PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGAPRESIASI DAN MENGKREASIKAN FABEL MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VII B SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Increasing Student Learning Outcomes In Indonesian Language Material Appreciate And Create Fables Through A Scientific Approach With The Assistance Of Image Media In Class Vii B Of SMP Negeri 8 Palangka Raya Academic Year 2021/2022

Authors

  • Hamasita Hamasita SMPN 8 Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5434

Keywords:

Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Saintifik, Media Gambar

Abstract

Hasil pengamatan guru di kelas, pada maple bahasa Indonesia, siswa Kelas VII B SMP Negeri 8 Palangka Raya menunjukkan hasil belajar yang rendah, hal ini di tunjukkan adanaya nilai harian yang rendah atau tidak mencapai KKM. Selanjutnya guru melakukan wawancara terhadap beberapa siswa, yang hasilnya adalah siswa jenuh dan merasa bosan dengan pembelajaran di kelas. Dari hasil wawancara itulah, guru berinisiatif menggunakan model pembelajaran yang tidak biasa di pakai di kelas, yakni pendekatan saintifik berbantuan media gambar. Hasil evaluasi siklus I pada pertemuan ke 1 pada pertemuan ke 1 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 18 siswa atau 50%. Sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai ≤ 75 adalah 18 siswa atau 50 %. Pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 25 siswa atau 69,4 %. Pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di bawah KKM ≤ 75 sebanyak 11 siswa atau 30,5%. Sedangkan hasil evaluasi siklus II Pada pertemuan ke 1 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 30 siswa atau 83,3 %. Sedangkan peserta didik yang mendapatkan nilai ≤ 75 adalah 6 siswa atau 16,6 %. Pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≥ 75 sebanyak 36 siswa atau 100 %. Pada pertemuan ke 2 peserta didik yang mendapatkan hasil belajar di atas KKM ≤ 75 sebanyak 0 siswa atau 0%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Hamasita Hamasita, SMPN 8 Palangka Raya

SMPN 8 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia.

References

Armai Arief, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta : Ciputat Pers, 2002

Azhar Arsyat, Media Pembelajaran, Jakarta : PT. Grafindo Persada, 2003 Basyiruddin Usman, Media Pembelajaran, Jakarta: Ciputat Pers : 2002

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Bandung : Balai Pustaka, 1990

http://guruIPA.wordpress.com/category/pembelajaran/page/3/tanggal 13 juni 2015 Imam Nawawi, Terjemah Riyadhus Shalihin, Jakarta: Pustaka Amani,1999

Iqbal Hasan, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik, Jakarta: Bumi Aksara, 2004

Koentjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: PT. Gramedia, 1991

M. Arifin, Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 1996

Muhammad Ali, Strategi Penelitian Pendidikan Statistik Bandung, Bumi Aksara, 1993

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, 2002

Mukhtar, Desain Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Jakarta : MizakaGazila, 2003

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Remaja Rosda Karya, 2005

Nana Sudjana, Ibrohim, Penelitian dan Penilaian Pendidikan, Bandung: Sinar Baru, 1989

Pius A. Partanto dan M. Dahlan Al Barry, Kamus Ilmiah Populer, Surabaya: Arloka, 1994

Saminanto, Ayo Praktik PTK (Penelitian Tindakan Kelas), Semarang: RaSAIL, 2010

Suharsimi Arikunto, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008

Teungku Muhammad Hasbi Ash Shidieqy, Al Islam, Semarang: Pustaka Rizki Putra, 1998

Djaali, H. 2006. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Gie, The Liang. 1995. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Liberty.

Loekmono,JT. 1985. Bimbingan bagi Anak Remaja yang bermasalah. Jakarta: CV. Rajawali.

Istarani. 2011. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada

Downloads

Published

2023-07-25

How to Cite

Hamasita, H. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGAPRESIASI DAN MENGKREASIKAN FABEL MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBANTUAN MEDIA GAMBAR DI KELAS VII B SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022: Increasing Student Learning Outcomes In Indonesian Language Material Appreciate And Create Fables Through A Scientific Approach With The Assistance Of Image Media In Class Vii B Of SMP Negeri 8 Palangka Raya Academic Year 2021/2022. Anterior Jurnal, 22(Special-1), 63–74. https://doi.org/10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5434