PENERAPAN PROGRAM IN HOUSE TRAINING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI SMP NEGERI 2 BULIK TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Implementation of the In House Training Program in an Effort to Improve Teachers' Skills in Online Learning at SMP Negeri 2 Bulik Academic Year 2021/2022

Authors

  • Tatik Tatik SMPN 2 Bulik

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.5224

Keywords:

Keterampilan Guru Dalam Pembelajaran Online, In House Training

Abstract

Seluruh kegiatan di sekolah, baik itu proses pembelajaran, penilaian, dan evaluasi harus dilakukan secara daring atau online. Oleh karenanya peneliti merasa perlu sekali untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran online melalui Program in house training. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research). Penelitian ini akan dilaksanakan di SMP Negeri 2 Bulik. Pemilihan tempat ini di mana penulis bertugas sebagai kepala sekolah di SMP Negeri 2 Bulik. Penelitian akan dilakukan pada semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 .Hasil penelitian ini adalah pada pra siklus peneliti baru mengamati seberapa besar Keterampilan guru dalam pembelajaran online dan ternyata hasilnya sangat rendah yakni mendapat skor rata-rata hanya mencapai 6,1 artinya keterampilan guru dalam pembelajaran online kurang baik. Lalu di lanjutkan siklus I peneliti (kepala sekolah) sudah mengadakan Program in house training untuk memperbaiki keterampilan guru dalam pembelajaran online di SMP NegerI 2 Bulik. Kepala sekolah mengevaluasi hal-hal yang telah terjadi selama observasi dan seluruh siklus proses observasi dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam pembelajaran online. Di lihat dari Hasil observasi ada peningkatan skor rata-rata dari pra siklus ke siklus I, dimana hasil skor rata-rata observasi pra siklus hanya mencapai skor 5 sementara pada siklus I mencapai 11,4 yang artinya keterampilan guru dalam pembelajaran online baik. Selanjutnya pada siklus II Hasil observasi mencapai skor 15,8 artinya Keterampilan guru dalam pembelajaran online sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Tatik Tatik, SMPN 2 Bulik

References

A.W. Widjaja. 1986. Komunikasi dan Hubungan Masyarakat. Jakarta: Bina Aksara.

Alfaris, Sujoko. 2012. Peningkatan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Melalui In House Training. Jurnal Pendidikan Penabur. 11 (18): 27-39.

As. Gilcman. (1991). Curriculum Action Research. A hand book of methods & resources for the reflective practitioner. London.

Barda Nawawi Arief, 2008, Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Danim, 2012, Menjadi pemimpin besar visioner berkarakter, Bandung, Alfabeta.

Dessler, G. (1997). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jilid 1. Edisi 7. Jakarta : PT. Prenhallindo.

G. Wursanto, 1989, Manajemen kepegawaian. Jakarta, Penerbit Kanisius,

Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kamus Besar Bahasa Indonesia). (2005). Jakarta: PT (Persero).

Liana Susanto. 2020. “Pengaruh Leverage, Likuiditas, Ukuran Perusahaan, dan Perputaran Total Aset Terhadap Profitabilitas.” Jurnal Multiparadigma.

Mangkuprawira, Syafry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategi. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Meldona. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Perspektif Integratif. Malang : UIN Malang Press.

Purwanto, Ngalim. (2012). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Raymond A. Noe, (2010), Employee Training and Development, Fifth Edition,

Reigulth, A.(1989). Human Agency in Social Cognitive Theory. American Psychologist. Vol 44

Siagian, S. P. (2003). Teori dan Praktek Kepemimpinan (cetakan kelima) . Jakarta: Rineka Cipta.

Susanto,Ahmad.2018.PengembanganPembelajaranIPSdiSekolah Dasar.Jakarta:PrenadamediaGroup.

Sutrisno, Edi. 2009. Manajemen Sumber Daya Manusia Edisi pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Teguh Sulistiyani & Rosidah. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Turney, 1973, primarily known as a saxophonist also played flute and clarinet, was an active performer in Ohio, Chicago, and New York City.

Yulianti, Y. 2012. Analisis Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyrakat (PNPM) Mandiri Perkotaan di Kota Solok.

Downloads

Published

2023-05-25

How to Cite

Tatik, T. (2023). PENERAPAN PROGRAM IN HOUSE TRAINING DALAM UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU DALAM PEMBELAJARAN ONLINE DI SMP NEGERI 2 BULIK TAHUN PELAJARAN 2021/2022: Implementation of the In House Training Program in an Effort to Improve Teachers’ Skills in Online Learning at SMP Negeri 2 Bulik Academic Year 2021/2022. Anterior Jurnal, 22(2), 106–125. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i2.5224