UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABLE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAN MEDIA LCD INFOCUS DI KELAS VII-B SEMESTER 1 SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022
EFFORTS TO IMPROVE MATHEMATICS LEARNING ACHIEVEMENT IN CLASS VII-B SEMESTER 1 OF SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5691Keywords:
Prestasi Belajar, Matematika, Model Pembelajaran, Discovery Learning, Media LCD InfocusAbstract
Realita yang terjadi di SMP Negeri 8 Palangka Raya di Kelas VII B adalah prestasi belajar siswa rendah pada materi persamaan linear satu variabel. Faktor yang menjadi permasalahan dalam proses pembelajaran Matematika adalah proses pembelajaran yang cenderung satu arah dan kurang bervariasi, kurangnya bimbingan dalam mengerjakan latihan, penyampaian materi ajar terlalu banyak dan waktu kurang, materi yang bersifat abstrak dan kompleks, data hasil ulangan harian untuk saat ini masih banyak siswa yang tidak lulus kriteria ketuntasan mengajar,. Oleh karenanya di perlukan metode yang tepat dalam memberikan materi pelajaran agar prestasi belajar siswa dapat meeningkat, dalam hal ini peneliti mengambil model pembelajaran discovery learning dan media LCD infocus sebagai metode untuk mengajar Matematika materi persamaan linear satu variabel.
Penelitian ini menggunakan metode jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pada penelitian ini, proses pengumpulan data dengan teknik observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian pra siklushanya 26,31% atau 10 siswa dari jumlah siswa 38 siswa yang dapat dinyatakan tuntas. Sedangkan 73,68% atau 27 siswa dari jumlah siswa 38 siswa dinyatakan tidak tuntas. Hasil penelitian siklus I siswa yang nilainya tuntas mengalami peningkatan, dari 10 siswa (26,31%) menjadi 27 siswa (71,05%), sementara yang tidak tuntas berjumlah 11 siswa (28,94%).Hasil penelitian siklus II menjadi 38 siswa atau 100% yang memenuhi KKM. Sedangkan 0 siswa yang mendapatkan nilai kurang dari 70.
Proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning dan media LCD infocus yang menarik perhatian siswa dan sesuai materi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa materi pokok Persamaan linear satu variabel.
Downloads
References
Arikunto, Suharsi, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Aksara, 2014
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik,Jakarta: Rineka Cipta, 2013
Mengembangkan Pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, efektif, menyenangkan, Gembira dan berbobot(Studi Analisis Teoritik, Konseptual, dan Praktik), Jakarta : Prestasi Pustaka, 2011
Abdullah, Shodiq, Evaluasi Pembelajaran: konsep dasar,teori dan Aplikasi, Semarang: Rizki Putra, 2012
Ahmadi, Abu dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar, Jakarta :m Rineka Cipta, 2013
Ahmad bin Ali bin Hajar al-Asqolani, Fathu al-Bari : Bi syarhi shohih al-Imam Abi Abdillah Muhammad bin Ismail al-Bukhori,Dar al-Fkri: tth
Arsyad, Azhar Media Pembelajaran, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003
Djamarah,Syaiful Bahri Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif, Jakarta: Rineka Cipta, 2000
Djamarah, Syaiful Bahri, dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2002
Djaali, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Hamalik, Oemar, Kurikulum dan Pembelajaran, Jakarta: Bumi Aksara, 2001
Hamalik,Oemar, proses belajar mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2014
Ismail SM, Strategi Pembelajaran agama islam berbasis PAIKEM: pembelajaran aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan, Semarang: RaSAIL Media Group, 2011
Jalaluddin dan Usman Said, Filsafat pendidikan Islam: konsep dan Perkembangan Pemikiarannya, Jakarta : Raja Grafindo Persada, 1994)
Mufarrokah, Anissatul, Strategi Belajar Mengajar, Yogyakarta: Teras, 2009
Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran: mengembangkan standar kompetensi guru, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2008
Roestiyah NK., Strategi Belajar Mengajar, Jakarta; Bina Aksara, 1985
Ramayulis, profesi dan etika guru, Jakarta: Kalam Mulia, 2013
Syah, Muhibbin, Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru, Jakarta: RemajaRosdakarya, 2008
Sudjana, Nana Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung; Sinar Baru algensindo Offset, 2010
Trianto, Model pembelajaran inovative berorientasi Konstruktivitik,
Jakarta: Prestasi Pustaka, 2007
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Leloni samula hawi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.