PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING MELALUI PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK DI SDN 2 KUBU SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021
IMPROVING TEACHER PERFORMANCE IN ONLINE LEARNING THROUGH IMPLEMENTING ACADEMIC SUPERVISION AT SDN 2 KUBU SEMESTER 1 OF ACADEMIC YEAR 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.5071Keywords:
Kinerja Guru, Pembelajaran Daring, Supervisi AkademikAbstract
Realita yang terjadi di lapangan adalah kinerja guru dalam pembelajaran daring masih rendah. Oleh karenanya peneliti yang di sini berperan sekaligus sebagai kepala sekolah hendak meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran daring melalui supervisi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah yang dilaksanakan di SDN 2 Kubu, subjek penelitian adalah guru, baik yang sudah pegawai negeri sipil maupun yang masih wiyata bakti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahu Pelaksanaan supervisi akademik di SDN 2 Kubu tahun 2020 dan Sejauh mana supervisi akademik dalam meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran daring di SDN 2 Kubu tahun 2020. Rancangan penelitian setiap siklus melalui perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penilaian kinerja guru dalam pembelajaran daring pada Pra Siklus , hasilnya adalah kinerja guru dalam pembelajaran daring rendah dengan rata-rata skor 67,11. Hasil perolehan skor rata-rata penilaian siklus I yaitu 86.11 artinya kinerja guru dalam pembelajaran daring sudah tinggi , akan tetapi perlu peningkatan ke skor yang lebih tinggi lagi agar mencapai skor sangat maksimal. Hasil penilaian kinerja guru dalam pembelajaran daring pada siklus II, hasilnya adalah kinerja guru dalam pembelajaran daring tinggi. Hal ini di tunjukkan dengan adanya perolehan skor rata-rata hasil penilaian siklus II yaitu 89,88, hal ini sudah memenuhi target karena mencapai skor maksimal yaitu 86.
Downloads
References
Akbar, Husaini Usman dan Purnomo Setiady. 2009. Metodologi Penelitian. Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Anwar Prabu Mangkunegara, 2001, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Daresh. (1989). Supervison as Approactive Process. New Jersey: Longman
Glickman, C.D. (1981). Development supervision: Alternative practice for helping teacher improve instruction. Boston.
H.A.R. Tilaar.(2004).Multikulturalisme Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional.Jakarta.Grasindo
Nurul, Zuriah. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti dalam Perspektif. Perubahan Jakarta: Bumi Aksara.
Saud, Udin Syaefuddin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta.
Sergiovanni. (1987). Educational Governance and Administration. New Jersey: Prentice. Hall Inc.
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen, Jakarta, Sekretariat Negara.
Wiles, Kimball., dan Lovell, John T.,1975., Supervision for Better School, New Jersey: Prentice.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Akhmad Isnaini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.