MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPS MELALUI METODE PROBLEM BASED INTRODUCTION PADA MATERI PERAN INDONESIA DALAM KERJA SAMA ASEAN DI KELAS VI SD NEGERI 1 LEMO I SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Improving Thematic Learning Outcomes For Ips Content Through The Problem Based Introduction Method On The Role Of Indonesia In Cooperation With Asean In Class Vi Sd Negeri 1 Lemo I Semester 1 Academic Year 2021/2022

Authors

  • Jaminah Jaminah SD Negeri 1 Lemo I, Kota, Kab. Barito Utara, Kalimantan Tengah

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.4182

Keywords:

Hasil Belajar Tematik, Muatan IPS, Metode Problem Based, Introduction

Abstract

Siswa kelas IV semester II SD Negeri 1 Lemo I Tahun ajaran 2021/2022, Mengalami sebuah permasalahan dalam pembelajaran tematik muatan IPS hal ini ditunjukan dari 20 SISWA yang mencapai tuntas belajar hanya ada 7 siswa berarti ada 13 siswa yang belum tuntas maka perlu diadakan perbaikan pembelajaran. Atas dasar permasalahan tersebut, untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik Tematik Muatan IPS materi Peran Indonesia Dalam Kerja Sama Asean di kelas IV semester I, peneliti melakukan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan Metode Problem Based Introuction.

Setelah penelitian siklus I dapat dinyatakan ada peningkatan hasil belajar siswa dari 20 SISWA Kelas IV yang semula hanya ada 7 siswa pada pra siklus sekarang di siklus I ada 13 siswa yang nilainya sesuai KKM atau diatas KKM.

Peningkatan hasil belajar siswa tersebut karena peneliti dalam melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran menggunakan pendekatan metode problem based introduction, dengan menggunakan metode ini ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 35% menjadi 65%.

Berdasarkan pengolahan data dan diskusi dengan pengamat dan kepala sekolah serta pembimbing, untuk menuntaskan hasil belajar siswa peneliti mengadakan perbaikan pada siklus II yang hasilnya menunjukkan peningkatan lebih baik lagi, pada perbaikan siklus I dari 13 siswa yang mendapat nilai ≥ 75 ke atas yang semulanya 13 siswa atau 65% dan pada siklus II meningkat menjadi 20 siswa atau 100 % mencapai tingkat ketuntasan. Berdasarkan analisa data di atas, dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa tersebut karena peneliti dalam melaksanakan kegiatan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode problem based introduction dalam pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Jaminah Jaminah, SD Negeri 1 Lemo I, Kota, Kab. Barito Utara, Kalimantan Tengah

SD Negeri 1 Lemo I, Kota, Kab. Barito Utara, Kalimantan Tengah

References

Arikunto, Suharsi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2014
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik,
Jakarta: Rineka Cipta, 2013
Al-Zarnuji, Syarah Ta’lim al-Muta’allim, Surabaya: Dar ilmi, .tth Ahmadi, Lif Khoiru dan Sofan Amri, PAIKEM GEMBROT :
Mengembangkan Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, Gembira dan berbobot(Studi Analisis Teoritik, Konseptual, dan Praktik), Jakarta : Prestasi Pustaka, 2011
Abdullah, Shodiq, Evaluasi Pembelajaran: konsep dasar,teori dan Aplikasi, Semarang: Rizki Putra, 2012
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta :m Rineka Cipta, 2013
Ahmad bin Ali bin Hajar al-Asqolani, Fathu al-Bari : Bi syarhi shohih al-Imam Abi Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhori,Dar al-Fkri: tth

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Jaminah, J. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK MUATAN IPS MELALUI METODE PROBLEM BASED INTRODUCTION PADA MATERI PERAN INDONESIA DALAM KERJA SAMA ASEAN DI KELAS VI SD NEGERI 1 LEMO I SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2021/2022: Improving Thematic Learning Outcomes For Ips Content Through The Problem Based Introduction Method On The Role Of Indonesia In Cooperation With Asean In Class Vi Sd Negeri 1 Lemo I Semester 1 Academic Year 2021/2022. Anterior Jurnal, 22(1), 22–28. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.4182