Implementasi Corporate Social Responsibiliy (CSR) PT Mitra Aneka Rezeki Kubu Raya
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.5609Keywords:
CSR, Persepsi, ImplementasiAbstract
Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai kewajiban yang harus dilakukan perusahaan kelapa sawit terhadap lingkungan sosial atau masyarakat disekitar perusahan sesuai dengan pasal 74 undang-undang nomor 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas. CSR juga menjadi strategi bagi perusahaan untuk membangun reputasi perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis persepsi masyarakat terhadap implementasi CSR PT. Mitra Aneka Rezeki. Pengumpulan data primer dilakukan dengan motode observasi dan wawancara dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan skala likert, penelitian ini dilakukan di PT Mitra Aneka Rezeki Kubu Raya, Kabupaten Kubu Raya. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 45 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin, berasal dari tujuh desa binaan di sekitar PT Mitra Aneka Rezeki Kubu Raya yakni Desa Arus Deras, Sungai Deras, Pinang Luar, Pinang Dalam, Air Putih, Ambawang, dan Kampung Baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap implementasi CSR adalah baik.
Downloads
References
Aryawan, M., Rahyuda, I. K., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Faktor CSR (Aspek Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan) terhadap Citra Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vo. 6(2), 604–633. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/25821
Chamsyah, B. (2006). Teologi Penanggulangan Kemiskinan. Jakarta: RMBooks.
Darsiya, N. A., Amin, M., & Junaidi. (2019). Dampak Zakat Dan Tanggung Jawab Sosial (Csr) Pada Reputasi Dan Hasil Kerja Bank Umum Syariah. E-JRA, 08(01), 71–81. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/25821
Elkington, J. (1997). Cannibal With Forks The Triple Bottom Line Of 21st Century Business (1st ed). United Kingdom: Capstone Publishing Limited.
Emanuel, V. (2011). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Antara Ada dan Tiada. Kalimantan-News.Com. http://www.kalimantan-news.com/berita. php?idb= 8778,”
Grunig, J., & Hunt, T. (1984). Managing Public Relation. Chicago : Holt, Rinehart and Winston, Inc.
Harahap, M. A. L., Suswatiningsih, T. E., & Wirianata, H. (2016). Penerapan Corporate Social Responsibility Di Perkebunan Kelapa Sawit. Jurnal Agromast, 1(2). http://journal.instiperjogja.ac.id/index.php/JAI/article/view/273
Husnaini, W., Sasanti, E. E., & Cahyaningtyas, S. R. (2018). Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Reputasi Perusahaan. JAA (Jurnal Aplikasi Akuntansi), 2(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jaa.v2i2.22
Juri, M., & Sailawati. (2020). Jurnal akuntansi multi dimensi (jamdi). Jurnal Akuntansi Multi Dimensi (JAMDI), 3(2), 432–440. https://doi.org/https://doi.org/10.96964/jamdi.v3i2.558
Kafsiah, S., Evahelda, & Setiawan, I. (2022). Community Perception Of The Impact Of The Existence Of Oil Palm Plantation Company In Kacung Village Kelapa District Bangka Barat Regency. Journal of Integrated Agribusiness Website, 3(1), 39–53. https://doi.org/10.33019/jia.v3i1.1087
Kuvaini, A., Soesatrijo, J., & Prayoga, A. (2021). Studi Implementasi Program CSR (Corporate Social Responsibility) Berkelanjutan di Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit. Jurnal Citra Widya Edukasi, 13(3), 201–2012.
Magfirah, S., & B, A. P. D. I. (2020). Implementasi Corporate Social Responsibility Pt . Angkasa Pura Ii ( Persero ) Melalui Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan. PANTAREI, 4(2). https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/499
Mulyana, Ramziati, & Nasrianti. (2020). Tanggung Jawab Perusahaan Dalam Pelaksanaan Csr (Corporate Social Responsibility) Kepada Masyarakat Oleh Pt. Perkebunan Nusantara I Langsa Di Gampong Alue Dua. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) FAKULTAS HUKUM UNIMAL, 1(1), 59–73. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/jimfh.v1i1.2543
Pratiwi, N. M. C., Sri, A. A. P., & Sari, N. P. R. (2020). Persepsi masyarakat desa munduk terhadap implementasi corporate social resposibility puri lumbung cottages. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 4(1), 114–132. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/JKH.2020.v04.i01.p09
Retnaningsih, H. (2015). The Problem on Corporate Social Responsibility ( CSR ) for Community Empowerment. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 6(2), 177–188. https://doi.org/https://doi.org/10.46807/aspirasi.v6i2.512
Riswayanti, S., Helmi, & Mahdi. (2019). Analisis Implementasi Program Corporate Social Responsibility ( CSR ) Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit Dalam Pengembangan Masyarakat Di Kabupaten Mandailing Natal , Sumatera Utara ( Studi Kasus : PT Sago Nauli di Desa Sinunukan , Kec . Sinunukan , Kab . Man. JOSETA, 1(2), 10–19. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/joseta.v1i2.141
Saputri, R. Y., Rahmat, J., Prayitno, B. S., & Sukirman. (2022). Analisis Tanggung Jawab Sosial Terhadap Reputasi Perusahaan : Studi di Industri Perkebunan Kelapa Sawit. Humanis, 2(2), 219–224. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/SNH/article/view/21063/10527
Satria, F., Nikmatullah, D., & Nurmayasari, I. (2018). The Perception of Society and Company on Corporate Social Responsibility (CSR) Program at PT Bukit Asam Unit Pelabuhan Tarahan, Bandar Lampung. JIIA, 6(3), 313–318. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/jiia.v6i3.3029
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sumantriani, Pane, D., & Kamaruddin, N. (2021). Peranan Corporate Social Responsibility Terhadap Reputasi Perusahaan Pada PT Semen Tonasa. Journal of Business Administration (JBA), 1(1), 15–36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31963/jba.v1i1.2677
Sutisna, I. (2020). Statistika penelitian. In Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Universitas Negeri Gorontalo.
Syafrina, A. E. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Reputasi Perusahaan (Studi Eksplanatif Persepsi Masyarakat RT 10 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung terhadap Kegiatan Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing). Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan (KOMASKAM), 3(1), 65–84. https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/KOMASKAM/article/view/772
Untung, B. (2014). CSR dalam Dunia Bisnis. Yogyakarta: ANDI.
Widiyanti, D. I., & Lovett, M. M. (2021). Implementasi Corporate Social Responsibility Program “ Pojok Baca ” Pt Pertamina Ep Dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan. SCRIPTURA: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 11(2), 85–95. https://doi.org/10.9744/scriptura.11.2.85-95
Yanti, N. K. E., Rini, I. G. A. I. S., Damayanti, N. N. S. R., & Utami, N. M. S. (2020). Persepsi Masyarakat Sekitar Terhadap Corporate Social Responsibility Berlandaskan Konsep Tri Hita Karana Pada The Kayon Resort Ubud. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 19(2), 108–113. https://doi.org/https://doi.org/10.22225/we.19.2.2368.108-113
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erlinda Yurisintae, Pradina Enggli, Maswadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.