ANALISIS SIKAP SISWA SAAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19
Analysis of Student Attitudes When Learning to Use Digital Media during the COVID-19 Pandemic
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v21i3.3540Keywords:
Siswa, media pembelajaran, digital, sekolah dasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap siswa terhadap media pembelajaran digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di masa pandemo COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini diawali dengan membagikan kuisioner kepada siswa kemudian melakukan wawancara kepada salah satu guru, hasil data dianalisis menggunakan pendektan deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung. Sikap siswa terhadap Penggunaan Media digital 77,08% yaitu sikap responden terhadap Penggunaan Media digital selalu menunjukkan sikap postif terhadap penggunaan media pembelajaran ketika proses belajar mengajar berlangsung. Aspek Frekuensi penggunaan media pembelajaran digital dengan rata-rata nilai 62,50% yaitu frekuensi penggunaan media pembelajaran digital termasuk sering dilakukan ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Penggunaan media pembelajaran digital mendapatkan respon positif dari siswa SD di SDN Slemanan 01 terhadap hasil belajar siswa. Selain itu siswa juga mempunyai pengalaman yang berbeda dalam proses pembelajaran menggunakan media. Hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran dengan mudah melalui penggunaan media selama proses pembelajaran.
Downloads
References
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 05(02), 11–16.
I.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Cikarang. E-book Jurnal Pendidikan dan kebudayaan,
Nadziroh, F. (2017). Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1–14.
Puspitasari, P., Sari, P., Putri, J., & Wuryani, W. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 227–232. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i2p%25p.243.
Setiawan Andi M dan Diplan. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. 1:203.
Sianturi, S. R. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.17509/jpki.v4i2.11563.
Sugiono, 2016. Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.