REVITALISASI PASAR RAKYAT SEBAGAI UPAYA MENJAGA EKSISTENSI PASAR TRADISIONAL

REVITALIZATION OF PEOPLE'S MARKETS AS AN EFFORT TO KEEP THE EXISTENCE OF TRADITIONAL MARKETS

Authors

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.4597

Keywords:

Revitalisasi Pasar, Pasar Tradisional , Inovasi

Abstract

Tantangan pasar rakyat di Indonesia menuntut pemerintah harus melakukan revitalisasi supaya pasar rakyat bisa bersanding dengan pasar modern yang mulai menjamur. Kebijakan revitalisasi pasar perlu dilakukan secara komprehensif dan terus menerus dari Pemerintah Pusat hingga Pemerintah daerah dimana juga harus melibatkan seluruh stakeholders yang ada. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini mencoba untuk memotret pelaksanaan revitalisasi pasar rakyat yang telak dilaksanakan oleh Pemkot Malang. Diperoleh hasil revitalisasi pasar rakyat yang telah dilakukan adalah dengan merombak total fisik bangunan pasar dengan konsep lebih modern sehingga lebih nyaman, selain itu beberapa inovasi telah dilakukan seperti Sekolah Pasar Rakyat Pedagang Cerdas (Sepasar Pedas), Penerapan inovasi e-retribusi, Pencanangan Pilot Pasar Digital, dan Gerakan ASN Sobo Pasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Abd Rohman, Universitas Tribhuwana Tunggadewi

Dewi Citra Larasati, Universitas Tribhuwana Tunggadewi

References

Alfianita, Ella, Andy Fefta Wijaya dan Siswidiyanto. 2015. Revitalisasi Pasar Tradisional Dalam Prespektif Good Governance ( Studi di Pasar Tumpang Kabupaten Malang). Jurnal elektronik Online. Universitas Brawijaya Volume 3 Nomor 5 Tahun 2015.

Firdausi, A. C. 2019. Inovasi Sepasar Pedas Kota Malang Masuk Top 25 Inovasi Pelayanan Publik Jatim, Seperti Apa Sih? https://www.malangtimes.com/baca/47609/20191230/195000/inovasi-sepasar-pedas-kota-malang-masuk-top-25-inovasi-pelayanan-publik-jatim-seperti-apa-sih. Diakses 10 Oktober 2022

Humas Menpan RB. 2020. “Sepasar Pedas Sekolah Pasar Pedagang Kota Malang untuk Tingkatkan Daya Jual”. https://menpan.go.id/site/berita-terkini/sepasar-pedas-sekolah-pasar-pedagang-kota-malang-untuk-tingkatkan-daya-jual. Diakses pada 7 September 2022

Kemendag RI. 2016. “Pemberdayaan Manajemen”. https://ews.kemendag.go.id/revitalisasi/Pemberdayaan.aspx. Diakses 10 Oktober 2022

Kemendag RI. 2016. “Konsep Revitalisasi Pasar Rakyat”. https://ews.kemendag.go.id/revitalisasi/KonsepRevitalisasi.aspx Diakses 10 Oktober 2022

Kemendag RI. 2016. “Progres Pembangunan”. https://ews.kemendag.go.id/revitalisasi/ProgresPembangunan.aspx . Diakses pada tgl 21 September 2022.

Kotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisin Kedua Belas. Jakarta: Indeks

Maharani, WM (2019). Regulasi Penataan Pasar Modern dan Revitalisasi Pasar Tradisional di Kota Blitar. Translitera: Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media , 8 (01), 27-34.

Mangeswuri, DR, & Purwanto, NP (2010). Revitalisasi Pasar Tradisional Di Indonesia. Jurnal Ekonomi & Kebijakan Publik , 1 (2), 313-335.

Moleong, Lexy J. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mukarom, Zaenal & Muhibudin Wijaya Laksana. 2018. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Cv Pustaka Setia

Peraturan Mentri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2017 Tentang Pengertian Pasar Rakyat

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 112 Tahun 2007 Tentang Pembangunan, penataan, dan pembinaan Pasar Tradisional

Peraturan Walikota Malang Nomor 15 Tahun 2016 Tentang Perubahan atas Peraturan Walikota Malang Nomor 51, Tahun 2012 Tentang Uraian Tugas Pokok, fungsi dan Tata Kerja Dinas Perindustrian dan Perdagangan

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Pedoman Inovasi Pelayanan Publik.

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & B. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Rohman, A., & Larasati, D. C. (2023). REVITALISASI PASAR RAKYAT SEBAGAI UPAYA MENJAGA EKSISTENSI PASAR TRADISIONAL: REVITALIZATION OF PEOPLE’S MARKETS AS AN EFFORT TO KEEP THE EXISTENCE OF TRADITIONAL MARKETS. Anterior Jurnal, 22(2), 69–75. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.4597