MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN PADA TUMBUHAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IX B SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

IMPROVING THE LEARNING UNDERSTANDING OF SCIENCE MATERIALS ON PLANTS PROGRESSIVE THROUGH COOPERATIVE LEARNING AND IMAGE MEDIA IN CLASS IX B STUDENTS OF SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA IN ACADEMIC YEAR 2021/2022

Authors

  • Nyoman Sariani SMPN 8 Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5692

Keywords:

Pemahaman Belajar IPA, Perkembangbiakan Pada Tumbuhan, Pembelajaran Kooperatif, Media Gambar

Abstract

Pembelajaran yang di lakukan di kelas IX B SMP Negeri 8 Palangka Raya sangat tidak kondusif, hal tersebut menyebabkan rendahnya pemahaman siswa tentang perkembangbiakan pada tumbuhan. Banyak siswa yang belum bisa memahami materi. Disini peneliti ingin Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Perkembangbiakan pada tumbuhan Melalui Pembelajaran kooperatif dan Media gambar Di Kelas IX B SMP Negeri 8 Palangka Raya Tahun Pelajaran 2021/2022. Pada pra siklus 6 siswa yang tuntas belajar, kemudian meningkat pada siklus 1 ada 16 siswa yang tuntas belajar dan pada siklus 2 mencapai 20 siswa. Nilai rata-rata menunjukkan pada pra siklus 68,23, kemudian meningkat menjadi 78,92 pada siklus 1 dan menjadi 81,92 pada siklus 2. Pada siklus ke II, terdiri dari kegiatan perencanaan, pengamatan, dan refleksi tindakan. ada siklus ini pelaksanaan pembelajaran kooperatif dan Media gambar juga sama seperti yang di terapkan pada siklus I, dan hasil dari metode penelitian yang sudah di laksanakan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa tentang perkembangbiakan pada tumbuhan di kelas IX B  SMP Negeri 8 Palangka Raya Tahun Ajaran 2021/2022. Pada siklus 2 ini jumlah siswa yang tuntas belajar mencapai 20 siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nyoman Sariani, SMPN 8 Palangka Raya

SMPN 8 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia

References

Abimanyu, Soli. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Direktoral Jendral

Pendidikan Tinggi Depdiknas

Andayani, dkk. (2009). Pemantapan Kemampuan Profesional. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Anas Salahudin. 2011. Filsafat Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Depdiknas. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Dimyati ,dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta. Rineka Cipta dan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Enjah Takari. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. PT Genesindo.

Fraenkel, Jack R. and Norman E. Wallen. 1993. How to Design and Evaluate Research in Education. Second Edition. New York: McGraw-Hill, Inc.

Gagne, Robert M. 1977. The Conditions of Learning. Third Edition. New York: Holt, Reinhart and Winston.

Gall, Gall, dan Borg. 2003. Educational Research an Introduction : Seventh Edition.

Gallagher, Shelagh A & Stepien. William J. 1995. Implementing Problem Based Learning in Science Classroom. School Science and Mathemathic.

Gay, L. R. 1987. Educational Research: Competencies for Analysis and Application. Seventh Edition. Columbus, Ohio: Merrill Publishing Company.

Hadiat. 1988. Keterampilan Proses Sains. Jakarta: PTK Depdikbud.

Jamil Suprihatiningrum. 2018. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Lukmanul Hakim. (2009). Perencanaaan Pembelajaran. Bandung: CV. Wacana Prima.

L. Pasaribu dan B. Simandjuntak. (1983). Metode Belajar dan Kesulitan Belajar. Bandung : Tarsito.

Muhroji dkk. (2004). Manajemen Pendidikan. Surakarta : UMS Press

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitia

Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Mohamad Surya. (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Mohamad Surya. (1999). Dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Mulyani Sumarni, dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka Departemen Pendidikan Nasional.

Ngalim Purwanto (2006 ). Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosda Karya

Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nasution. S (2006). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Sariani, N. (2023). MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR IPA MATERI PERKEMBANGBIAKAN PADA TUMBUHAN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DAN MEDIA GAMBAR PADA PESERTA DIDIK KELAS IX B SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022: IMPROVING THE LEARNING UNDERSTANDING OF SCIENCE MATERIALS ON PLANTS PROGRESSIVE THROUGH COOPERATIVE LEARNING AND IMAGE MEDIA IN CLASS IX B STUDENTS OF SMP NEGERI 8 PALANGKA RAYA IN ACADEMIC YEAR 2021/2022. Anterior Jurnal, 22(3), 20–30. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5692