Motivasi Pilihan Karir bagi Remaja pada Masa Pandemi Covid-19
Motivasi Pilihan Karir bagi Remaja pada Masa Pandemi Covid-19
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v20i2.1661Keywords:
Motivasi, Bimbingan Karir, Remaja, Pandemi Covid-19Abstract
Bidang ekonomi, politik, sosial, budaya, hingga pendidikan kini mengalami perubahan karena pandemi Covid-19. Pandemi Covid-19 berdampak pada lulusan yang tinggal dirumah sehingga menyebabkan meluapnya angka pengangguran. Kebanyakan orang hanya menyorot pada sisi negatif pandemi, padahal kita juga berinovasi memanfaatkan peluang dari adanya pandemi Covid-19 untuk hal yang bermanfaat. Motivasi pemilihan karir bertujuan membantu siswa memilih karir melalui bimbingan karir. Bimbingan Karir dimaksudkan untuk membantu siswa agar kenal dan paham akan dirinya, mengenal dunia kerja, serta dapat merancang masa depan yang sesuai dengan bentuk kehidupan yang diharapkan, dapat bertanggungjawab atas keputusan yang diambil secara tepat, sehingga menciptakan pribadi yang bermakna. Dalam penelitian ini menerapkan program bimbingan karir pada delapan remaja lulusan SMA di desa Wlahar. Metode yangdigunakan yaitu dengan diadakan Workshop “Motivasi Pilihan Karir Bagi Remaja Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Wlahar ” dengan teknik swakelola. Keberlanjutan kegiatan ini yaitu dengan mengadakan sesi konseling kelompok kepada para lulusan yang terkait dengan perencanaan karir. Hasil para remaja mau mencoba memulai karir dengan berwirausaha bisnis online.
Downloads
References
A’la, M. A. Z. N. (2017). Penerapan Sholat Tahajud terhadap Penderita Stroke diKlinik Rumah Sehat Avicenna, Desa Tempurejo Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Spiritualita: Journal of Ethics and Spirituality, 1(1), 55–68. https://doi.org/https://doi.org/10.30762/spr.v1i1.641
Bimrose, J., Brown, A., Mulvey, R., Kieslinger, B., Fabian, C. M., Schäfer, T., … Dewanti, R. T. (2019). Transforming Identities and Co-constructing Careers of Career Counselors. Journal of Vocational Behavior, 111, 7–23. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jvb.2018.07.008
Chuang, N.-K., Lee, P. C., & Kwok, L. (2020). Assisting Students with Career Decision-making Difficulties: Can Career Decision-making Self-Efficacy and Career Decision-making Profile Help? Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education, 26. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jhlste.2019.100235
Gibson, R. L., & Mitchell, M. H. (2011). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Gumilang, G. S. (2016). Metode Penelitian Kualitatif dalam Bidang Bimbingan danKonseling. Jurnal Fokus Konseling, 2(2). Retrieved from http://garuda.ristekbrin.go.id/documents/detail/511029
Indriasari, E. (2016). Meningkatkan Rasa Empati Siswa melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Sosiodrama pada Siswa Kelas XI IPS 3 SMA 2 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.718
Istia’dah, F. N. L., Imaddudin, A., Arumsari, C., Nugraha, A., Sulistiana, D., & Sugiana, G. (2018). Program Bimbingan Karir pada Siswa Kelas XII SMK Assaabiq Singaparna. ABDIMAS UMTAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 31–40. Retrieved from https://journal.umtas.ac.id/index.php/ABDIMAS/article/view/237
Juwitaningrum, I. (2013). Program Bimbingan Karir untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 132–147. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.12928/psikopedagogia.v2i2.2580
Napolitano, C. M., Hoff, K. A., Ming, C. W. J., Tu, N., & Rounds, J. (2020). Great Expectations: Adolescents’ Intentional Self-Regulation Predicts Career Aspiration and Expectation Consistency. Journal of Vocational Behavior, 20. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jvb.2020.103423
Nurmastadiyah, R. (2009). Pengaruh Motivasi terhadap Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Mengikuti Pendidikan Profesi Akuntansi (PPAk) (UIN suska Riau). Retrieved from http://repository.uin-suska.ac.id/11006/1/2010_2010302AKN.pdf
Putra, R. T. (2015). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemilihan Karier Siswa melalui Konseling Kelompok dengan Pendekatan Trait-Factor pada Siswa Kelas X Mia 2 Madrasah Alliyah Negeri (Man) 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2014/2015 (Universitas Negeri Yogyakarta). Retrieved from http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fipbk/article/viewFile/299/273
Rahmawati, A. R., Yusmansyah, Y., & Mayasari, S. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Kematangan Pilihan Karir. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 8(2). Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/20417
Santilli, S., Nota, L., & Hartung, P. J. (2019). Efficacy of a Group Career Construction Intervention with Early Adolescent Youth. Journal of Vocational Behavior, 111, 49–58. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jvb.2018.06.007
Situmeang, R. R. (2018). Dampak Bisnis Online dan Lapangan Pekerjaan terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus Jasa Bisnis Online Transportasi Grab Di Kota Medan). Asian Journal of Innovation and Entrepreneurship (AJIE), 4(3). Retrieved from https://journal.uii.ac.id/ajie/article/view/11620
Sukardi, D. K. (1993). Analisis Inventori Minat dan Kepribadian. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Suwanto, I. (2016). Konseling Behavioral dengan Teknik Self Management untuk Membantu Kematangan Karir Siswa SMK. JBKI: Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v1i1.96
Syamsiah, E. N. (2012). Profil Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas Serta Implikasinya bagi Bimbingan Karir: Studi Deskriptif terhadap Siswa Kelas X SMA PGRI I Bandung Tahun Ajaran 2011-2012 (Skripsi UPI Bandung). Retrieved from http://repository.upi.edu/10878/
Winkel, W. S., & Hastuti, M. M. S. (2006). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.