Analisis Implementasi Full Day School Dalam Pembentukan Karakter Siswa SMP Negeri Di Banjarmasin
Analysis Implemantation of Full Day School in Shaping The Students Character of Junior High School in Banjarmasin
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v20i1.1652Keywords:
Implementasi, full day school, karakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi full day school dalam pembentukan karakter siswa SMP Negeri di Banjarmasin. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey. Desain penelitiannya adalah deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan tentang implementasi full day school dalam pembentukan karakter siswa SMP Negeri di Banjarmasin. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa SMP Negeri Banjarmasin. Sampel penelitian adalah 66 siswa SMP Negeri 6 Banjarmasin sebagai wakil sekolah yang telah menerapkan full day school. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket tentang implementasi full day school dalam pembentukan karakter siswa SMP Negeri. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian analisis implementasi full day school dalam pembentukan karakter siswa SMP Negeri di Banjarmasin diperoleh nilai rata-rata 81,09 dengan kategori baik. Untuk Implementasi full day school SMP Negeri di Banjarmasin diperoleh nilai rata-rata 79,69 dengan kategori baik. Pembentukan karakter siswa SMP Negeri di Banjarmasin diperoleh nilai rata-rata 82,83 dengan kategori baik.
Downloads
References
Arikunto, S. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Arioka, N. 2018. Pro Kontra Wacana Full Day School. Jurnal Studi Kultural. 3(1): 1-5.
Aqib, Z. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: Yrama Widya.
David, M., et. al. 2017. Peran Full Day School Terhadap Penanaman Karakter Pada Peserta Didik Sekolah Dasar di Kota Makassar. Jurnal Penelitian dan Penalaran. 4 (1): 712-723.
Gugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Gunawan, H. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.
Ilahi, M., T. 2014. Gagalnya Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Kemendikbud. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2017. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal. Jakarata: Kemendikbud.
Kurniasih, I., & Sani, B. 2014. Pendidikan Karakter. Surabaya: Kata Pena.
Kurniawan, S. 2013. Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Leasa, M., & Batlolona, J., R. 2017. Full Day School dalam Pembentukan Karakter Siswa SMKN 13 Kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora. 6 (1): 73-82.
Perpres. 2017. Peraturan Presiden No 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Perpres.
Pratiwi, C., & Roesminingsih, E. 2019. Pengaruh Implementasi Full Day School Terhadap Karakter Siswa SMP Negeri di Kabupaten Lamongan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan. 7 (1): 1-11.
Sari, P., R., Wardani., D., K., & Noviana, L. 2017. Implementasi Full Day School (Sekolah Sehari Penuh) sebagai Best Practice (Latihan Terbaik) dalam Pendidikan Karakter di SMA Negeri 1 Sragen. BISE: Jurnal Pendidikan Bisnis dan Ekonomi. 3(2): 1-10.
Wulandari, E., Taufik,M., & Kuncahyono, K. 2018. Analisis Implementasi Full Day School Sebagai Upaya Pembentukan Karakter Siswa di SD Muhammadiyah 4 Kota Malang. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar. 6 (1): 65-74.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.