UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI PESAWAT SEDERHANA MELALUI METODE EKSPERIMEN DI KELAS VIII A SEMESTER 1 SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2020/2021
Efforts To Improve The Learning Achievement Of Science Materials On Simple Aircraft Through Experimental Methods In Class Viii A Semester 1 Of SMP Negeri 8 Palangka Raya In Academic Year 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22iSpecial-1.5435Keywords:
Prestasi Belajar IPA, Metode EksperimenAbstract
Dari hasil pengolahan data siswa sebelum perbaikan atau pra siklus dengan Realita yang terjadi di SMP Negeri 8 Palangka Raya di Kelas VIII adalah prestasi belajar siswa rendah pada materi pesawat sederhana. Dari data hasil mid semester untuk saat ini masih banyak siswa yang tidak lulus kriteria ketuntasan mengajar, pada Kelas VIII SMP Negeri 8 Palangka Raya yang terdiri dari 34 siswa hanya 11 siswa lulus KKM. Oleh karenanya di perlukan metode yang tepat dalam memberikan materi pelajaran agar prestasi belajar siswa dapat meeningkat, dalam hal ini peneliti mengambil metode eksperimen sebagai metode untuk mengajar IPA materi pesawat sederhana. Penelitian ini menggunakan metode jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Proses pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen yang menarik perhatian siswa dan sesuai materi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palangka Raya tahun pelajaran 2020/2021, khususnya pelajaran IPA semester 1 materi pokok Pesawat sederhana, bahwa pada Pra Siklus dari 34 siswa hanya ada 11 siswa (32,35%) saja yang tuntas. Kemudian penulis melakukan perbaikan pembelajaran Siklus I dan hasilnya 26 siswa atau 76,47% yang sudah memenuhi KKM dengan kata lain masih ada 8 siswa yang belum tuntas, untuk itu peneliti mengadakan perbaikan pembelajaran lagi dengan mengadakan Siklus II. Pada siklus II ini hasil tes formatif siswa Kelas VIII SMP Negeri 8 Palangka Raya meningkat menjadi 34 siswa atau 100% yang memenuhi KKM. Sedangkan 0 siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 75 dinyatakan tidak tuntas dan perlu dilaksanakan tindak lanjut berupa pemberian tugas.
Downloads
References
Arikunto, Suharsi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2014
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik,
Jakarta: Rineka Cipta, 2013
Al-Zarnuji, Syarah Ta’lim al-Muta’allim, Surabaya: Dar ilmi, .tth Ahmadi, Lif Khoiru dan Sofan Amri, PAIKEM GEMBROT :
Mengembangkan Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, Gembira dan berbobot(Studi Analisis Teoritik, Konseptual, dan Praktik), Jakarta : Prestasi Pustaka, 2011
Abdullah, Shodiq, Evaluasi Pembelajaran: konsep dasar,teori dan Aplikasi, Semarang: Rizki Putra, 2012
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta :m Rineka Cipta, 2013
Ahmad bin Ali bin Hajar al-Asqolani, Fathu al-Bari : Bi syarhi shohih al-Imam Abi Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhori,Dar al-Fkri: tth
Arsyad, Azhar Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003
Djamarah,Syaiful Bahri Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2001
Hamalik,Oemar, proses belajar mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2014
Ismail SM, Strategi Pembelajaran agama islam berbasis PAIKEM: pembelajaran aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Semarang: RaSAIL Media Group, 2011
Jalaluddin dan Usman Said, Filsafat pendidikan Islam: konsep dan Perkembangan Pemikiarannya, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1994)
Mufarrokah, Anissatul, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras, 2009
Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran: mengembangkan standar kompetensi guru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008
Roestiyah NK., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta; Bina Aksara, 1985
Ramayulis, profesi dan etika guru, Jakarta: Kalam Mulia, 2013
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Jakarta: RemajaRosdakarya, 2008
Sudjana, Nana Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung; Sinar Baru algensindo Offset, 2010
Trianto, Model pembelajaran inovative berorientasi Konstruktivitik,
Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007
W.James Propamdan Eva L. Baker. Teknik Mengajar Secara Sistematis. Diterjemahkan oleh Amirul Hadi, Jakarta: Rineka Cipta.2005
Wahyudi, Agus, aku cinta IPA Kelas IV Sekolah Ibtidaiyah, Solo : Tiga Serangkai, 2010
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Helmi Tara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.