Pembentukan Karakter Anak Melalui Komunikasi Interpersonal dan Keteladanan Orangtua pada Kelas Vi Sdi Al-Achfas Dwi Matra Jakarta
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v14i2.190Keywords:
interpersonal communication, role modelAbstract
The aim of the research is to find out children’s character development through interpersonal communication and parents’ role model in Islamic Elementary School Al-Achfas Dwi Matra South Jakarta. This research is conducted by using Descriptive method. The data is collected through observation, interview, and documentation, and then it is analyzed descriptively by several steps such as data reduction, data presentation and deduction. Parents with good interpersonal communication are the source of children’s physical and spiritual health. Therefore, a child who is educated communicatively with good role model will grow as a mature human being who is physically and spiritually healthy. A good role model is an effective method to teach moral values to children due to their character as imitators. The result of this research shows that parents in Islamic Elementary School Al-Achfas Dwi Matra Jakarta are able to provide interpersonal communication and good role model in children’s character development.Downloads
Download data is not yet available.
References
Ahmad Ghulusy (1987), Ahmad, ad-Da’watul Islamiyah, Kairo: Darul Kutub
Akbar Hawadi, Reni (2004), Akselerasi: A-Z Informasi Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual, Jakarta: PT. Gramedia,
Al-Ghazali (tt), al-Maqshad al-Asnā Syarh Asma Allah al-Husna, Mesir: Maktabah al-Jundi
Amiruddin, Aam (2011), Sudahkah Ku Didik Anakku dengan Benar?Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Anis Matta, M. (2002), Membentuk Karakter Cara Islam, Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat
A. Nasir, Sahilun&Anshari, Hafi (1989), Pokok-PokokPendidikan Agama Islam di PerguruanTinggi, Surabaya: Al-Ikhlas
Baidhawy, Zakiyuddin (2007), Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Erlangga
Chatib, Munif (2009), Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia, Bandung: Kaifa, Cet. IV
Gichara, Jenny (2006), Mengatasi Perilaku Buruk Anak, Jakarta: Kawan Pustaka
Gordon, Thomas (1989), Menjadi Orangtua Efektif, terjemahan Tim Psikolog Klinis, Jakarta: Gramedia
Hajr al-Asqolani, Ibnu (1958), Fath al-Bari Syarah al-Bukhari, Beirut: Daar al-Ma’rifah, Jld X
Koesoema Albertus, Doni (2010), Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo
Megawangi, Ratna (2008), Character Parenting Space: Menjadi Orangtua Cerdas untuk Membangun Karakter Anak, Bandung: Read!
(2004), Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa, Jakarta: BP Migas dan Star Energy
Moleong, Lexy J (2010), Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Remaja Rosdakarya, Cet. XXVII
Muis, Abdul (2001), Komunikasi Islam, Bandung:Remaja Rosadakarya Mulyana, Dedy (2000), Ilmu Komunikasi, Bandung:Remaja Rosadakarya
Mulyana, Deddy, dan Ibrahim, Idi Subandy (1997), Bercinta Dengan Televisi Ilusi dan Imaji Sebuah Kotak Ajaib, Bandung: Remaja Rosdakarya
Nata, Abuddin (2007), Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Indonesia, Jakarta: Kencana
Samani, Muchlas, dan Hariyanto (2012), Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet II
Semma, Mansyur (2008), Negara dan Korupsi: Pemikiran Mochtar Lubis atas Negara, Manusia Indonesia dan Perilaku Politik, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Sugiyono (2006) Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sujanto, Agus (2006), Psikologi Kepribadian, Jakarta: Bumi Aksara, Cet IIV
Sumartono (2004)Komunikasi Kasih Sayang, Jakarta: Elex Media Komputindo
Supratiknya, A (1995)Komunikasi Antar Pribadi Tinjauan Psikologis, Yogyakarta: Kanisius
Akbar Hawadi, Reni (2004), Akselerasi: A-Z Informasi Program Percepatan Belajar dan Anak Berbakat Intelektual, Jakarta: PT. Gramedia,
Al-Ghazali (tt), al-Maqshad al-Asnā Syarh Asma Allah al-Husna, Mesir: Maktabah al-Jundi
Amiruddin, Aam (2011), Sudahkah Ku Didik Anakku dengan Benar?Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Anis Matta, M. (2002), Membentuk Karakter Cara Islam, Jakarta: Al-I’tishom Cahaya Umat
A. Nasir, Sahilun&Anshari, Hafi (1989), Pokok-PokokPendidikan Agama Islam di PerguruanTinggi, Surabaya: Al-Ikhlas
Baidhawy, Zakiyuddin (2007), Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural, Jakarta: Erlangga
Chatib, Munif (2009), Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Multiple Intelligences di Indonesia, Bandung: Kaifa, Cet. IV
Gichara, Jenny (2006), Mengatasi Perilaku Buruk Anak, Jakarta: Kawan Pustaka
Gordon, Thomas (1989), Menjadi Orangtua Efektif, terjemahan Tim Psikolog Klinis, Jakarta: Gramedia
Hajr al-Asqolani, Ibnu (1958), Fath al-Bari Syarah al-Bukhari, Beirut: Daar al-Ma’rifah, Jld X
Koesoema Albertus, Doni (2010), Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global, Jakarta: Grasindo
Megawangi, Ratna (2008), Character Parenting Space: Menjadi Orangtua Cerdas untuk Membangun Karakter Anak, Bandung: Read!
(2004), Pendidikan Karakter Solusi yang Tepat untuk Membangun Bangsa, Jakarta: BP Migas dan Star Energy
Moleong, Lexy J (2010), Metodologi Penelitian Kualitatif, Jakarta: Remaja Rosdakarya, Cet. XXVII
Muis, Abdul (2001), Komunikasi Islam, Bandung:Remaja Rosadakarya Mulyana, Dedy (2000), Ilmu Komunikasi, Bandung:Remaja Rosadakarya
Mulyana, Deddy, dan Ibrahim, Idi Subandy (1997), Bercinta Dengan Televisi Ilusi dan Imaji Sebuah Kotak Ajaib, Bandung: Remaja Rosdakarya
Nata, Abuddin (2007), Manajemen Pendidikan: Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam Indonesia, Jakarta: Kencana
Samani, Muchlas, dan Hariyanto (2012), Konsep dan Model Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, Cet II
Semma, Mansyur (2008), Negara dan Korupsi: Pemikiran Mochtar Lubis atas Negara, Manusia Indonesia dan Perilaku Politik, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia
Sugiyono (2006) Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta
Sujanto, Agus (2006), Psikologi Kepribadian, Jakarta: Bumi Aksara, Cet IIV
Sumartono (2004)Komunikasi Kasih Sayang, Jakarta: Elex Media Komputindo
Supratiknya, A (1995)Komunikasi Antar Pribadi Tinjauan Psikologis, Yogyakarta: Kanisius
Downloads
Published
2015-06-01
How to Cite
Hunainah, H. (2015). Pembentukan Karakter Anak Melalui Komunikasi Interpersonal dan Keteladanan Orangtua pada Kelas Vi Sdi Al-Achfas Dwi Matra Jakarta. Anterior Jurnal, 14(2), 228–238. https://doi.org/10.33084/anterior.v14i2.190
Issue
Section
Articles
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.