PEMANFAATAN CANVA FOR EDUCATION UNTUK PEMBUATAN KOMIK BAHAN AJAR BAHASA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS DI SMA NEGERI 1 BANTAENG
Utilization Canva For Education For The Making Of Indonesian Language Teaching Materials In Limited Face To Face Learning At Sma Negeri 1 Bantaeng
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.4188Keywords:
Canva for Education, Komik, Bahan Ajar , Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini merupakan penelitian Pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk mengembangkan Canva for Education dalam proses pembuatan komik bahan ajar Bahasa Indonesia di SMA Negeri 1 Bantaeng. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Teknik validasi, angket, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatid dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk hasil penelitian pengembangan dan analisis kuantitatif untuk menghitung rerata angket. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah seluruh guru Bahasa Indonesia di SMA Negeri 5 Bantaeng yang berjumlah 4 orang serta peserta didik kelas XII IPA 4 yang berjumlah 35 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pengembangan awal produk, peneliti Bersama guru Bahasa Indonesia mengembangkan komik bahan ajar dengan menggunakan aplikasi Canva for Education, dan materi yang diambil dalam penyusunan komik bahan ajar tersebut adalah “Teks Cerita Sejarah” pada kelas XII. Uji kelayakan komik Bahan Ajar Bahasa Indonesia yang dilakukan oleh dua orang ahli memperoleh hasil 82% dan berada pada kategori valid. Angket kepraktisan bahan ajar komik terhadap 35 peserta didik diperoleh hasil bahwa Komik Bahan Ajar Bahasa Indonesia berbasis Canva memiliki kualitas sangat baik dari aspek isi, tampilan, penggunaan gambar, dan penggunaan huruf. Hasil wawancara dengan guru Bahasa Indonesia tentang manfaat Komik bahan ajar berbasis Canva for Education menunjukkan bahwa Canva for Education sangat efektif digunakan karena guru lebih kreatif dan inovatif dalam menyusun bahan ajar sebab didukung oleh fitur yang mudah diakses.
Downloads
References
Garris Pelangi. 2020. “Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Jenjang SMA/MA.” Jurnal Sasindo Unpam 8(2): 1–18. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/Sasindo/article/view/8354.
Kala, Adriani, Lilis Widayanti, and Widya Adhariyanty Rahayu. 2021. “Edukasi Pembuatan Desain Grafis Menarik Menggunakan Aplikasi Canva.” 2(2): 91–102.
National, Gross, and Happiness Pillars. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” : 46–56.
Permata, Gita, and Puspita Hapsari. 2021. “Jurnal Basicedu.” 5(4): 2384–94.
Rachmadyanti, Putri, and Ganes Gunansyah. 2020. “Pengembangan E-Book Untuk Matakuliah Konsep Dasar IPS Lanjut Bagi Mahasiswa PGSD UNESA.” DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik 4(1): 83.
Rahmatullah, Rahmatullah, Inanna Inanna, and Andi Tenri Ampa. 2020. “Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva.” Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha 12(2): 317–27.
Triningsih, Diah Erna, S M P Negeri Karangploso, and Kab Malang. 2021. “No Title.” 15(1): 128–44.
Winanda, Nita et al. 2018. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KOMIK SEBAGAI MEDIA.”
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Andi Alfina Listya Ningrum, Jihad Talib
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.