Pengembangan Kamus Bergambar Anak Dwibahasa (Dayak Ma’anyan-Inggris) Dalam Pembelajaran Muatan Lokal
Development of a Bilingual Children's Picture Dictionary (Dayak Ma'anyan-English) in Local Content Learning
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v20i2.2106Keywords:
Media, Kamus Bergambar Dwibahasa, Dayak Ma'anyanAbstract
Anak pada usia dini memiliki potensi cukup besar untuk belajar bahasa. Untuk menambah penguatan kemampuan dalam bahasa diperlukan alat penunjang lain berupa media salah satunya adalah kamus bergambar anak. Seiring perkembengan zaman yang semakin cangggih, anak-anak harus dibekali dengan rasa cinta dan rasa memiliki terhadap budaya kearifan lokal daerah mereka masing-masing.Salah satu upaya kecil yang peneliti lakukan adalah dengan menyusun kamus bergambar anak Dwibahasa (Dayak Ma’anyan-Inggis).Pengembangan kamus bergambar anak dwibahasa (Dayak Ma’anyan –Inggris) ini berbasis kearifan lokal artinya memiliki ciri khusus berbahasa daerah yaitu Dayak ma’anyan dikombinasiskan dengan bahasa Inggris. Adapun metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode Research and Development (R & D) dimana hasil akhir dari penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengembangkan suatu produk. Kamus bergambar dwibahasa (Dayak Ma’anyan-Inggris) ini telah berhasil dikembangkan dengan kategori sangat layak berdasarkan penilaian pakar media mencapai nilai rata-rata 4 dan pakar materi 4 yang berarti bagus dan layak. Kamus Dwibahasa ini telah diuji cobakan di beberapa TK di Kabupaten Barito Timur dan dianggap layak dijadikan salah satu media pendukung dalam pembelajaran muatan loakal.
Downloads
References
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Borg R., & Galls, S. K. (2007). Qualitative research for education: An introduction to theory and methods Boston: Pearson/Allyn and Bacon
Fromkin, Victoria dan Robert Rodman. 1998.
An Introduction to Language Edisi k-
6). Orlando: Harcourt Brace College
Publishers.
Kiefer, Barbara Z. 2010. Charlotte Huck’s Children’s Literature. New York: The McGraw-Hill Companies
Riduwan. 2002. Skala Pengukuran
Variabel-Variabel
Penelitian.Bandung: Alfabeta.
Samsudi. 2009. Desain Penelitian Pendidikan.
Semarang: Unnes Press.
Subana, dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.