Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Huma Betang Dalam Kegiatan Pembelajaran Ismuba Kelas X IPS Di Sma Muhammadiyah Kasongan
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v19i2.1509Keywords:
Pendidikan karakter, Kearifan lokal, Belajar ISMUBAAbstract
Ruang lingkup pendidikan, khususnya pendidikan karakter sangat luas, formal dan non formal baik di ranah keluarga, komunitas maupun lingkungan sekolah. Melalui sekolah proses menanamkan nilai-nilai karakter siswa akan diterapkan baik melalui kegiatan belajar mengajar, budaya sekolah, dan kegiatan pengembangan diri. Sebagai agen pembelajaran, guru dituntut tidak hanya menguasai materi pelajaran tetapi juga dituntut untuk merumuskan kegiatan pembelajaran agar memiliki kandungan nilai karakter di dalamnya, salah satunya adalah melalui pendidikan karakter berbasis kearifan lokal yang dapat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran.
Penelitian ini difokuskan untuk mendeskripsikan: (1) Bagaimana pendidikan karakter berbasis huma betang kearifan lokal pada kegiatan pembelajaran kelas X ISMUBA di SMA Muhammadiyah Kasongan? (2) Bagaimana nilai karakter berdasarkan huma betang kearifan lokal dalam kegiatan pembelajaran ISMUBA kelas X IPS di SMA Muhammadiyah Kasongan?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dan jenis penelitian deskriptif kualitatif, sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah 1 (satu) guru ISMUBA, sedangkan informan dalam penelitian ini adalah Wakil Kepala Bagian Kurikulum dan Kepala Sekolah Tinggi Muhammadiyah Kasongan. Sekolah. Data yang dicari dalam penelitian ini dikumpulkan melalui teknik observasi langsung, wawancara dan dokumentasi yang divalidasi dengan Triangulasi, kemudian dianalisis melalui beberapa tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Downloads
References
Kesuma Dharma, Cepi Triatna, Johar Permana, 2012, Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktik di Sekolah. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Koesoema Dhoni, 2007, Pendidikan Karakter Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia
Muslich Masnur, 2011, pendidikan karakter menjawab tantangan krisis multidimensional, Jakarta : Bumi Aksara
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia, 2008
Salahudin Anas, 2013, Pendidikan Karakter (pendidikan Berbasis agama dan budaya bangsa), Bandung: CV Pustaka Setia
Sardiman, 2014, Interaksi dan Motivasi belajar mengajar, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Samani Muchlas dan Hariyanto, 2012, Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Tindakan Komprehensif (Untuk Perbaikan Kinerja dan Pengembangan Ilmu Tindakan). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Tindakan Komprehensif (Untuk Perbaikan Kinerja dan Pengembangan Ilmu Tindakan). Bandung: Alfabeta
Sugiyono, 2019, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta, Cet. Ke-6
Supriadi Gito, 2015 Modul mata kuliah metodologi penelitian pendidikan, Palangkaraya : Cetakan Pribadi
Pustaka Online :
https://aguswuryanto.wordpress.com/2012/02/23/contoh-indikator-keberhasilan-pelaksanaan-pendidikan-karakter-di-sekolah/
https://drive.google.com/drive/folders/0Bxf5GRcs7wu1cE9CYndnaDNOZWM
https://penilaianpembelajaran.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.