UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN PERANGKAT PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI AKADEMIK YANG BERKELANJUTAN DI SD NEGERI BERANGAS 1 TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Efforts To Improve Teacher Competence In Developing Learning Tools Through Sustainable Academic Supervision At SD Negeri Berangas 1 Academic Year 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5432Keywords:
Kompetensi Guru, Menyusun Perangkat Pembelajaran, Supervisi AkademikAbstract
Seorang guru yang kebingungan atau Copy-paste dalam membuat perangkat pembelajaran akan berdampak pada kegagalan proses pembelajaran dan menghambat pula peningkatan mutu sekolah itu sendiri, sehingga upaya untuk meningkatkan kompetensi guru PNS dan non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran menjadi fokus dalam penelitian ini. Selanjutnya peneliti hendak melaksanakan Supervisi akademik yang berkelanjutan. Kegiatan Supervisi akademik yang berkelanjutan ini lebih spesifik membahas dan praktik langsung dalam persiapan perangkat pembelajaran Kurikulum 2013. Pada pra siklus ini di hasilkan skor rata-rata 7,62, artinya Kompetensi guru PNS dan non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran kurang baik, maka perlu di lanjutkan siklus I untuk lebih miningkatkan lagi Kompetensi guru PNS dan non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran. Pada siklus I ini, guru sudah mulai faham dan mampu menyusun Perangkat pembelajaran walaupun belum maksimal karena skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 15,62 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X 7= 21, yang berarti kompetensi guru PNS dan non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran cukup baik. Pada siklus II ini, guru sudah mulai faham dan mampu menyusun perangkat pembelajaran dan sudah maksimal karena skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 20 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X 7= 21, yang berarti Kompetensi guru PNS dan non PNS dalam menyusun perangkat pembelajaran sudah sangat baik. Pada siklus I dan II ini, guru sudah mampu menyusun silabus, Guru membuat RPP, guru membuat Prota, guru membuat Promes, guru melampirkan kalender pendidikan, guru membuat buku jurnal dan guru membuat instrument penilaian.
Downloads
References
Kusumaningrum, Sih. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik dengan Model Pembelajaran PjBL untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Kreativitas Siswa Kelas X. Tesis. Pascasarja UNY
Majid, Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Zuhdan Kun Prasetyo, dkk. 2011. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Sains Terpadu Untuk Meningkatkan Kognitif, Keterampilan Proses, Kreativitas serta Menerapkan Konsep Ilmiah Peserta Didik SMP. Program Pascasarjana UNY.
Anonim, 2008. Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah SMA/SMK. Jakarta : Departemen Pendidikan
Nasional Direktorat Jendral PMPTS. Arikanto S dan S. Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Basuki,Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan
Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan. Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
Nasional. Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jendral Departemen Pendidikan Nasional.
Nasional, 2006. Kumpulan Materi Perbekalan Profesi Bagi Jabatan Fungsional Kepala Sekolah dan Kepala Sekolah, Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Pendidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan.
Tulis Ilmiah, 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Tulis Ilmiah, 2008. Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah SMA/SMK. Jakarta : Direktorat Jenderal
Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Endang Susilawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.