MENINGKATKAN ANTUSIAS BELAJAR TEMATIK TEMA 4 SUB TEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI METODE TANYA JAWAB DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SELAT BARAT TAHUN PELAJARAN 2020/202

INCREASING LEARNING ENTITIES THEMATIC THEME 4 SUB THEME 1 TYPES OF WORK THROUGH THE Q&A METHOD AND IMAGE MEDIA IN CLASS IV STUDENTS OF SD NEGERI 3 SELAT BARAT ACADEMIC YEAR 2020/2021

Authors

  • Debora Debora SDN 3 Selat Barat

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5430

Keywords:

Antusias Belajar, Metode Tanya Jawab, Media Gambar

Abstract

Pada proses pembelajaran Tematik kelas IV SD Negeri 3 Selat Barat   tema 4 sub tema 1 jenis-jenis pekerjaan menunjukkan bahwa siswa dalam kelas tersebut kurang memiliki keaktifan yang baik dan tidak mendukung proses pembelajaran seperti berbicara sendiri dengan teman.oleh karenanya peneliti hendak meningkatkan antusias belajar siswa melalui metode Tanya jawab dan media gambar. Hasil peningkatan antusias belajar siswa pada mata pelajaran tematik dengan menggunakan strategi pembelajaran tipe Metode tanya jawab dan media gambar mencapai sejumlah 14 anak (77,7%) sedangkan yang dibawah target pencapaian minimal sejumlah 4 anak (22,2%). Target pencapaian ini belum terpenuhi kriteria keberhasilan kinerja pada siklus I, Maka perlu dilakukan tindakan siklus II dengan tujuan meningkatkan antusias belajar siswa pada mata pelajaran tematik mencapai minimal 100%. Maka dari itu perlu diteruskan untuk Tahap siklus II sebagai bentuk perbaikan pada siklus sebelumnya. Hasil dari tindakan yang dilakukan pada siklus 1 peneliti masih belum maksimal, hal ini dibuktikan ada beberapa siswa kurang mendengarkan penjelasan guru dengan baik serta saat pembelajaran masih terlihat siswa yang pasif terutama yang tidak dikontrol oleh guru dalam kegiatan berdiskusi kelompok, masih terlihat ada yang tidak bekerja sama ada yang pasif berpartisipasi. Hal tersebut juga dipengaruhi peneliti karena saat pembelajaran peneliti kurang maksimal dalam memberikan fasilitator terhadap siswa, serta tidak memberikan motivasi kepada siswa. Berdasarkan kenyataan tersebut, maka perlu dilakukan tindakan siklus II sebagai perbaikan. Pada siklus II antusias belajar siswa berhasil meningkat mencapai sejumlah 18 siswa (100%) dari keseluruhan siswa. Tidakan yang dilakukan peneliti adalah perbaikan kualitas pembelajaran serta dorongan secara moral dari siswa

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Debora Debora, SDN 3 Selat Barat

SDN 3 Selat Barat, Kec. Selat, Kab. Kapuas, Kalimantan Tengah, Indonesia.

References

Aristo, Rahadi. 2003, Media Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional

Asmani, Jamal Ma’mur. 2011.Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah.Jogjakarta: Diva Press.

Hamalik, Oemar. 2014.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kunandar. 2013. Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Suatu Pendekatan Praktis Disertai Dengan Contoh. Jakarta: Rajawali Pers

Kunandar.(2011). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru.Jakarta:Rajawali Press

Martinis Yamin, 2007. Kiat Membelajarkan Siswa. Jakarta. Gaung Persada Press dan Center for Learning Innovation (CLI).

Moleong Lexy, 2002, Metode Penelitian Kualitatif,Bandung : CV. Remaja, hal 11

Moleong,2002. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. 2007. Bimbingan Skripsi Tesis dan Artikel Ilmiah. Jambi. Gaung Persada Press.

Punaji Setyosari.2013.Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.

Saminanto, 2011, AyoPraktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Semarang: Rasail.

Sarwiji suwandi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Dan Penulisan KaryaIlmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Setyosari,Punaji. 2013.Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan.Jakarta : Kencana Prenadamedia Group

Sumantri, Mulyani dan Johar Permana, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: C.V Maulana, 1998

Suwandi, Joko. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surarta

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Debora, D. (2023). MENINGKATKAN ANTUSIAS BELAJAR TEMATIK TEMA 4 SUB TEMA 1 JENIS-JENIS PEKERJAAN MELALUI METODE TANYA JAWAB DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 SELAT BARAT TAHUN PELAJARAN 2020/202: INCREASING LEARNING ENTITIES THEMATIC THEME 4 SUB THEME 1 TYPES OF WORK THROUGH THE Q&A METHOD AND IMAGE MEDIA IN CLASS IV STUDENTS OF SD NEGERI 3 SELAT BARAT ACADEMIC YEAR 2020/2021. Anterior Jurnal, 22(Special-1), 21–33. https://doi.org/10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5430