Pengembangan Kamus Bergambar Anak Dwibahasa (Dayak Ma’anyan-Inggris) Dalam Pembelajaran Muatan Lokal

Development of a Bilingual Children's Picture Dictionary (Dayak Ma'anyan-English) in Local Content Learning

Authors

  • Tutik Haryani Universitas PGRI Palangka Raya
  • Yulia Yustha Universitas PGRI Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v20i2.2106

Keywords:

Media, Kamus Bergambar Dwibahasa, Dayak Ma'anyan

Abstract

Anak pada usia dini memiliki potensi cukup besar untuk   belajar   bahasa.   Untuk   menambah   penguatan kemampuan dalam bahasa diperlukan alat penunjang lain berupa media salah satunya adalah kamus bergambar anak. Seiring perkembengan zaman yang semakin cangggih, anak-anak harus dibekali dengan rasa cinta dan rasa memiliki terhadap budaya kearifan lokal daerah mereka masing-masing.Salah satu upaya kecil yang peneliti lakukan adalah dengan menyusun kamus bergambar anak Dwibahasa (Dayak Ma’anyan-Inggis).Pengembangan kamus bergambar anak dwibahasa (Dayak Ma’anyan –Inggris) ini berbasis  kearifan  lokal artinya memiliki ciri khusus   berbahasa daerah yaitu Dayak ma’anyan dikombinasiskan dengan bahasa Inggris. Adapun metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R & D) dimana hasil akhir dari penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan suatu produk. Kamus bergambar dwibahasa (Dayak Ma’anyan-Inggris) ini telah berhasil dikembangkan dengan kategori sangat layak berdasarkan penilaian pakar media mencapai nilai rata-rata 4 dan pakar materi 4 yang berarti bagus dan layak. Kamus Dwibahasa ini telah diuji cobakan di beberapa TK di Kabupaten Barito Timur dan dianggap layak dijadikan salah satu media pendukung dalam pembelajaran muatan loakal.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Tutik Haryani, Universitas PGRI Palangka Raya

Yulia Yustha, Universitas PGRI Palangkaraya

References

Arsyad, Azhar. 2009. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Borg R., & Galls, S. K. (2007). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods Boston: Pearson/Allyn and Bacon
Fromkin, Victoria dan Robert Rodman. 1998.
An Introduction to Language Edisi k-
6). Orlando: Harcourt Brace College
Publishers.
Kiefer, Barbara Z. 2010. Charlotte Huck’s Children’s Literature. New York: The McGraw-Hill Companies
Riduwan. 2002. Skala Pengukuran
Variabel-Variabel
Penelitian.Bandung: Alfabeta.
Samsudi. 2009. Desain Penelitian Pendidikan.
Semarang: Unnes Press.
Subana, dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Downloads

Published

2021-04-22

How to Cite

Haryani, T., & Yustha, Y. (2021). Pengembangan Kamus Bergambar Anak Dwibahasa (Dayak Ma’anyan-Inggris) Dalam Pembelajaran Muatan Lokal: Development of a Bilingual Children’s Picture Dictionary (Dayak Ma’anyan-English) in Local Content Learning. Anterior Jurnal, 20(2), 141–152. https://doi.org/10.33084/anterior.v20i2.2106