Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas III SDI-Nurul Ihsan Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Eka Novita Sari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Rita Ramanianti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.905

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, Penerapan Energi Gerak, Metode Pembelajaran Demonstrasi, Media Konkret

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Aktivitas belajar peserta didik pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi Penerapan Energi Gerak dengan menggunakan metode Demonstrasi berbantuan media konkret dengan kriteria baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada materi Penerapan Energi Gerak dengan menggunakan metode Demonstrasi berbantuan media konkret.

            Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berusaha untuk memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III-B SDI-Nurul Ihsan Palangkaraya yang terdiri dari 1 kelas yang berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif.   

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1) aktivitas peserta didik meningkat pada setiap siklus. Pada siklus I skor yang diperoleh peserta didik adalah 59 dengan rata-rata 2,95 dan persentase 73,75% sedangkan pada siklus II skor yang diperoleh peserta didik adalah 75,5 dengan rata-rata 3,77 dengan persentase 94,37%. Hal ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan media konkret aktivitas peserta didik lebih aktif. (2) Adanya peningkatan hasil belajar IPA setelah menerapkan metode Demonstrasi berbantuan media konkret. Pada tes awal persentase ketuntasan klasikal peserta didik hanya mencapai 30% dengan kategori kurang tercapai, siklus I persentase ketuntasan klasikal mencapai 76,66% dengan kategori cukup tercapai, siklus II ketuntasan klasikal meningkat hingga mencapai 93,33%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Eka Novita Sari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rita Ramanianti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Syaiful, Bahri Djamarah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Azhar Arsyad. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali pers
Sanaky, Hujair AH. 2011. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Kakaba
Aris Shoimin. 2014. 68 Model Pembelaajran Inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sanjaya, Ades. 2011. Model-model Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara Santyasa, 2007. Metodologi Penelitian Tindakan Kelas. Singaraja: Sinar Baru Algerindo
Sudrajat, Akhmad. 2011. Pembelajaran dalam Paradigma Baru. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
Ibrahim, R.,& Syaodih Nana. 2008. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rinika Cipta.

Downloads

Published

2019-08-13

How to Cite

Sari, E. N., & Ramanianti, R. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Menggunakan Metode Demonstrasi Berbantuan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas III SDI-Nurul Ihsan Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 9–15. https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.905