PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGAPRESIASI DAN MENGKREASIKAN FABEL MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VII B SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022
Increasing Student Learning Outcomes In Indonesian Language Material Appreciate And Create Fables Through A Scientific Approach With The Assistance Of Image Media In Class Vii B Of SMP Negeri 8 Palangka Raya Academic Year 2021/2022
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5434Keywords:
Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Saintifik, Media GambarAbstract
Hasil pengamatan guru di kelas, pada maple bahasa Indonesia, siswa Kelas VII B SMP Negeri 8 Palangka Raya menunjukkan hasil belajar yang rendah, hal ini di tunjukkan adanaya nilai harian yang rendah atau tidak mencapai KKM. Selanjutnya guru melakukan wawancara terhadap beberapa siswa, yang hasilnya adalah siswa jenuh dan merasa bosan dengan pembelajaran di kelas. Dari hasil wawancara itulah, guru berinisiatif menggunakan model pembelajaran yang tidak biasa di pakai di kelas, yakni pendekatan saintifik berbantuan media gambar. Hasil evaluasi siklus I pada pertemuan ke 1 pada pertemuan ke 1 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 18 siswa atau 50%. Sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai ≤ 75 adalah 18 siswa atau 50 %. Pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 25 siswa atau 69,4 %. Pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di bawah KKM ≤ 75 sebanyak 11 siswa atau 30,5%. Sedangkan hasil evaluasi siklus II Pada pertemuan ke 1 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 30 siswa atau 83,3 %. Sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai ≤ 75 adalah 6 siswa atau 16,6 %. Pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 36 siswa atau 100 %. Pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≤ 75 sebanyak 0 siswa atau 0%.
Downloads
References
Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta : Ciputat Pers, 2002
Azhar Arsyat, Media Pembelajaran, Jakarta : PT. Grafindo Persada, 2003 Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers : 2002
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Bandung : Balai Pustaka, 1990
http://guruIPA.wordpress.com/category/pembelajaran/page/3/tanggal 13 juni 2015 Imam Nawawi, Terjemah Riyadhus Shalihin, Jakarta: Pustaka Amani,1999
Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara, 2004
Koentjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: PT. Gramedia, 1991
M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996
Muhammad Ali, Strategi Penelitian Pendidikan Statistik Bandung, Bumi Aksara, 1993
Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2002
Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta : MizakaGazila, 2003
Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2005
Nana Sudjana, Ibrohim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru, 1989
Pius A. Partanto dan M. Dahlan Al Barry, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arloka, 1994
Saminanto, Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Semarang: RaSAIL, 2010
Suharsimi Arikunto, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008
Teungku Muhammad Hasbi Ash Shidieqy, Al Islam, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 1998
Djaali, H. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Gie, The Liang. 1995. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.
Loekmono,JT. 1985. Bimbingan bagi Anak Remaja yang bermasalah. Jakarta: CV. Rajawali.
Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hamasita Hamasita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.