66,19 dengan ketuntasan klasikal 61,90% dan pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 91,42 dengan ketuntasan klasikal 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Niddia Jayanti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dedy Setyawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Huda Miftahul, 2013, Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kartini, N, H, 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learniang Dengan Metode Debat Terhadap Keterampilan Bertanya Mahasiswa Mata Kuliah Ilmu Kealaman Dasar Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.

Downloads

Published

2019-08-13

How to Cite

Jayanti, N., & Setyawan, D. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Berbantuan Media Kartu Pecahan pada Peserta Didik Kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 1–8. https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.904

Most read articles by the same author(s)