PENINGKATAN MUTU KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK DI SDN 1 SELAT HILIR SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Improving The Quality Of Teacher Performance Through Academic Supervision At SDN 1 Selat Hilir Semester 1 Of Academic Year 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5431Keywords:
Mutu Kinerja Guru, Supervisi AkademikAbstract
Berdasarkan observasi pendahuluan dan wawancara langsung dengan kepala guru-guru SDN 1 Selat Hilir memiliki kinerja yang kurang baik. guru-guru SDN 1 Selat Hilir belum memiliki kedisiplinan yang tinggi yang ditujukan kepada seluruh warga sekolah. Dengan fasilitas yang kurang memadai SDN 1 Selat Hilir jadi kurang mampu bersaing dengan sekolah lain.Oleh karenanya peneliti hendak meningkatkan mutu kinerja guru SDN 1 Selat Hilir melalui supervisi akademik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research).Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 1 Selat Hilir. Data penelitian tindakan sekolah yang diperoleh dari Hasil penilaian mutu kinerja guru pada pra siklus, hasilnya adalah mutu kinerja guru rendah. Hal ini di tunjukkan dengan adanya perolehan skor rata-rata hasil penilaian siklus I yaitu 57,5 , oleh karenanya perlu peningkatan ke skor yang lebih tinggi lagi agar mencapai skor maksimal. Hasil penilaian mutu kinerja guru pada siklus I, hasilnya adalah mutu kinerja guru sedang. Hal ini di tunjukkan dengan adanya perolehan skor rata-rata hasil penilaian siklus I yaitu 93,9 , akan tetapi perlu peningkatan ke skor yang lebih tinggi lagi agar mencapai skor maksimal. Dengan adanya hasil observasi dan penilaian pada kegiatan siklus I maka peneliti melakukan refleksi. Dari refleksi terhadap seluruh kegiatan pada siklus I, maka refleksi pada siklus I adalah sebagai berikut: Pada siklus II, hasilnya adalah mutu kinerja guru tinggi. Hal ini di tunjukkan dengan adanya perolehan skor rata-rata hasil penilaian siklus II yaitu 135,79, hal ini sudah memenuhi target karena mencapai skor maksimal yaitu mendekati 180.
Downloads
References
A.A. Anwar Prabu Mangkunegara. (2001), Manajemen sumber daya manusia perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Anwar Prabu Mangkunegara. (2001), Manajemen sumber daya manusia perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya.
Arikunto, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2009
Arikunto, Suharsimi, 2004, Dasar-dasar Supervisi, Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2004. Dasar-dasar Supervisi, Jakarta: Rineka Cipta
Buku Materi Bafadal, I. 2006. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Daresh. (1989). Supervison as Approactive Process. New Jersey: Longman.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1995. Pedoman Pembinaan Profesional Sekolah Dasar. Dikdasmen: Jakarta
Departemen Pendidikan Nasional, 2008. Petunjuk TeknisPenelitian Tindakan Sekolah. Dirjen PMTK: Jakarta.
Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ke 3. Jakarta: Balai Pustaka.
Glickman, Carl.AD, (1981) Development Supervision (alternative Practice for Helping Teacher Improve Intruktion) Virginia ASCD
Glickman, Stephen, Jovita. 2009. The Basic Guide to Supervision and Instructional Leadership, USA: Pearson
H.A.R. Tilaar.(2004).MULTIKULTURALISME Tantangan-tantangan Global Masa Depan dalam Transformasi Pendidikan Nasional.Jakarta.Grasindo
H.A.R. Tilaar.(2004).Multikulturaisne Tantangan-tantangan Global, Yogyakarta, Bintang Pelajar.
Husaini Usman, & Purnomo Setiady Akbar, R. 2004. Metodologi Penelitian. Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Kimbal Wiles dan John T. Lovell, 1975. Supervision for Better School, New Yersey: Pritice Hall.
Maunah, Binti. “Hand Out Supervisi Pendidikan Islam,” dalam http://blog.iain-tulungagung.ac.id/uunbinti/2013/11/09/32/ diakses pada Jumat, 22 April 2016 pukul 20.20 WIB
Nazri, Ziria. “Pendekatan supervisi kolaboratif,” dalam http://zirya.mywap blog.com/pendekatan -supervisi-kolaboratif.xhtml diakses pada Jumat, 22 April 2016 pukul 20.30 WIB
Sergiovanni. (1987). Educational Governance and Administration. New jersey: Prentice Hall Inc
Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Zuriah Nuzul, 2009, Metodologi Penelitian Sosial Pendidikan Teori-Aplikasi, Jakarta: PT Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Deli Verena
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.