Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatiftipe THINK PAIRS SHARE Pada Peserta Didik SDN 2 Langkai Palangkaraya Tahunpelajaran 2017/2018

Authors

  • Yossi Wulandari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Diplan Diplan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.908

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, Kooperatif tipe Think Pairs Share

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Think Tpairs Share (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA peserta didik dengan menggunakan model Kooperatif tipeThink Pairs Share .

Bentuk penelitian kelas yaitu PTK. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN-2 Langkai Palangkaraya berjumlah 15 orang peserta didik yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 7 orang perempuan, analisis menggunakan kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar IPA kelas V SDN-2 langkai Palangkaraya dengan menggunakan model Kooperatif TipeThink Pairs Share berkategori baik atau aktif, (2) terdapat peningkatan hasil belajar IPA menggunakan model Kooperatif tipe think pairs share pada peserta didik kelas V SDN-2 Langkai Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dari data awal rata-rata (56,66), mengalami peningkatan siklus I (67,33) dan siklus II (80,33).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yossi Wulandari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Diplan Diplan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Kurnia & Ningrum. 2016. Pengaruh Penggunaan cooperative Learning Tipe Think-Pair-Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Kewirausahaan Siswa Kelas X Semester Genap Smk Kartikatama 1 Metro T.P 2015/2016. Jurnal
Nurul, Ramadhaniy & Nurul Hikmah Kartini. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Tematika Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pairs Share Kurniasih dan TPS) Pada Peserta Didik Kelas III SDN-6 Selat Hilir Kuala Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015: TUNAS Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. II, 1 (Http://jurnal . umpalangkaraya.ac.id/ejurnal/tunal, Hari Miggu 20 Mei 2018 pukul 13.00)
Ngalimun. 2016. Starategi dan Model pembelajaran. Yogyakarta:Aswaja Pressindo
Shomin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta:AR- RUZZ Media.

Downloads

Published

2019-08-13

How to Cite

Wulandari, Y., & Diplan, D. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam ( IPA) Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatiftipe THINK PAIRS SHARE Pada Peserta Didik SDN 2 Langkai Palangkaraya Tahunpelajaran 2017/2018. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 35–41. https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.908