Meningkatkan Hasil Belajar Pai Materi Mari Belajar Al-Qur’an Melalui Metode Praktek Dan Media Mp3 Pada Siswa Kelas V Sdn 1 Pasir Panjang Kecamatan Kumai Kabupaten Kotawaringin Barat Tahun Pelajaran 2019/2020
Increasing Learning Outcomes In Pai Material Let's Learn The Qur'an Through Practical Methods And Mp3 Media In Class V Students Of Sdn 1 Pasir Panjang Kumai District, Kotawingin Barat Academic Year 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v20i2.2557Keywords:
Metode Konvensional, Materi Diajarkan, Media Mp3Abstract
pelajaran PAI materi mari belajar al-Qur’an proses belajar mengajar di kelas masih dilakukan dengan metode konvensional atau menerangkan. Ketika proses pembelajaran sedang berlangsung banyak siswa yang kurang paham dan mengerti dan ada sebagian juga yang mengantuk serta ngobrol di dalam kelas. Rasa ingin tahu siswa itu tidak ada atau tidak ada kemauan, kemandirian dalam kegiatan pembelajaran pun sedikit sekali terlihat apalagi ketekunan yang dimiliki pun belum nampak. Selain itu hanya ada beberapa siswa yang aktif dikelas, mereka mengajukan beberapa pertanyaan yang berkaitan dengan materi yang telah diajarkan, namun masih banyak siswa yang hanya menjadi pendengar dan tergolong orang yang pasif di kelas. Saat mendapatkan nilai yang tidak memuaskan menjadi hal yang biasa bagi siswa. Siswa tidak termotivasi dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Jika hal ini didiamkan saja oleh guru dan tidak diupayakan adanya perbaikan maka tujuan kegiatan pembelajaran tersebut tentu tidak akan dapat tercapai dengan maksimal.
Strategi pembelajaran yang akan di pakai dalam permasalahan yang ada maka diambil cara untuk melakukan perbaikan yang sesuai melalui permainan yang menggunakan penggunaan metode praktek dan media MP3 sebagai salah satu strategi pembelajaran yang menekankan pada proses keterampilan sebagai suatu dasar yang wajib dimiliki oleh peserta didik dan dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir anak yang baik dan akan termotivasi untuk belajar. Sehingga di duga efektif digunakan untuk pembelajaran PAI materi Mari belajar al-Qur’an.
Downloads
References
Media. 2015.
Arikunto, Suharsimi, dkk.Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.2007.
Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
2006.
Departemen Agama RI. Pedoman Pembelajaran PAI materi Mari belajar al-Qur’an, Badan Penelitian Dan Pengembangan Agama, Pusat Penelitian Dan Pengembangan Anak, Kerjasama Pemerintah RI Dengan UNICEF Pelita VI.1998.
Djali. Psikologi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.2013. Djamarah,Syaiful Bahri. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rhineka Cipta. 2002.
Fathurrohman, Pupuh dan Sobry Sutikna. Strategi Belajar Mengajar.
Latif,Zaki Mubarok,dkk. Akidah Islam. Yogyakarta :UII Press. 2001. Mardianto.Psikologi Pendidikan (Landasan Untuk Pengembangan
Strategi Pembelajaran).Medan : Perdana Publishing.2014.
Mardianto. Psikologi Pendidikan. Bandung :Cita Pustaka Media Perintis.
Marzuki. 2002. Metodologi Rise. Yogjakarta: PrasatiaWidya Pratama.2009.
Muhammad, Abu Abdullah bin Yazid bin Majah al-Rabi‟iy al-Quzwaini, Ibnu Majah, Sunan IbnuMajah. Beirut : Dar Al-Fik. tt, Juz I.
Mulyasa,E. Kurikulum Dan Kompetensi, Karakteristik dan Implementasi, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2005.
Munir, Rinaldi. Permainan Crossword Puzzle. Jakarta : Cipta Karya.
2005.
Sukmadiinata, Nana Syaodih. Landasan Psikologi Proses Pendidikan.
Bandung : Remaja Rosdakarya.2009. Suyanto dan Asep Djihad. Bagaimana Menjadi Calon Guru Dan Guru Profesional. Yogyakarta : Multi Pressindo.2013.
Syafaruddin dan Nurmawati. Pengelolaan Pendidikan Mengembangkan Keterampilan Manajemen Pendidikan Menuju Sekolah Efektif. Medan : Perdana Publishing.2011.
Syahputra, Thoyib. PAI materi Mari belajar al-Qur’an. Semarang : Karya Toha Putra. 2004.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.