UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM PENGGUNAAN IT SEBAGAI MEDIA MENGAJAR MELALUI WORKSHOP DI SDS KATOLIK SANTO PAULUS TAHUN PELAJARAN 2020/2021
EFFORTS TO IMPROVE TEACHER COMPETENCE IN USING IT AS A TEACHING MEDIA THROUGH WORKSHOPS AT SDS CATHOLIC SANTO PAULUS IN ACADEMIC YEAR 2020/2021
DOI:
https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5693Keywords:
Kompetensi Guru, Penggunaan IT, Media Mengajar, WorkshopAbstract
Realita yang terjadi di SDS Katolik Santo Paulus adalah kompetensi guru dalam penggunaan IT sebagai media mengajar masih rendah. Hal ini di tunjukkan dengan beberapa data di lapangan yaitu guru belum menguasai dasar-dasar TIK (ICT Literacy), guru belum mendalami pengetahuan (akuisisi dan rekayasa pengetahuannya) melalui TIK, guru belum mempunyai kemampuan untuk mengkreasi pengetahuan dengan TIK dan guru belum bisa berbagi ilmu dengan menggunakan TIK atau tentang TIK, baik kepada siswa maupun guru lainnya. Oleh karenanya peneliti di sini hendak meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan IT sebagai media mengajar melalui Workshop. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil siklus I pertemuan ke 1, skor penilaian yang di peroleh masing-masing guru hasilnya adalah sekitar 18-20 artinya kompetensi guru dalam penggunaan IT sebagai media mengajar sedang. Hasil siklus I pertemuan ke 2, skor penilaian yang di peroleh masing-masing guru hasilnya adalah 30-32 artinya kompetensi guru dalam penggunaan IT sebagai media mengajar sedang. Hasil penelitian siklus II pertemuan ke 1, skor penilaian yang di peroleh masing-masing guru hasilnya adalah 35-40 artinya kompetensi guru dalam penggunaan IT sebagai media mengajar tinggi. Hasil siklus II pertemuan ke 1, skor penilaian yang di peroleh masing-masing guru hasilnya adalah 40-45 artinya kompetensi guru dalam penggunaan IT sebagai media mengajar tinggi. Sedangkan di lihat dari hasil observasi siklus II pertemuan ke 1 skor penilaian yang di peroleh masing-masing guru hasilnya adalah sekitar 50-55 artinya keberhasilan Workshop dalam meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan IT sebagai media mengajar baik.
Downloads
References
Sumber : Pengenalan Teknologi Informasi , “Abdul kadir dan Terra Ch Triwahyuni, Penerbit Andi
Sumber:http://id.shvoong.com/society-and-news/2012515-pengertian-teknologi-informasi/#ixzz27wApJEYJ
Haryanto, Edy. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangannya. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran
Kasianto, I Wayan 2004 Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pendekatan Diskusi Kelompok.Laporan Penelitian Kelas. Tidak dipublikasikan
Rusyan Tabrani. 2001. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rosdakarya.Sarman,
Samsuni S.Pd. 2005.Implementasi Pendekatan Works Based Learning pada Sumber Belajar Masyarakat dalam Pembelajaran PS-Ekonomi.Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.
Sutrisno Hadi, 2000. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Andi
Hadari Nawawi, Administrasi Pendidikan, Jakarta: PT Gunung Agung, 1994,
Piet A. Sahertian, Konsep Dasar dan teknik Supervisi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000, h. 27
Baharuddin Harahap, Supervisi Pendidikan, Jakarta: CV Damai Jaya, 1985,
Mukhtar dan Iskandar, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009,
Arikunto, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2009
Arikunto, Suharsimi, 2004, Dasar-dasar Supervisi, Jakarta, PT. Rineka Cipta.
Pandong, A. (2003). Jabatan Fungsional Pengawas. Badan Diklat Depdagri & Diklat Depdiknas.
Muid, F. (2003). Standar Pelayanan Pendidikan. Badan Diklat Depdagri & Diklat Depdiknas.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Parjiyem
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. This publication may be reproduced, stored in a retrieval system, or transmitted in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording.