Implementasi Corporate Social Responsibiliy (CSR) PT Mitra Aneka Rezeki Kubu Raya

Authors

  • Erlinda Yurisintae Universitas Tanjungpura
  • Pradina Enggli Universitas Tanjungpura
  • Maswadi Maswadi Universitas Tanjungpura

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.5609

Keywords:

CSR, Persepsi, Implementasi

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) sebagai kewajiban yang harus dilakukan perusahaan kelapa sawit terhadap lingkungan sosial atau masyarakat disekitar perusahan sesuai dengan pasal 74 undang-undang nomor 40 tahun 2007 tentang perseroan terbatas. CSR juga menjadi strategi bagi perusahaan untuk membangun reputasi perusahaan. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis persepsi  masyarakat terhadap implementasi CSR PT. Mitra Aneka Rezeki. Pengumpulan data primer dilakukan dengan motode observasi dan wawancara dengan kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif dan skala likert, penelitian ini dilakukan di PT Mitra Aneka Rezeki Kubu Raya, Kabupaten Kubu Raya. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 45 responden yang dihitung menggunakan rumus slovin, berasal dari tujuh desa binaan di sekitar PT Mitra Aneka Rezeki Kubu Raya yakni Desa Arus Deras, Sungai Deras, Pinang Luar, Pinang Dalam, Air Putih, Ambawang, dan Kampung Baru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap implementasi CSR adalah baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Erlinda Yurisintae, Universitas Tanjungpura

Pradina Enggli, Universitas Tanjungpura

Maswadi Maswadi, Universitas Tanjungpura

References

Aryawan, M., Rahyuda, I. K., & Ekawati, N. W. (2017). Pengaruh Faktor CSR (Aspek Sosial, Ekonomi, dan Lingkungan) terhadap Citra Perusahaan. E-Jurnal Manajemen Unud, Vo. 6(2), 604–633. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/25821

Chamsyah, B. (2006). Teologi Penanggulangan Kemiskinan. Jakarta: RMBooks.

Darsiya, N. A., Amin, M., & Junaidi. (2019). Dampak Zakat Dan Tanggung Jawab Sosial (Csr) Pada Reputasi Dan Hasil Kerja Bank Umum Syariah. E-JRA, 08(01), 71–81. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/25821

Elkington, J. (1997). Cannibal With Forks The Triple Bottom Line Of 21st Century Business (1st ed). United Kingdom: Capstone Publishing Limited.

Emanuel, V. (2011). Tanggung Jawab Sosial Perusahaan: Antara Ada dan Tiada. Kalimantan-News.Com. http://www.kalimantan-news.com/berita. php?idb= 8778,”

Grunig, J., & Hunt, T. (1984). Managing Public Relation. Chicago : Holt, Rinehart and Winston, Inc.

Harahap, M. A. L., Suswatiningsih, T. E., & Wirianata, H. (2016). Penerapan Corporate Social Responsibility Di Perkebunan Kelapa Sawit. Jurnal Agromast, 1(2). http://journal.instiperjogja.ac.id/index.php/JAI/article/view/273

Husnaini, W., Sasanti, E. E., & Cahyaningtyas, S. R. (2018). Corporate Social Responsibility (Csr) Dan Reputasi Perusahaan. JAA (Jurnal Aplikasi Akuntansi), 2(2), 1–9. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jaa.v2i2.22

Juri, M., & Sailawati. (2020). Jurnal akuntansi multi dimensi (jamdi). Jurnal Akuntansi Multi Dimensi (JAMDI), 3(2), 432–440. https://doi.org/https://doi.org/10.96964/jamdi.v3i2.558

Kafsiah, S., Evahelda, & Setiawan, I. (2022). Community Perception Of The Impact Of The Existence Of Oil Palm Plantation Company In Kacung Village Kelapa District Bangka Barat Regency. Journal of Integrated Agribusiness Website, 3(1), 39–53. https://doi.org/10.33019/jia.v3i1.1087

Kuvaini, A., Soesatrijo, J., & Prayoga, A. (2021). Studi Implementasi Program CSR (Corporate Social Responsibility) Berkelanjutan di Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit. Jurnal Citra Widya Edukasi, 13(3), 201–2012.

