PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA IPS MATERI KETERGANTUNGAN ANTAR RUANG DI LIHAT DARI KONSEP EKONOMI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTRAAN MASYARAKAT MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS IX SMP NEGERI 2 MUARA TEWEH TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Increasing Students' Learning Outcomes In Spatial Dependence Materials From The Economic Concept And Its Influence On Community Welfare Through The Quantum Teaching Model In Class Ix Smp Negeri 2 Muara Elwehran In 2021/2022 Year Of 2021/2022

Authors

  • Rusdiana Rusdiana SMP Negeri 2 Muara Teweh, Kab. Barito Utara, Kalimantan Tengah

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.4196

Keywords:

Hasil Belajar, IPS, Model Quantum Teaching

Abstract

Dalam hasil pengamatan,  pada mapel IPS khususnya materi ketergantungan antar ruang di lihat dari konsep ekonomi dan pengaruhnya terhadap kesejahtraan masyarakat, siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Muara Teweh menunjukkan hasil belajar yang rendah, hal ini di tunjukkan adanya nilai harian yang rendah atau tidak mencapai KKM.  Oleh karenanya disini, guru berinisiatif menggunakan model pembelajaran yang tidak biasa di pakai di kelas, yakni menggunakan Model Quantum Teaching.

Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP Negeri 2 Muara Teweh, Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif. Rancangan penelitian metode campuran. sedangkan sampel penelitian ini adalah siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Muara Teweh. Teknik Pengumpulan data terdiri dari teknik tes dan non tes.

Pada Pra siklus jumlah siswa tuntas belajar hanya mencapai 9 siswa dan skor hasil observasi hanya mencapai 48 Aktifitas siswa di dalam kelas kurang baik. Pada siklus I Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 21 siswa, nilai rata-rata mencapai 77,22 Artinya Model Quantum Teaching efektif di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Hasil observasi menunjukkan skor 111  Artinya Aktifitas siswa di dalam kelas cukup baik. Akan tetapi agar lebih kondusif lagi, maka peneliti hendak melaksanakan siklus II. Pada siklus II Jumlah Siswa Tuntas Belajar mencapai 32 siswa, nilai rata-rata mencapai 82,5. Artinya Model Quantum Teaching efektif di gunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Ketergantungan antar ruang di lihat dari konsep ekonomi dan pengaruhnya terhadap kesejahtraan masyarakat.  Hasil observasi menunjukkan skor 144  Artinya Aktifitas siswa di dalam kelas sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Rusdiana Rusdiana, SMP Negeri 2 Muara Teweh, Kab. Barito Utara, Kalimantan Tengah

SMP Negeri 2 Muara Teweh, Kab. Barito Utara, Kalimantan Tengah

References

Suprijono, Agus. 2006 . Cooperative Learning ( Teori & Aplikasi PAIKEM).

Drs. Sugiyanto. Modul PLP

Azhar Arsyat, Media Pembelajaran, Jakarta : PT. Grafindo Persada, 2003 Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers : 2002

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Bandung : Balai Pustaka, 1990

http://guruPAI.wordpress.com/category/pembelajaran/page/3/tanggal 13 juni 2015 Imam Nawawi, Terjemah Riyadhus Shalihin, Jakarta: Pustaka Amani,1999

Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara, 2004

Muhammad Ali, Strategi Penelitian Pendidikan Statistik Bandung, Bumi Aksara, 1993

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2002

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2005

Nana Sudjana, Ibrohim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru, 1989

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Rusdiana, R. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA IPS MATERI KETERGANTUNGAN ANTAR RUANG DI LIHAT DARI KONSEP EKONOMI DAN PENGARUHNYA TERHADAP KESEJAHTRAAN MASYARAKAT MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING DI KELAS IX SMP NEGERI 2 MUARA TEWEH TAHUN PELAJARAN 2021/2022: Increasing Students’ Learning Outcomes In Spatial Dependence Materials From The Economic Concept And Its Influence On Community Welfare Through The Quantum Teaching Model In Class Ix Smp Negeri 2 Muara Elwehran In 2021/2022 Year Of 2021/2022. Anterior Jurnal, 22(1), 45–51. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.4196