UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABLE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA LCD INFOCUS DI KELAS VII-B SEMESTER 1 SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

EFFORTS TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING ACHIEVEMENT IN CLASS VII-B SEMESTER 1 OF SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA

Authors

  • Leloni Samula Hawi SMPN 8 Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5691

Keywords:

Prestasi Belajar, Matematika, Model Pembelajaran, Discovery Learning, Media LCD Infocus

Abstract

Realita yang terjadi di SMP Negeri 8 Palangka Raya di Kelas VII B adalah prestasi belajar siswa rendah pada materi persamaan linear satu variabel. Faktor yang menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran Matematika adalah proses pembelajaran yang cenderung satu arah dan kurang bervariasi, kurangnya bimbingan dalam mengerjakan latihan, penyampaian materi ajar terlalu banyak dan waktu kurang, materi yang bersifat abstrak dan kompleks, data hasil ulangan harian untuk saat ini masih banyak siswa yang tidak lulus kriteria ketuntasan mengajar,. Oleh karenanya di perlukan metode yang tepat dalam memberikan materi pelajaran agar prestasi belajar siswa dapat meeningkat, dalam hal ini peneliti mengambil model pembelajaran discovery learning dan media LCD infocus sebagai metode untuk mengajar Matematika materi persamaan linear satu variabel.

Penelitian ini menggunakan metode jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada penelitian ini, proses pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi.

Hasil penelitian pra siklushanya 26,31% atau 10 siswa dari jumlah siswa 38 siswa yang dapat dinyatakan tuntas. Sedangkan 73,68% atau 27 siswa dari jumlah siswa 38 siswa dinyatakan tidak tuntas. Hasil penelitian siklus I siswa yang nilainya tuntas mengalami peningkatan, dari 10 siswa (26,31%) menjadi 27 siswa (71,05%), sementara yang tidak tuntas berjumlah 11 siswa (28,94%).Hasil penelitian siklus II menjadi 38 siswa atau 100% yang memenuhi KKM. Sedangkan 0 siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 70.

Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan media LCD infocus yang menarik perhatian siswa dan sesuai materi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi pokok Persamaan linear satu variabel.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Leloni Samula Hawi, SMPN 8 Palangka Raya

SMPN 8 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

References

Arikunto, Suharsi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2014

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik,Jakarta: Rineka Cipta, 2013

Mengembangkan Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, Gembira dan berbobot(Studi Analisis Teoritik, Konseptual, dan Praktik), Jakarta : Prestasi Pustaka, 2011

Abdullah, Shodiq, Evaluasi Pembelajaran: konsep dasar,teori dan Aplikasi, Semarang: Rizki Putra, 2012

Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta :m Rineka Cipta, 2013

Ahmad bin Ali bin Hajar al-Asqolani, Fathu al-Bari : Bi syarhi shohih al-Imam Abi Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhori,Dar al-Fkri: tth

Arsyad, Azhar Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003

Djamarah,Syaiful Bahri Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000

Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011

Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2001

Hamalik,Oemar, proses belajar mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2014

Ismail SM, Strategi Pembelajaran agama islam berbasis PAIKEM: pembelajaran aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Semarang: RaSAIL Media Group, 2011

Jalaluddin dan Usman Said, Filsafat pendidikan Islam: konsep dan Perkembangan Pemikiarannya, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1994)

Mufarrokah, Anissatul, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras, 2009

Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran: mengembangkan standar kompetensi guru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008

Roestiyah NK., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta; Bina Aksara, 1985

Ramayulis, profesi dan etika guru, Jakarta: Kalam Mulia, 2013

Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Jakarta: RemajaRosdakarya, 2008

Sudjana, Nana Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung; Sinar Baru algensindo Offset, 2010

Trianto, Model pembelajaran inovative berorientasi Konstruktivitik,

Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Hawi, L. S. (2023). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABLE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA LCD INFOCUS DI KELAS VII-B SEMESTER 1 SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022: EFFORTS TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING ACHIEVEMENT IN CLASS VII-B SEMESTER 1 OF SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA. Anterior Jurnal, 22(3), 10–19. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5691