Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Trowing dan Metode Demonstrasi dengan Berbantuan Media Konkret Kelas IIIB DI SDN 8 Langkai Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Nor Safitri Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Misyanto Misyanto Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.909

Keywords:

Hasil Belajar Matematika, Model Snowball Trowing, Metode Demonstrasi, Media Konkret

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui aktivitas peserta didik pada saat pembelajaran Matematika dengan menggunakan model Snowball Trowing dan metode Demonstrasi dengan berbantuan media Konkret, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model Snowball Trowing dan metode Demonstrasi dengan berbantuan media Konkret.

Penelitian ini di lakukan pada minggu ke-2 bulan Maret 2018 yang berlokasi di SDN 8 Langkai Palangka Raya, Jl.Patih Rumbih Palangka Raya-Kalimantan Tengah. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas III-b SDN 8 Langkai Palangka Raya yang berjumlah  20 peserta didik. Peserta didik laki-laki berjumlah 11 orang dan peserta didik perempuan berjumlah 9 orang. Tehnik penggumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa (1) penggunaan model Snowball Trowing dan metode Demonstrasi dengan berbantuan media Konkret aktivitas peserta didik meningkat yang ditunjukan dengan perolehan skor hasil pengamatan di atas 3, (2) penggunaan model Snowball Trowing dan metode Demonstrasi dengan berbantuan media Konkret dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik yang ditunjukan dengan perolehan rata-rata nilai 67,3 pada siklus I dan meningkat menjadi 8,28 pada siklus II. Ketuntasan belajar secara klasikal juga mengalami peningkatkan dengan nilai 75% pada siklus I meningkat menjadi 96% pada siklus II.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Nor Safitri, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Misyanto Misyanto, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abdul,Malik.2014.Strategi Pembelajaran.Bandung: PT.Remaja Rosdakarya Offset
Daryanto.2011.Media Pembelajaran.Bandung: PT.Tutorial Narana Sejahtera
Imas,Kurniasih.2016.Ragam Pengembangan Model Pembelajaran: Kata Pena
Miftahul, Huda. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offside

Downloads

Published

2019-08-13

How to Cite

Safitri, N., & Misyanto, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Pembelajaran Snowball Trowing dan Metode Demonstrasi dengan Berbantuan Media Konkret Kelas IIIB DI SDN 8 Langkai Palangka Raya Tahun Pelajaran 2017/2018. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 42–54. https://doi.org/10.33084/tunas.v4i2.909