ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Analysis Of Understanding Ability Of Mathematics Concepts In Fraction Materials In Class Iv Elementary School

Authors

  • Euis Lathifah Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Ayu Fitri Fitri Universitas Buana Perjuangan Karawang
  • Depi Prihamdani Universitas Buana Perjuangan Karawang

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v21i3.3661

Keywords:

Kemampuan, Pemahaman Konsep, Matematika, Materi Pecahan

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh munculnya penurunan kemampuan pemahaman siswa di masa pandemi COVID-19 khususnya terhadap mata pelajaran matematika. Beberapa siswa terlihat kesulitan ketika mengerjakan soal yang diberikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematika mealalui soal tes dan wawancara. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Al Mumtaaz Karawang. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes soal dan wawancara setelah dianalisis kemamapuan pemahaman siswa kelas 4 SD Islam Al Mumtaaz Karawang berada pada kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Euis Lathifah, Universitas Buana Perjuangan Karawang

Ayu Fitri Fitri, Universitas Buana Perjuangan Karawang

Depi Prihamdani, Universitas Buana Perjuangan Karawang

References

Alan, U. F., & Afriansyah, E. A. (2017). Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Auditory Intelectualy Reptition Dan Problem Based Learning. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 11, Nomor 1, Januari , 68.
Ayu Ardilla, S. H. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Rendahnya Hasil Belajar Matematika Siswa Mts Iskandar Muda Batam. Pythagoras, 6(2): 175 - 186, 179.
Djamaludin, A., & Wardana. (2019). Belajar Dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Jakarta: CV. Kaaffah Learning Center.
Fitri, A. (2019). Konsep Dasar Matematika. Karawang: FBIS.
Gulo, W. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT.Rajagrafindo.
Gusniwati, M. (2015). Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Minat Belajar Terhadap Penguasan Konsep Matematika Siswa SMAN Di Kecamatan Kebon Jeruk . Jurnal Formulatif 5(1):26-41, 26-41.
Hikmah, R. (2017). Penerapan Model Advance Organizer Untuk Meningkatkan. Jurnal Sap Vol. 1 No. 3 April 2017, 272.
Irfan, M. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecemasan Belajar Matematika . Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif Vol.8 , 143.
Nomareta, O. I. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar Dari Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN Gugus Sami Aji Kecamatan Doro Kabupaten Pekalongan. Skripsi, 22.
Purba, M. M. (2020). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Pecahan Siswa Kelas V SDN 060937 Medan Johor Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi , 12-13.
Purwanto, N. (2007). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Jurnal Al Khawarizmi Volume 2 Oktober , 2.
Rahmat, F. L., Suwatno, & Rasto. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Melalui Teams Games Tournament. Social Science Education Jurnal Volume 5 Nomor 1, 16.
Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2013). Organizational Behavior. Edition 15, USA:. Pearson Education , 3.
Rosyidah, U., Mustika , J., Qamariyah, S., & Feri , S. (2020). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Dalam Mata Kuliah Al Jabar Dasar. Linear: Journal Of Mathematics Volume 1 Nomor 1 Juni, 49.
Rusman, D. (2018). Model-Model Pembelajaran. Depok: PT. RAJAGRAFINDO PERSADA.
Santrock, J. W. (2015). Life-Span Development Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.
Shaleh, M., & Anhusadar, L. O. (2021). Kesiapan Lembaga PAUD Dalam Pembelajaran Tatap Muka Pada New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2158-2167.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematika Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Of Mathematics Education And Science Vol 2 Nomor 1, 63-64.
Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menghadapi Tantangan MEA. 606.
Sumantri, D. M. (2016). Strategi Pembelajaran Teori Dan Praktik Di Tingkat Pendidikan Dasar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Suwarno. (2016). Kemampuan Pemahaman Dalam Pembelajaran Matematika . Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1.
Yulaistin, S., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas IX SMP Pada Materi Tranlasi. Jurnal Didactical Mathematics, 32.
Yurniwati. (2019). Pembelajaran Arimatika Di Sekolah Dasar. Bandung : PT.Remaja Rosdakarya .

Downloads

Published

2022-08-16

How to Cite

Lathifah, E., Fitri, A. F., & Prihamdani, D. (2022). ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR: Analysis Of Understanding Ability Of Mathematics Concepts In Fraction Materials In Class Iv Elementary School. Anterior Jurnal, 21(3), 72–75. https://doi.org/10.33084/anterior.v21i3.3661