UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN LAPORAN HASIL BELAJAR MELALUI PROGRAM IN HOUSE TRAINING DI SMP NEGERI 11 MUARA TEWEH TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Efforts To Improve Teachers' Ability In Completing Learning Outcome Reports Through In House Training Program At Junior High School 11 Muara Teweh Academic Year 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i1.4198Keywords:
Kemampuan Guru, Menyusun Laporan Hasil Belajar, In House TrainingAbstract
Realita yang terjadi di SMP Negeri 11 Muara Teweh adalah Kemampuan guru dalam mengelola laporan hasil belajar secara elektronik masih rendah, dengan ditunjukkan data bahwa kemampuan guru dalam mengelola laporan hasil belajar secara elektronik masih rendah, guru masih gaptek dengan penggunaan TIK atau belum bisa menyusun laporan hasil belajar secara elektronik, program In House Training belum pernah di lakukan di SMP Negeri 11 Muara Teweh. Oleh karenanya peneliti yang sekaligus sebagai kepala sekolah hendak meningkatkan Kemampuan guru dalam mengelola laporan hasil belajar secara elektronik melalui program In House Training. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik non tes. Teknik nontes merupakan teknik pengumpulan data yang tidak baku dan hasil rekayasa dari guru dan sekolah. Berdasarkan penilaian Kemampuan guru dalam menyusun laporan hasil belajar pada siklus I dapat diketahui bahwa Kemampuan guru dalam menyusun laporan hasil belajar dalam kategori baik., maka dapat diketahui bahwa Kemampuan guru dalam menyusun laporan hasil belajar semakin meningkat, terdapat peningkatan Kemampuan guru dalam menyusun laporan hasil belajar yang dilihat dari penilaian rata-rata Kemampuan guru dalam menyusun laporan hasil belajar semula pada kondisi pra siklus menunjukkan rata-rata penilaian yang cukup baik meningkat menjadi baik. Meskipun demikian peningkatan Kemampuan guru pada siklus I belum mampu mencapai target yang ditetapkan yaitu 100%. Berdasarkan penilaian Kemampuan guru dalam menyusun laporan hasil belajar pada siklus II diketahui bahwa skor rata-rata menunjukkan nilai 5,37 dalam kategori sangat baik. Dengan demikian dapat diketahui bahwa Kemampuan guru dalam menyusun laporan hasil belajar yang ada di SMP Negeri 11 Muara Teweh sudah sangat baik.
Downloads
References
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Kecakapan Hidup di SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Means, B. (1993). Using technology to support education reform. Amerika Serikat: US Government Printing Office.
Reeves, T.C. (1998). The impact of media and technology in schools. A research report prepared for the Bertelsmann Foundation. Amerika Serikat: University of Georgia.
Siahaan, Sudirman. (2009). ”Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran”, Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan-Departemen Pendidikan Nasional.
Ramadhani, Kurnia. 2011. Membuat Laporan Hasil Evaluasi, (Online), (file:///C:/Users/E10-30/Downloads/evaluasi/membuat-laporan-hasil-evaluasi.html), diakses 8 Februari 2016
Wiyono, Bambang Budi & Sunarni. 2009. Evaluasi Program Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Suhardjono. 005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, makalah pada Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Oktober 2005
Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang PTK dan PTS, naskah buku.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Rijali Hasbi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.