Analisis Kesulitan Menulis Karangan Pada Peserta Didik Kelas V A Sd Negeri 1 Kalampangan Tahun 2021/2022 Analysis Of The Difficulties Of Writing An Essential On Students Of Class V A Sd Negeri 1 Kalampangan Year 2021/2022

Main Article Content

Alya Rahmawati
Misyanto Misyanto
Dwi Sari Usop

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui kesulitan menulis karangan  peserta didik kelas V A Sekolah Dasar Negeri 1 Kalampangan. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, subjek atau informasi dalam penelitian ini adalah 3 peserta didik di kelas V A, guru kelas V A dan orang tua peserta didik kelas V A. Teknik pengumpulan data dan analisis data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.


Temuan penelitian mengungkapkan bahwa kesulitan peserta didik pada pembelajaran Tematik materi menulis karangan disebabkan oleh kurang lancarnya mereka dalam mengeluarkan ide-ide menggunakan Bahasa Indonesia, kurang terbiasanya menggunakan Bahasa Indonesia dalam berkomunikasi sehari hari kurangnya para Peserta didik SD berlatih mengeluarkan ide ide dalam bentuk tulisan dan, kurangnya pemahaman Peserta didik tentang tema cerita

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Rahmawati, A., Misyanto, M., & Usop, D. S. (2022). Analisis Kesulitan Menulis Karangan Pada Peserta Didik Kelas V A Sd Negeri 1 Kalampangan Tahun 2021/2022: Analysis Of The Difficulties Of Writing An Essential On Students Of Class V A Sd Negeri 1 Kalampangan Year 2021/2022. Anterior Jurnal, 21(2), 86–91. https://doi.org/10.33084/anterior.v21i2.3549
Section
Articles
Author Biographies

Alya Rahmawati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Misyanto Misyanto, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Dwi Sari Usop, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Ali, Muhammad. 2020. Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. Pernik Jurnal Paud. Volume 3 Nomor 1
Diplan, & Setiawan, M. Andi. 2018. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Purwodadi: CV. SARNU UNTUNG.
Hani, Nur. 2019. Analisisi Kesulitan Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Ipa Materi Organ Gerak Manusia Dan Hewan Pada Kelas V SDN 2 Pahandut Palangkaraya Tahun 2018/2019. Skripsi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Inggriyani,Feby & Pebrianti Anisa. 2021. Analisis Kesulitan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang. Volume 07 Nomor 01. ISSN Cetak : 2477-5673 ISSN Online : 2614-722
Khotimah, Husnul. Analisis Kesulitan Menulis Karangan Pada Siswa Kelas IV SDN 2 Panjer Husnul Khotimah. Jurnal Universitas Sebelas Maret
Kusumaningsih, Dewi, dkk. 2013. Terampil Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Andi Offset.
Listiani, Fransisca Despa. "Faktor Penyebab Kesulitan Menulis Fabel dan Model Pembelajaran yang Diharapkan Mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sanata Dharma." KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra 4.1 (2020): 112-128.
Pebrianti, Nur. Annisa. (2020). ANALISIS KESULITAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Analisis Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDN Griya Bandung Indah Kecamatan Bojongsoang Kabupaten Bandung) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).
Ramelan. 2017. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Model Example Non Example Di Kelas VI SD Negeri No 053979 Kepala Sungai. ESJ. Volume 7 Nomor 1
Saebeni, Beni Ahmad. 2017. Pedoman Aplikatif Metode Penelitian Dalam Penyususnan Karya Ilmiah, Tesis, Dan Desertasi. Bandung: Cv. Pustaka Setia.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Tarigan, H. G. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Zaenudin, Teguh. 2015. Pembelajaran Mengarang Deskripsi Di Sekolah Dasar. Yogyakarta: TIARA WACANA.

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>