MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN GURU MELALUI PROGRAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN DI SDN 3 SELAT BARAT TAHUN 2021/2022

Improving Teacher's Discipline Attitude Through The Disciplinary Development Program At SDN 3 Selat Barat In 2021/2022

Authors

  • Etty Erlinda SDN 3 Selat Barat

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5433

Keywords:

Sikap Disiplin Guru, Program Pembinaan, Kedisiplinan Kepala sekolah

Abstract

Guru professional akan tercermin dalam penampilan pelaksanaan pengabdian tugas-tugas yang ditandai dengan keahlian baik dalam materi maupun metode. Keahlian yang dimiliki oleh guru profesional adalah keahlian yang diperoleh melalui suatu proses pendidikan dan pelatihan yang diprogramkan secara khusus untuk itu. Sebagai Kepala sekolah  harus mampu mengelola waktu secara efisien, baik untuk tugas-tugas sendiri maupun untuk sekolah secara keseluruhan. Sehingga keluhan  kegiatan proses belajar mengajar dapat  berjalan secara  efektif dan efisien. Oleh Karena itu peneliti melakukan upaya meningkatkan sikap disiplin guru Melalui Program Pembinaan Kedisiplinan Oleh Kepala Sekolah Di  SDN 3 Selat Barat. Dari  hasil pengamatan, hasil nilai observasi dan wawancara pada siklus I, pelaksaan program pembinaan kedisiplinan dapat berjalan dengan kondusif. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam 2 siklus. siklus kedua ini adalah siklus yang merupakan refleksi dari siklus pertama. Pada siklus ke II ini terdiri dari kegiatan perencanaan, pengamatan, dan refleksi tindakan.Pada siklus ini pelaksanaan program pembinaan kedisiplinan juga sama seperti yang di terapkan pada siklus I, dan hasil dari program pembinaan kedisiplinan yang sudah di laksanakan menunjukkan peningkatan Kedisiplinan Guru SDN SDN 3 Selat Barat pada proses mengajar

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Etty Erlinda, SDN 3 Selat Barat

SDN 3 Selat Barat, Kec. Selat, Kab, Kapuas, Kalimantan Tengah, Indonesia

References

Bafadal, Ibrahim. 503. Peningkatan Profesional Guru Sekolah Dasar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

BSNP.506. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar SD N 3 Selat Barat/MI. Jakarta:badan Standar Nasional pendidikan.

Dakir. Pengembangan Disiplin Guru. (Online). (dakir.wordpress.com, diakses 1 Maret 2010).

Dimyati dan Mudjiono, 1999, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Dirjen Dikdasmen, 1996. Pengelolaan Sekolah di Sekolah Dasar, Jakarta: Depdikbud.

Sardiman, AM, 501. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Subagio. (2010) Kompetensi Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran [On Line]. Tersedia : http://subagio- subagio.blogspot.com/2010/03/kompetensi-guru-dalam-meningkatkan-mutu.htm

Syamsul Hadi, (509). Kepemimpinan Pembelajaran, Makalah Disampaikan ada Sosialisasi Akuntabilitas Kinerja Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran.

Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan

KBBI.1996. Edisi Kedua. Jakarta:Balai Pustaka.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI Nomor 19 Tahun 507. Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP.

Syaifulhijrah. Pengertian Perilaku, Disiplin, Unsur-unsur Disiplin, Fungsi Disiplin, Jenis-jenis Disiplin. (Online). (Syaifulhijrah.blogspot.com, diakses 1 Maret 2010).

Tu’u, Tulus. 504. Peran Disiplin pada perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Undang-Undang No. 20 Tahun 503. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Erlinda, E. (2023). MENINGKATKAN SIKAP DISIPLIN GURU MELALUI PROGRAM PEMBINAAN KEDISIPLINAN DI SDN 3 SELAT BARAT TAHUN 2021/2022: Improving Teacher’s Discipline Attitude Through The Disciplinary Development Program At SDN 3 Selat Barat In 2021/2022. Anterior Jurnal, 22(Special-1), 57–62. https://doi.org/10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5433