UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN ONLINE MELALUI KEGIATAN WEBINAR DI SMP NEGERI 2 SELAT KABUPATEN KAPUAS TAHUN PELAJARAN 2020/2021
EFFORTS TO IMPROVE TEACHER COMPETENCE IN USING ONLINE LEARNING MEDIA THROUGH WEBINAR ACTIVITIES AT SMP NEGERI 2 SELAT, KAPUAS DISTRICT IN ACADEMIC YEAR 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5689Keywords:
Kompetensi Guru, Media Pembelajaran Online, WebinarAbstract
Pada pra siklus peneliti baru mengamati seberapa besar kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran online dan ternyata hasilnya sangat rendah yakni mendapat skor rata-rata hanya mencapai 6,4 artinya kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran online kurang baik, maka peneliti hendak meningkatkan kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran online melalui kegiatan webinar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research). Penelitian ini akan dilaksanakan di SMP Negeri 2 Selat. Penelitian akan dilakukan pada semester 1 Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancacara dan dokumentasi.
Di lihat dari Hasil Observasi ada peningkatan skor rata-rata dari pra siklus ke siklus I, dimana hasil skor rata-rata observasi pra siklus hanya mencapai skor 5 sementara pada siklus I mencapai 11,4 yang artinya kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran online baik.
Selanjutnya pada siklus II Hasil Observasi mencapai skor 15,8 artinya Kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran online sangat baik. Kegiatan webinar di SMP Negeri 2 Selat dapat dilakukan melalui pengamatan dan pemantauan kepala sekolah dalam kegiatan webinar. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa, Kegiatan webinar sangat efektif untuk meningkatakan Kompetensi guru dalam menggunakan media pembelajaran online, karena guru memiliki kesempatan mendiskusikan secara bersama-sama untuk mengkaji dan memecahkan permasalahan berdasarkan keadaan di lapangan, kemudian dapat memperbaikinya atau melakukan tindak lanjut pada siklus berikutnya secara terus menerus apabila masalah belum terselesaikan.
Downloads
References
Arikunto Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja RoSDakarya.
Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.
Suharjono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Lembaga Cakrawala Indonesia (LCI).
Hamzah. 2011. Profesi Kependidikan : Problema, Solusi, dan Formasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Numi Aksara.
Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung : Refika Aditama.
Surakhmad, Winarno. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT REMAJA ROSDA KARYA.
Mulyasa.2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung : Remaja Rosdakarya.
Nurfuadi, Moh.Roqib. 2009. Kepribadian Guru. Yogyakarta : Grafindo Litera Media.
Al-amri, Icras Hamid.2006. Pengembangan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar.Yogyakarta : Departemen Nasional.
Sudibyo, Bambang. 2008.Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Fokus Media.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Kadeni Kadeni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.