UPAYA MENINGKATKAN PENERAPAN MEDIA DALAM PEMBELAJARAN GURU KELAS DIMASA PANDEMI COVID 19 MELALUI EFEKTIFITAS SUPERVISI DI SDN 2 KUMAI HILIR TAHUN 2020/2021
EFFORTS TO IMPROVE THE APPLICATION OF MEDIA IN CLASSROOM TEACHER LEARNING DURING THE COVID-19 PANDEMI THROUGH THE EFFECTIVENESS OF SUPERVISION AT SDN 2 KUMAI HILIR IN 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.5075Keywords:
Efektifitas, Supervisi, Media Pembelajaran Guru Kelas, Proses Pembelajaran, PandemiAbstract
Realita yang terjadi di SDN 2 Kumai Hilir adalah kinerja guru dalam proses pembelajaran dimasa pandemi masih rendah, hal ini di tunjukkan data bahwa kinerja guru dalam proses pembelajaran dimasa pandemi masih rendah, penyampaian materi secara daring belum optimal, pemberian dan pengumpulan tugas belum maksimal, sampai pada Kegiatan untuk mengetahui sejauh mana pengetahuan murid atau ujian juga belum maksimal. Oleh karenanya peneliti disini yang sekaligus sebagai kepala sekolah hendak meningkatkan kinerja guru dalam proses pembelajaran dimasa pandemi melalui supervisi penerapan media pembelajaran guru kelas. Penelitian ni bertempat di SDN 2 Kumai Hilir. Subjek penelitian disini adalah guru yang ada di SDN 2 Kumai Hilir. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Januari 2021 sampai dengan Maret 2021. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik non tes. Teknik nontes merupakan teknik pengumpulan data yang tidak baku dan hasil rekayasa dari guru dan sekolah. Berdasarkan penilaian Kinerja guru dalam proses pembelajaran dimasa pandemi pada Prasiklus adalah 1,87 dalam kategori kurang,. pada kondisi siklus I menunjukkan rata-rata 3,42 dalam kategori baik Pada Siklus II meningkat menjadi 5,37 atau dalam kategori Sangat baik. Dengan demikian dapat diketahui bahwa Kinerja guru dalam proses pembelajaran dimasa pandemi yang ada di SDN 2 Kumai Hilir sudah sangat baik.
Downloads
References
Arikunto, S. (2004) Dasar-Dasar Supervisi. Buku Pegangan Kuliah, Jakarta: Rineka Cipta
Daradjat, Zakiah,. 2008. Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: PT. Bumi Aksara
Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Pedoman Umum Penyelenggaraan Pendidikan Kecakapan Hidup di SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Means, B. (1993). Using technology to support education reform. Amerika Serikat: US Government Printing Office.
Mujtahidin,S.Pd., M.Pd. 2012. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bangkalan: Universiitas Trunojoyo Madura.
Ramadhani, Kurnia. 2011. Membuat Laporan Hasil Evaluasi, (Online), (file:///C:/Users/E10-30/Downloads/evaluasi/membuat-laporan-hasil-evaluasi.html), diakses 8 Februari 2016
Reeves, T.C. (1998). The impact of media and technology in schools. A research report prepared for the Bertelsmann Foundation. Amerika Serikat: University of Georgia.
Siahaan, Sudirman. (2009). ”Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pembelajaran”, Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan-Departemen Pendidikan Nasional.
Sri Anitah, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta: Universitas Terbuka
Suhardjono. 005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, makalah pada Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Maret 2005
Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang PTK dan PTS, naskah buku.
Suharsimi, Arikunto. 2002. Penelitian Tindakan Kelas, Makalah pada Pendidikan dan Pelatihan (TOT) Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsionla Guru, 11-20 Juli 2002 di Balai penataran Guru (BPG) Semarang.
Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Syamsuddin ,. 2017. Psikologi Kependidikan Perangkat. Pengajaran Modul. Bandung: Remaja Rosdakarya
Udin S. Winataputra, dkk. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas Terbuka
Wiyono, Bambang Budi & Sunarni. 2009. Evaluasi Program Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Yayat Sudrajat, 2016, Modul Pelatihan Guru Sasaran Kurikulum 2013. Jakarta, Pustaka Insani.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Majenah Majenah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.