Magfirah, S., & B, A. P. D. I. (2020). Implementasi Corporate Social Responsibility Pt . Angkasa Pura Ii ( Persero ) Melalui Program Kemitraan Dan Bina Lingkungan Dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan. PANTAREI, 4(2). https://jom.fikom.budiluhur.ac.id/index.php/Pantarei/article/view/499

Mulyana, Ramziati, & Nasrianti. (2020). Tanggung Jawab Perusahaan Dalam Pelaksanaan Csr (Corporate Social Responsibility) Kepada Masyarakat Oleh Pt. Perkebunan Nusantara I Langsa Di Gampong Alue Dua. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM) FAKULTAS HUKUM UNIMAL, 1(1), 59–73. https://doi.org/https://doi.org/10.29103/jimfh.v1i1.2543

Pratiwi, N. M. C., Sri, A. A. P., & Sari, N. P. R. (2020). Persepsi masyarakat desa munduk terhadap implementasi corporate social resposibility puri lumbung cottages. Jurnal Kepariwisataan Dan Hospitalitas, 4(1), 114–132. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/JKH.2020.v04.i01.p09

Retnaningsih, H. (2015). The Problem on Corporate Social Responsibility ( CSR ) for Community Empowerment. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 6(2), 177–188. https://doi.org/https://doi.org/10.46807/aspirasi.v6i2.512

Riswayanti, S., Helmi, & Mahdi. (2019). Analisis Implementasi Program Corporate Social Responsibility ( CSR ) Perusahaan Pabrik Kelapa Sawit Dalam Pengembangan Masyarakat Di Kabupaten Mandailing Natal , Sumatera Utara ( Studi Kasus : PT Sago Nauli di Desa Sinunukan , Kec . Sinunukan , Kab . Man. JOSETA, 1(2), 10–19. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/joseta.v1i2.141

Saputri, R. Y., Rahmat, J., Prayitno, B. S., & Sukirman. (2022). Analisis Tanggung Jawab Sosial Terhadap Reputasi Perusahaan : Studi di Industri Perkebunan Kelapa Sawit. Humanis, 2(2), 219–224. http://www.openjournal.unpam.ac.id/index.php/SNH/article/view/21063/10527

Satria, F., Nikmatullah, D., & Nurmayasari, I. (2018). The Perception of Society and Company on Corporate Social Responsibility (CSR) Program at PT Bukit Asam Unit Pelabuhan Tarahan, Bandar Lampung. JIIA, 6(3), 313–318. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23960/jiia.v6i3.3029

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantriani, Pane, D., & Kamaruddin, N. (2021). Peranan Corporate Social Responsibility Terhadap Reputasi Perusahaan Pada PT Semen Tonasa. Journal of Business Administration (JBA), 1(1), 15–36. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31963/jba.v1i1.2677

Sutisna, I. (2020). Statistika penelitian. In Teknik Analisis Data Penelitian Kuantitatif. Universitas Negeri Gorontalo.

Syafrina, A. E. (2021). Pengaruh Corporate Social Responsibility terhadap Reputasi Perusahaan (Studi Eksplanatif Persepsi Masyarakat RT 10 Kelurahan Jatinegara Kecamatan Cakung terhadap Kegiatan Bank Sampah Kerabat Pulo Kambing). Jurnal Komunikasi, Masyarakat Dan Keamanan (KOMASKAM), 3(1), 65–84. https://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/KOMASKAM/article/view/772

Untung, B. (2014). CSR dalam Dunia Bisnis. Yogyakarta: ANDI.

Widiyanti, D. I., & Lovett, M. M. (2021). Implementasi Corporate Social Responsibility Program “ Pojok Baca ” Pt Pertamina Ep Dalam Mempertahankan Reputasi Perusahaan. SCRIPTURA: Jurnal Ilmiah Komunikasi, 11(2), 85–95. https://doi.org/10.9744/scriptura.11.2.85-95

Yanti, N. K. E., Rini, I. G. A. I. S., Damayanti, N. N. S. R., & Utami, N. M. S. (2020). Persepsi Masyarakat Sekitar Terhadap Corporate Social Responsibility Berlandaskan Konsep Tri Hita Karana Pada The Kayon Resort Ubud. Wacana Ekonomi (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi), 19(2), 108–113. https://doi.org/https://doi.org/10.22225/we.19.2.2368.108-113

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Yurisintae, E., Enggli, P., & Maswadi, M. (2024). Implementasi Corporate Social Responsibiliy (CSR) PT Mitra Aneka Rezeki Kubu Raya. Anterior Jurnal, 23(1), 16–26. https://doi.org/10.33084/anterior.v23i1.5609