MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN DAN PELATIHAN DI SDN 1 ANJIR SERAPAT TENGAH TAHUN 2021/2022 TAHUN PELAJARAN 2020/2021

IMPROVING TEACHER COMPETENCE IN USING GOOGLE CLASSROOM AS A LEARNING MEDIA THROUGH GUIDANCE AND TRAINING AT SDN 1 ANJIR SERAPAH TENGAH, 2021/2022 ACADEMIC YEAR 2020/2021

Authors

  • Bettie Bettie SDN 1 Anjir Serapat Tengah

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.5072

Keywords:

Kompetensi Guru, Google Classroom, Media Pembelajaran, Bimbingan DanPelatihan

Abstract

Wabah covid 19 yang terjadi mempengaruhi proses belajar mengajar, peserta didik melakukan pembelajaran secara online untuk mencegah penularan covid-19. Pembelajaran secara online mengalami berbagai kendala karena guru masih banyak belum mahir mengajar dengan menggunakan teknologi internet atau media sosial terutama di berbagai daerah. Oleh karenanya peneliti merasa perlu sekali untuk meningkatkan kompetensi guru dalam pembelajaran daring selama pandemi covid-19 melalui Bimlat online dengan media zoom meeting. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 1 Anjir Serapat Tengah. Hasil penelitian ini adalah pada pra siklus peneliti baru mengamati seberapa besar Kompetensi guru dalam menggunakan google classroom sebagai media pembelajaran dan ternyata hasilnya sangat rendah yakni mendapat skor rata-rata hanya mencapai 6,11 artinya kompetensi guru dalam menggunakan google classroom sebagai media pembelajaran kurang baik

Lalu di lanjutkan siklus I peneliti (kepala sekolah) sudah mengadakan Bimbingan dan pelatihan untuk memperbaiki kompetensi guru dalam menggunakan google classroom sebagai media pembelajaran di SDN 1 Anjir Serapat Tengah. Kepala sekolah mengevaluasi hal-hal yang telah terjadi selama observasi dan seluruh siklus proses observasi dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan google classroom sebagai media pembelajaran. Di lihat dari Hasil observasi ada peningkatan skor rata-rata dari pra siklus ke siklus I, dimana hasil skor rata-rata observasi pra siklus hanya mencapai skor 6,11 sementara pada siklus I mencapai 11,66 yang artinya kompetensi guru dalam menggunakan google classroom sebagai media pembelajaran baik. Selanjutnya pada siklus II Hasil observasi mencapai skor 15,00 artinya Kompetensi guru dalam menggunakan google classroom sebagai media pembelajaran sangat baik

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Bettie Bettie, SDN 1 Anjir Serapat Tengah

References

Arikunto Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja RoSDakarya.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.

Suharjono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Lembaga Cakrawala Indonesia (LCI).

Hamzah. 2011. Profesi Kependidikan : Problema, Solusi, dan Formasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Numi Aksara.

Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung : Refika Aditama.

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Bettie, B. (2023). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MELALUI BIMBINGAN DAN PELATIHAN DI SDN 1 ANJIR SERAPAT TENGAH TAHUN 2021/2022 TAHUN PELAJARAN 2020/2021: IMPROVING TEACHER COMPETENCE IN USING GOOGLE CLASSROOM AS A LEARNING MEDIA THROUGH GUIDANCE AND TRAINING AT SDN 1 ANJIR SERAPAH TENGAH, 2021/2022 ACADEMIC YEAR 2020/2021. Anterior Jurnal, 22(2), 9–17. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.5072