MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGANALISIS SOAL ULANGAN DAN DAYA SERAP MELALUI WORKSHOP DI SMP NEGERI 9 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
IMPROVING TEACHER COMPETENCE IN ANALYZING EXAMS AND ABSORPTION THROUGH WORKSHOPS AT SMP NEGERI 9 PALANGKA RAYA IN ACADEMIC YEAR 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.5074Keywords:
Kompetensi Guru, Menganalisis Soal Ulangan, Daya Serap, WorkshopAbstract
Berdasarkan observasi awal peneliti yang disini sekaligus berperan sebagai kepala sekolah, guru-guru di SMP Negeri 8 Palangka Raya masih kebingungan dalam menganalisis soal ulangan dan daya serap siswa, Padahal analisis soal ulangan adalah hal yang penting sekali. Oleh karenanya, peneliti disini yang sekaligus berperan sebagai kepala sekolah hendak meningkatkan kompetensi guru dalam menganalisis soal ulangan dan daya serap melalui workshop. Hal ini tentu bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme guru, untuk meningkatkan kinerja guru dan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 8 Palangka Raya. Peneliti mengadakan pengamatan langsung terhadap aktivitas semua guru, disamping itu juga guru diminta mengisi daftar kehadiran yang diisi setiap hari untuk mengetahui jam keberangkatan dan kepulangan dalam kegiatan workshop dari semua guru di SMP Negeri 8 Palangka Raya. Kemudian mendokumentasikan hasil pengamatan tersebut. Pada pra siklus peneliti baru mengamati seberapa besar Kompetensi guru dalam menganalisis soal ulangan dan daya serap dan ternyata hasilnya sangat rendah yakni mendapat skor rata-rata Cuma 4,75 artinya Kompetensi guru dalam menganalisis soal ulangan dan daya serap kurang baik. Di lihat dari hasil observasi ada peningkatan skor rata-rata dari pra siklus ke siklus I, dimana hasil skor rata-rata observasi pra siklus hanya mencapai skor 4,75 sementara pada siklus I mencapai 9,15 yang artinya kompetensi guru dalam menganalisis soal ulangan dan daya serap baik. Selanjutnya pada siklus II hasil observasi mencapai skor 11,2 artinya Kompetensi guru dalam menganalisis soal ulangan dan daya serap sangat baik.
Downloads
References
Arikunto Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Badudu – Zain. 1994. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Boediono. 1998. Pembinaan Profesi Guru dan Psikologi Pembinaan Personalia. Jakarta ; Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja RoSDakarya.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.
Suharjono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Lembaga Cakrawala Indonesia (LCI).
Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta:Fokus Media.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006, tentang Standar Isi. Jakarta. 2006.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ketut Widane
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.