ANALISIS SIKAP SISWA SAAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19

Analysis of Student Attitudes When Learning to Use Digital Media during the COVID-19 Pandemic

Authors

  • Yaffa Kalinda Sahara Universitas Negeri Malang
  • M Anas Thohir Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v21i3.3540

Keywords:

Siswa, media pembelajaran, digital, sekolah dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sikap siswa terhadap media pembelajaran digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di masa pandemo COVID-19. Metode yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian kualitatif. Penelitian ini diawali dengan membagikan kuisioner kepada siswa kemudian melakukan wawancara kepada salah satu guru, hasil data dianalisis menggunakan pendektan deskriptif. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penggunaan media pembelajaran digital ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung.  Sikap siswa terhadap Penggunaan Media digital 77,08% yaitu sikap responden terhadap Penggunaan Media digital selalu menunjukkan sikap postif terhadap penggunaan media pembelajaran ketika proses belajar mengajar berlangsung. Aspek Frekuensi penggunaan media pembelajaran digital dengan rata-rata nilai 62,50% yaitu frekuensi penggunaan media pembelajaran digital termasuk sering dilakukan ketika kegiatan pembelajaran berlangsung. Penggunaan media pembelajaran digital mendapatkan respon positif dari siswa SD di SDN Slemanan 01 terhadap hasil belajar siswa. Selain itu siswa juga mempunyai pengalaman yang berbeda dalam proses pembelajaran menggunakan media. Hal ini juga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi pelajaran dengan mudah melalui penggunaan media selama proses pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Yaffa Kalinda Sahara, Universitas Negeri Malang

M Anas Thohir, Universitas Negeri Malang

References

Abdul Majid, Strategi Pembelajaran. (Bandung: Rosdakarya, 2014),4.(Jakarta: Rineka Cipta, 2010), 297.
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 05(02), 11–16.
I.R. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Cikarang. E-book Jurnal Pendidikan dan kebudayaan,
Nadziroh, F. (2017). Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning. Jurnal Ilmu Komputer Dan Desain Komunikasi Visual (Jikdiskomvis), 2(1), 1–14.
Puspitasari, P., Sari, P., Putri, J., & Wuryani, W. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa IKIP Siliwangi. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 227–232. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22460/p.v1i2p%25p.243.
Setiawan Andi M dan Diplan. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. 1:203.
Sianturi, S. R. (2018). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Evaluasi E-Learning Pada Institusi Keperawatan Di Jakarta Dan Depok. Jurnal Pendidikan Keperawatan Indonesia, 4(2). https://doi.org/10.17509/jpki.v4i2.11563.
Sugiono, 2016. Metode penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta

Downloads

Published

2022-08-16

How to Cite

Sahara, Y. K., & Thohir, M. A. (2022). ANALISIS SIKAP SISWA SAAT PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA DIGITAL PADA MASA PANDEMI COVID-19: Analysis of Student Attitudes When Learning to Use Digital Media during the COVID-19 Pandemic. Anterior Jurnal, 21(3), 62–67. https://doi.org/10.33084/anterior.v21i3.3540