Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Dengan Menggunakan Media Gambar Berseri Pada Siswa Kelas III SDN Sungai Andai 1 Banjarmasin
Improving Skill Of Writing Analysis Using Cerricate Image Media In Class III Students Of SDN Sungai Andai 1 Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1649Keywords:
Menulis karangan, Media Gambar BerseriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengunaan media gambar berseri dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas III SDN Sungai Andai 1 Kota Banjarmasin. Metodologi penelitian ini menggunakan penelitian kelas digunakan (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan subyek siswa kelas III. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan teknis persentase penilaian skala dan indikator keberhasilan ketuntasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan aktivitas guru menggunakan media gambar berseri telah berhasil, terlihat pada siklus pertama mendapatkan persentase 79,68% dengan kategori baik meningkat pada siklus kedua, menjadi 85,93% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar keterampilan menulis karangan menggunakan media gambar berseri telah terlaksana dengan sangat baik, terlihat pada siklus I memperoleh persentase ketuntasan 71,42% dengan kategori cukup aktif meningkat pada siklus II mencapai 85,71% dengan kategori sangat aktif.
Downloads
References
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta:Rajawali Pers.
Brophy, J.E & Wentzel, K.R. (2014). Motivating students to learn fourth edition. New York: Routledge.
Dalman, H. 2011. Kerampilan Menulis. Jakarta:Rajawali Pers.
Hairuddin, dkk. 2007. Pembelajaran Bahasa Indonesia. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.
Mulyasa, H.E. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Ramadhani, M.I & Fuady, R. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia Melalui Model Pembelajaran Think Pair and Share (TPS) divariasikan dengan Model Pembelajaran Talking Stick Siswa Kelas V SDN Pasayangan 3 Martapura Kabupaten Banjar. Jurnal Pahlawan. Vol.16 No 01, 102-112.
Sudjana. 2009. Media Pembelajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo
Suyono dan Hariyanto. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.