UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI TEKNIK SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS PADA GURU-GURU SDN 3 SELAT HILIR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

EFFORTS TO IMPROVE TEACHERS' ABILITY IN USING LEARNING MEDIA IN THEMATIC LEARNING THROUGH CLASS VISIT SUPERVISION TEACHER TEACHER AT SDN 3 SELAT HILIR IN ACADEMIC YEAR 2020/2021

Authors

  • Ratu Muliana Wardah SDN 3 Selat Hilir

DOI:

https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5696

Keywords:

Teknik Supervisi, kunjungan Kelas

Abstract

Berdasarkan penjajakan awal yang penulis lakukan di SDN 3 Selat Hilir, rata-rata prestasi belajar siswa output SDN 3 Selat Hilir cukup . Hasil belajar yang tinggi tentu saja dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah faktor kemampuan guru. Guru yang mempunyai kemampuan tinggi dalam mengelola pembelajaran, seperti dalam hal menggunakan media pembelajaran tentu saja akan mempermudah siswa memahami materi pelajaran yang disampaikan, yang secara langsung berakibat pada tingginya prestasi belajar siswa. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: 1.Kondisi kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran tematik sebelum dan sesudah dilaksanakan teknik supervisi kunjungan kelas di SDN 3 Selat Hilir Tahun Pelajaran 2020/2021. 2. Pelaksanaaan teknik supervisi kunjungan kelas dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran tematik SDN 3 Selat Hilir Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian ini akan dilaksanakan di SDN 3 Selat Hilir. Penelitian akan dilakukan pada semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancacara dan dokumentasi. Hasil Penelitian:  hasil skor rata-rata observasi pra siklus hanya mencapai skor 6,14 sementara pada siklus I mencapai 11,00 yang artinya kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran tematik baik. Selanjutnya pada siklus II Hasil supervisi mencapai skor 14,42 artinya Kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran tematik sangat baik. Teknik supervisi kunjungan kelas sangat efektif untuk meningkatakan Kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran pada pembelajaran tematik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ratu Muliana Wardah, SDN 3 Selat Hilir

SDN 3 Selat Hilir, Kec. Selat, Kab. Kapuas, Kalimantan Tengah, Indonesia

References

Al-amri, Icras Hamid.2006. Pengembangan Pendidikan Nilai dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar.Yogyakarta : Departemen Nasional.

Anderson, 1976. Media Pembelajaran. Jakarta, PT. Erlangga .

Arikunto Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Briggs, Leslie J. 1977. Instructional Design,Educational Technology Publications. Inc. New Jersey : Englewood Cliffs.

Hamalik, 1994. Media Pendidikan . Bandung : Citra Aditya Bakti.

Hamzah. 2011. Profesi Kependidikan : Problema, Solusi, dan Formasi Pendidikan di Indonesia. Jakarta : Numi Aksara.

Imam Gunawan. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kemmis S dan Mc. Taggart. 1992. The Action Research Planner. Victoria: Deakrin. University.

Kemp, J.E. dan Dayton, D.K. 1985. “Planning and Producing Instructional. Media”. Cambridge: Harper & Row Publishers, New York.

Mulyasa.2007. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru.Bandung : Remaja Rosdakarya.

Nurfuadi, Moh.Roqib. 2009. Kepribadian Guru. Yogyakarta : Grafindo Litera Media.

Robbins, Stephen P. & Timothy A. Judge. 2009. Organizational Behavior. 13 Three. Edition, USA: Pearson International Edition,

Sudibyo, Bambang. 2008.Model dan Teknik Penilaian pada Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sudijono, Anas. 2001. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja RoSDakarya.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta CV.

Suharjono. 2010. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Malang: Lembaga Cakrawala Indonesia (LCI).

Suharsaputra, Uhar. 2010. Administrasi Pendidikan. Bandung : Refika Aditama.

Surakhmad, Winarno. 2008. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: PT REMAJA ROSDA KARYA.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Fokus Media.

W.S. Winkel. 1996. Psikologi Pengajaran. Jakarta: Gramedia

Downloads

Published

2023-09-30

How to Cite

Wardah, R. M. (2023). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA PEMBELAJARAN TEMATIK MELALUI TEKNIK SUPERVISI KUNJUNGAN KELAS PADA GURU-GURU SDN 3 SELAT HILIR TAHUN PELAJARAN 2020/2021: EFFORTS TO IMPROVE TEACHERS’ ABILITY IN USING LEARNING MEDIA IN THEMATIC LEARNING THROUGH CLASS VISIT SUPERVISION TEACHER TEACHER AT SDN 3 SELAT HILIR IN ACADEMIC YEAR 2020/2021. Anterior Jurnal, 22(3), 60–70. https://doi.org/10.33084/anterior.v22i3.5696