PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENYUSUN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA MELALUI PELATIHAN DI SD NEGERI 1 PANDRAN RAYA KECAMATAN TEWEH TENGAH KABUPATEN BARITO UTARA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Increasing Teachers' Skills In Developing Independent Curriculum Teaching Modules Through Training In Sd Negeri 1 Pandran Raya, Teweh Tengah District, North Barito Regency, Semester I, Academic Year 2021/2022

Authors

  • Yuhaga Yuhaga SDN 1 Pandaran Raya, Kab. Barito Utara, Kalimantan Tengah

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.4197

Keywords:

Keterampilan Guru, Menyusun Modul Ajar, Kurikulum Merdeka, Pelatihan

Abstract

Berdasarkan hasil supervisi kepala sekolah terhadap guru-guru, di temukan data bahwa guru masih belum memahami Langkah-langkah dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka, guru belum memahami juga poin-poin apa saja yang harus ada di dalam modul ajar kurikulum merdeka, selain itu guru juga belum paham sistematika penulisan modul ajar kurikulum merdeka. Oleh karenanya, peneliti disini yang sekaligus berperan sebagai kepala sekolah hendak meningkatkan keterampilan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka melalui pelatihan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru, meningkatkan kinerja guru dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Peneliti mengadakan pengamatan langsung terhadap aktivitas semua guru. Kemudian mendokumentasikan hasil pengamatan tersebut. Pada pra siklus peneliti baru mengamati seberapa besar Keterampilan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka dan ternyata hasilnya sangat rendah yakni mendapat skor rata-rata Cuma 4,75 artinya Keterampilan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka kurang baik.Pada siklus I peneliti  sudah mengadakan Pelatihan untuk memperbaiki keterampilan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka di SD Negeri 1 Pandran Raya, melihat dari hasil observasi ada peningkatan skor rata-rata dari pra siklus ke siklus I, dimana hasil skor rata-rata observasi pra siklus hanya mencapai skor 4,75 sementara pada siklus I mencapai 9,15 yang artinya keterampilan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka baik, Selanjutnya pada siklus II hasil observasi mencapai skor 11,2 artinya Keterampilan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka sangat baik. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa, Pelatihan sangat efektif untuk meningkatakan Keterampilan guru dalam menyusun modul ajar kurikulum merdeka

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yuhaga Yuhaga, SDN 1 Pandaran Raya, Kab. Barito Utara, Kalimantan Tengah

SDN 1 Pandaran Raya, Kab. Barito Utara, Kalimantan Tengah

References

Arikunto Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Badudu – Zain. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Boediono. 1998. Pembinaan Profesi Guru dan Psikologi Pembinaan Personalia. Jakarta ; Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudjana, Nana.2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja RoSDakarya.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.

Suharjono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Lembaga Cakrawala Indonesia (LCI).

Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta:Fokus Media.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006, tentang Standar Isi. Jakarta. 2006.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan. Jakarta: Direktorat.

Downloads

Published

2023-01-02

How to Cite

Yuhaga, Y. (2023). PENINGKATAN KETERAMPILAN GURU DALAM MENYUSUN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA MELALUI PELATIHAN DI SD NEGERI 1 PANDRAN RAYA KECAMATAN TEWEH TENGAH KABUPATEN BARITO UTARA SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2021/2022: Increasing Teachers’ Skills In Developing Independent Curriculum Teaching Modules Through Training In Sd Negeri 1 Pandran Raya, Teweh Tengah District, North Barito Regency, Semester I, Academic Year 2021/2022. Anterior Jurnal, 22(1), 52–58. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.4197