Peningkatan Mutu Kinerja Guru Melalui Supervisi Akademik di SDN 2 Pasir Panjang Semester 1 Tahun Pelajaran 2019/2020
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v20i3.2654Keywords:
Mutu Kinerja Guru, Supervisi AkademikAbstract
Data penelitian tindakan sekolah yang diperoleh dari Hasil penilaian Mutu Berdasarkan observasi pendahuluan dan wawancara langsung dengan kepala guru-guru SDN 2 Pasir Panjang memiliki kinerja yang kurang baik. guru-guru SDN 2 Pasir Panjang belum memiliki kedisiplinan yang tinggi yang ditujukan kepada seluruh warga sekolah. Dengan fasilitas yang kurang memadai SDN 2 Pasir Panjang jadi kurang mampu bersaing dengan sekolah lain. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1. supervisi akademik di SDN 2 Pasir Panjang tahun 2019. 2. sejauh mana supervisi akademik dalam meningkatkan mutu kinerja guru di SDN 2 Pasir Panjang tahun 2019 . Oleh karenanya peneliti hendak meningkatkan mutu kinerja guru SDN 2 Pasir Panjang melalui supervisi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research).Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 2 Pasir Panjang. Penelitian akan dilakukan pada semester ganjil tahun 2019. subjek penelitian adalah guru yang ada di sekolah ini, baik yang sudah pegawai negeri sipil maupun yang masih wiyata bakti. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik yaitu wawncara, observasi dan dokumentasi.
Data penelitian tindakan sekolah yang diperoleh dari Hasil penilaian mutu kinerja guru pada pra siklus, hasilnya adalah mutu kinerja guru rendah. Hal ini di tunjukkan dengan adanya perolehan skor rata-rata hasil penilaian siklus I yaitu 57,5 , oleh karenanya perlu peningkatan ke skor yang lebih tinggi lagi agar mencapai skor maksimal.
Downloads
References
Anwar Prabu Mangkunegara. (2001), Manajemen sumber daya manusia perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2009
Arikunto, Suharsimi, 2004, Dasar-dasar Supervisi, Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-dasar Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta
Buku Materi Bafadal, I. 2006. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Daresh. (1989). Supervison as Approactive Process. New Jersey: Longman.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1995. Pedoman Pembinaan Profesional Sekolah Dasar. Dikdasmen: Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Petunjuk TeknisPenelitian Tindakan Sekolah. Dirjen PMTK: Jakarta.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Glickman, Carl.AD, (1981) Development Supervision (alternative Practice for Helping Teacher Improve Intruktion) Virginia ASCD
Glickman, Stephen, Jovita. 2009. The Basic Guide to Supervision and Instructional Leadership, USA: Pearson
H.A.R. Tilaar.(2004).MULTIKULTURALISME Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional.Jakarta.Grasindo
H.A.R. Tilaar.(2004).Multikulturaisne Tantangan-tantangan Global, Yogyakarta, Bintang Pelajar.
Husaini Usman, & Purnomo Setiady Akbar, R. 2004. Metodologi Penelitian. Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Kimbal Wiles dan John T. Lovell, 1975. Supervision for Better School, New Yersey: Pritice Hall.
Maunah, Binti. “Hand Out Supervisi Pendidikan Islam,” dalam http://blog.iain-tulungagung.ac.id/uunbinti/2013/11/09/32/ diakses pada Jumat, 22 April 2016 pukul 20.20 WIB
Nazri, Ziria. “Pendekatan supervisi kolaboratif,” dalam http://zirya.mywap blog.com/pendekatan -supervisi-kolaboratif.xhtml diakses pada Jumat, 22 April 2016 pukul 20.30 WIB
Sergiovanni. (1987). Educational Governance and Administration. New jersey: Prentice Hall Inc
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Zuriah Nuzul, 2009, Metodologi Penelitian Sosial Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.